10 Kata Motivasi Diri Lengkap

Posted on

10 Kata Motivasi Diri Lengkap

Kata Motivasi – Sebagai seorang manusia tentu kita berjalan pada sebuah roda kehidupan. Terkadang kita di atas dan terkadang di bawah. Setiap berjalan di atas tampaknya hidup tetap senang-senang saja. Dan tak ada masalah apapun yang harus dihadapi. Tetapi ketika kita di bawah rasanya hidup terasa sangat sulit. Setiap hal menjadi masalah dan kita permasalahkan. Tetapi di mana pun posisi kita berada, kita akan selalu melihat masalah dalam hidup. Masalah memang tak bisa diprediksi kapan datangnya sehingga hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Seperti orang yang selalu berada di atas roda kehidupan, maka mereka memiliki mindset yang tepat.

10 Kata Motivasi Diri Lengkap

Kita yang belum memiliki mindset tentu memerlukan kata motivasi dari orang terdekat, yang senantiasa dapat membuat hidup menjadi lebih semangat. Karena kita membutuhkan rasa percaya diri bahwa dalam hidup ini tak ada hal yang sifatnya permanen. Dan segala sesuatu yang terjadi akan berlalu, termasuk masalah yang kita hadapi.

Untuk memiliki mindset yang tepat agar masalah terselesaikan serta hidup tidak terbebani, maka teruslah berpikir positif dan menjauhkan diri dari hal negatif. Memang sangat sulit berpikir positif saat kita sedang tertimpa masalah. Tapi dengan berpikir positif kita akan mampu mengambil hikmah dan pembelajaran dari semua masalah yang sedang dihadapi. Kita juga bisa tetap tenang dalam menghadapi masalah yang muncul, dan mencari solusi yang terbaik.

Dengan membaca setiap kutipan motivasi baik dari orang terkenal maupun dari orang yang kita kenal, akan memberi motivasi dalam menjalani kehidupan ini. Kutipan ini akan membuka cara pandang kita dalam memandang masalah atau kehidupan yang positif. Siapa tahu dengan membaca motivasi tersebut kita akan berpikir ke arah yang lebih baik lagi.

Berikut ini beberapa kutipan kata motivasi dari berbagai tokoh, yang akan membantu kita untuk lebih berpikir positif. Berikut penjelasannya :

1. Tidak ada yang abadi

“Tidak ada yang abadi di dalam dunia ini, bahkan masalah yang kita hadapi juga tidak.” – Charlie Chaplin

“Nothing is permanent in this world, not even our troubles.” – Charlie Chaplin –

Kata motivasi ini datang dari tokoh terkenal yaitu Charlie Chaplin, yang merupakan aktor komedi terkenal pada masanya. Ia menyebutkan bahwa tak ada yang tak berubah di dalam hidup ini. Tidak ada sakit yang abadi. Tidak ada kebahagiaan yang abadi. Karena pada akhirnya semua akan berakhir. Kehidupan adalah perjuangan yang indah. Bila anda harus menderita sekarang, maka sadarlah bahwa semua itu akan berakhir. Bila anda menghadapi suatu tantangan, semuanya bisa dilalui. Kita tak perlu menambah derita dengan rasa penyesalan. Bila kita merasa nyaman dan bahagia saat ini, maka kita perlu bijak menyadari bahwa kita tak akan selalu ada dalam keadaan ini.

Bila ada seseorang yang kaya raya dan harta bendanya diambil oleh Tuhan, karena semua itu hanyalah titipan. Kesehatan juga bisa merenggut kekayaan tersebut, dengan mahalnya harga dan biaya pengobatan saat ini. Anda harus mensyukuri selama anda masih memilikinya. Dan waktupun berlalu dengan sangat cepat. Mulai sekaran berhentilah meratapi nasib anda dan belajarlah untuk mulai menikmatinya. Kadang kebahagiaan muncul saat kita membiarkan semuanya sudah berlalu. Dan selalu mempunyai mindset yang benar serta berpikir positif.

2. Imajinasi adalah emas

“Tanda bahwa seseorang itu cerdas bukanlah pengetahuannya, melainkan imajinasi.” – Albert Einstein

“The true sign of intelligence is not knowledge, but imagination.” – Albert Einstein –

Kata motivasi ini muncul dari salah satu ilmuwan yang paling terkemuka di dunia yaitu Albert Einstein. Pada umumnya motivasional dari quotes itu artinya adalah orang sukses yang selalu menghargai pengetahuan, tapi mereka juga memahami bahwa imajinasi jauh lebih penting. Kita selalu bisa belajar dan membaca. Kita juga bisa meningkatkan pengetahuan dasar kita. Tapi tanda orang yang cerdas adalah imajinasi mereka.

Memiliki sebuah kemampuan dari lamunan, atau hanya menyampaikan ide yang baru dari sebuah solusi dalam mengatasi masalah yang dimana ide itu tidak terpikirkan oleh orang lain hal itu menunjukkan bahwa otak anda bekerja dengan cara yang luar biasa. Orang sukses selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan imajinasi mereka. Melatih mental, melemparkan ide – ide gila, menghubungkan mimpi – mimpi, adalah hal yang dilakukan untuk memastikan imajinasi mereka yang bisa berkembang.

Baca Juga :   Contoh Jurnal : Kerangka, Cara, Contoh Dan Pengertiannya Lengkap

Intinya carilah orang yang memiliki imajinasi dan mempunyai mimpi yang gila dengan cara natural. Pilih salah satu dari mereka untuk menjadi sahabat kita, karena pengetahuan itu bisa dilatih dan imajinasi adalah anugrah dari Tuhan.

3. Mulai dari langkah kecil

“Perjuangan seseorang memindahkan gunung, dimulai dari membawa satu batu kecil.” – Confucius

“The man who moves a mountain begins by carrying away small stones.” – Confucius

Tidak semua orang harus memindahkan gunung dalam arti yang sebenarnya, tapi semua orang mempunyai gunung ambisi dan tujuan hidupnya masing-masing. Misalnya ambisi dalam bidang akademik, olahraga, bisnis dan entrepreneurship. Kita semua bisa membuat ambisi masing-masing yang sesuai dengan visi dan misi serta mimpi dan harapan. Banyak orang yang gagal dalam mencapai mimpi, mereka hancur dalam tekanan gunung mereka. Mereka juga menyerah dan berhenti atau memilih untuk memindahkan mimpi di tengah jalan. Bagaimana caranya untuk menghindari masalah tersebut, caranya yaitu :

  • Membawa bebatuan kecil

Mulailah berpikir bahwa sebuah gunung yang besar dibuat dari batu yang kecil.

  • Membagi atau memecahkan tugas yang besar

Berusahalah untuk membaginya ke dalam tugas yang kecil, agar lebih mudah dicapai.

  • Menyusun tujuan hidup dengan metode SMART

S : Spesifik

M : Measurable

A : Achievable

R : Realistic

T : Time Bound

  • Memonitoring pencapaian

Selalu memonitor hasil kinerja secara reguler dan segera melakukan perbaikan atas segala macam deviasi yang terjadi.

  • Disiplin

Beri komitmen yang berupa waktu dan usaha atas segala mimpi yang telah ditetapkan.

  • Jangan menyerah

Belajar untuk memotivasi diri sendiri dan jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan anda.

4. Menabur itu penting

“Seseorang dapat berteduh pada hari ini, karena seseorang menanam pohon di masa lalu.” – Warren Buffet

“Someone is sitting in the shade today because someone planted a tree a long time ago.” – Warren Buffet

Mulailah berpikir tentang apa yang bisa anda lakukan untuk orang lain. Mungkin tidak secara spesifik tetapi bisa saja orang-orang di sekitar anda saja. Misalnya dengan Memberikan tumpangan tempat tinggal, berbagi makanan, mengajar, mengobati yang sakit, ataupun apapun yang terlintas dipikiranmu dan kamu percaya itu dapat membantu mereka.

Tulisan di sehelai kertas dan buatlah daftar untuk hal apa saja yang bisa anda lakukan dan bagaimana hal itu bisa membantu orang lain. Sesudah itu anda harus mempertimbangkannya dalam jangka panjang. Seperti kata pepatah, bila kita memberi mereka ikan kita hanya memberinya satu hari saja. Tapi bila kita mengajari mereka memancing maka mereka bisa memberi makan sendiri selamanya. Bagaimana caranya supaya hidup berdampak selamanya kepada mereka, dan walaupun kita sudah tidak bersama dengan mereka lagi. Terkadang kita adalah orang yang diberi ikan atau diajari memancing, jadi ucapkanlah terima kasih pada setiap orang yang membantu anda.

5. Kunci kegagalan

“Saya tidak dapat mengatakan kepadamu mengenai apa yang diperlukan untuk sukses, tetapi kunci untuk gagal adalah berusaha untuk menyenangkan semua orang.” – Ed Sheeran

“I can’t tell you the key to success, but the key to failure is trying to please anyone.” – Ed Sheeran

Sering kali kita menghabiskan waktu untuk memikirkan bagaimana caranya sukses, sampai lupa memikirkan bagaimana caranya gagal. Padahal mengetahui penyebab kegagalan sama pentingnya dengan mengetahui kunci kesuksesan. Karena kita belajar tentang apa yang tidak kita lakukan. Sangat berbahaya sekali bila kita memusatkan perhatian pada tujuan tanpa mengurangi jurang yang ada sepanjang perjalanan. Kita mungkin akan berjalan dengan cepat menuju tujuan, hanya untuk mengetahui pada akhirnya kita jatuh ke jurang kegagalan.

Salah satu jurang kegagalan adalah selalu berusaha menyenangkan orang lain. Inilah bahaya dari usaha tersebut :

  • Kita menghabiskan banyak waktu dan tenaga pada orang yang salah, daripada ke orang yang tepat. Akhirnya kita akan kehilangan orang yang tepat karena tidak berinvestasi hal yang cukup pada mereka.
  • Kita akan mengalami banyak kekecewaan. Kita juga mungkin berpikir bahwa kita melakukan sesuatu yang salah, karena penolakan dan perlawanan yang dihadapi. Padahal sebenarnya kita hanya bertemu dengan orang yang salah.
  • Kita tak memiliki prinsip hidup yang kuat, karena kita mencoba untuk diterima oleh semua orang padahal hal itu tidak mungkin.
Baca Juga :   Kumpulan Kata Bijak Yang Keren Dan Lengkap

6. Giat bekerja

“Beberapa orang mau sesuatu untuk terjadi, beberapa orang lainnya berharap sesuatu untuk terjadi, sementara sebagian lainnya mewujudkan mimpi mereka.” – Michael Jordan

“Some people want it to happen, some wish it would happen, others make it happen.” – Michael Jordan

Kata motivasi tersebut adalah tentang passion yang dimiliki, yang dimana passion adalah kunci yang paling penting untuk berhasil dalam hidup dan mewujudkan mimpi. Passion adalah hal yang mendorong anda setiap hari, dan melakukan apa yang harus dilakukan setiap hari untuk mewujudkan cita-cita yang telah diimpikan sebelumnya.

Passion juga tak akan membuat anda mudah menyerah hal itu akan membakar semangatmu untuk terus maju. Passion adalah suatu hal yang membuat anda terus maju dan berjalan, bahkan saat di sekeliling anda menghina dan meremehkan anda, dan ketika anda merasa ingin berhenti dan menyerah saja.

Apa saja tujuan hidup anda? Dan apa saja passion kita agar bisa mencapai tujuan tersebut? kita bisa berusaha dengan baik saat kita sudah menemukan tujuan hidup. Karena bila kita mau maka kita bisa mewujudkannya. Untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan giat bekerja dan mengejar mimpi kita setiap hari. Serta untuk mengerjakan mimpi tersebut setiap hari, itulah sebabnya passion sangat kuat diperlukan.

7. Teman akan menentukan masa depanmu

“Kelilingilah dirimu dengan orang – orang yang membicarakan mengenai masa depan dan ide – ide. Bukan mengenai orang lain.” – Bill Gates

“Surround yourself with people who talks about vision and ideas. Not people.” – Bill Gates

Kata motivasi keyakinan diri datang dari orang yang paling kaya sedunia yaitu Bill Gates. Apakah anda tahu apa yang akan terjadi pada 5,10,15, atau 20 tahun mendatang? Hidup kita ditentukan oleh beberapa hal penting, dari apa yang kita lakukan pada saat ini. Inilah kelima hal tersebut :

  1. Apa yang kita baca.
  2. Apa yang kita dengarkan.
  3. Apa yang kita tonton.
  4. Seminar yang telah kita ikuti.
  5. Dengan siapa kita menghabiskan waktu.

Dari kelima poin tersebut apakah anda tahu mana yang paling penting yang menentukan masa depan anda? Jika anda menjawab poin yang kelima, maka jawabannya benar sekali. Masa depan anda akan ditentukan oleh 5 orang sahabat yang sering menghabiskan waktu dengan anda.

Masa depan anda akan menjadi tidak jelas jika anda menghabiskan waktu anda dengan orang yang selalu mengeluh, menyalahkan orang lain, ataupun bergosip. Atau mungkin anda kenal dengan beberapa orang yang seperti itu. Pertanyaannya maukah anda menghabiskan waktu dengan orang seperti mereka? Atau anda ingin menghabiskan waktu dengan orang-orang kelas atas, yang dimana akan mengembangkan pemikiran, ide, visi, mimpi dan mensupport anda sepanjang perjalanan dalam mencapai aspirasi anda yang paling hebat.

8. Jangan sampai menyesal

“Rasa takut itu sementara, sedangkan penyesalan itu selamanya.” – Batman

“Fear is temporary, regret is forever.” – Batman

Untuk bisa memahami kata motivasi tersebut di atas, mari kita kembali lagi ke dasar. Apa yang harus ditingkatkan dalam hidup kita? Apakah karena kita sudah bosan dengan keadaan yang sekarang, atau kita terinspirasi dalam melakukan sesuatu yang baru karena kita percaya? Jika kita dalam keadaan bosan, kita mungkin takut pada tantangan berikut ini :

  • Takut untuk memulai hal yang baru

Saat kita memulai suatu hal yang baru kita akan menuju pada tujuan hidup yang baru, dan kebanyakan dari kita berpikir bahwa saat kita gagal mencapai tujuan baru, maka kita akan kembali ke titik nol lagi. Berpikir bahwa kita akan kembali ke titik nol lagi adalah tantangan yang sangat berat bagi kita, dan kita tak siap dalam menerima resiko tersebut.

  • Takut gagal
Baca Juga :   Teks Puisi Rakyat : Pengertian, Jenis Dan Contohnya

Kesuksesan tanpa sengaja membuat kita menjadi sedikit lebih sombong sehingga kita selalu berharap bahwa kita akan selalu mendapat kesuksesan yang lain. Padahal memulai sesuatu yang baru, tak akan menjamin kesuksesan. Saat kita mencari sukses yang pasti, hal itu mungkin terjadi jika kita hanya melakukan perubahan yang kecil dan bukan memulai sesuatu yang benar-benar baru.

  • Takut pada hal yang tidak kita mengerti

Kebanyakan dari orang yang sudah sukses, sudah bisa mengatur apa yang diperlukan dengan cara detail. Karena kita sudah memahami semuanya. Dan untuk memulai suatu hal yang baru, maka hal itu berarti kita tak bisa mengontrol seluruh variabel yang dibutuhkan untuk sukses dan hal itu menakutkan.

9. Jangan hanya tau

“Pengetahuan saja tidak cukup, kita harus menerapkannya, keinginan saja tidak cukup, kita harus bertindak.” – Bruce Lee

“Knowing is not enough, we must apply. Willing is not enough, we must do.” – Bruce Lee

Seberapa banyak dari anda, yang tahu apa yang harus anda lakukan? Dan seberapa banyak dari anda yang melakukan hal itu untuk kehidupan yang lebih baik, lebih sehat atau memperoleh apa yang dicita-citakan.

Kebanyakan dari kita sebenarnya tahu apa yang harus dilakukan. Tapi seberapa banyak dari kita yang menerapkannya? Banyak orang yang menjadi kaya. Tapi banyak juga orang yang menjadi miskin. Sukses dan kaya itu meninggalkan jejak, dan dengan mengikuti jejak orang sukses atau mengikuti bimbingan dari mentor maka kita akan memperoleh keuntungan yang besar. Kata motivasi dari Bruce Lee ini mengingatkan anda bahwa tanpa aksi apapun pengetahuan yang dimiliki tidak ada gunanya.

10. Jangan menyerah

“Hal paling jenius yang kita lakukan adalah tidak menyerah.” – Jay-Z

“The genius thing we ever did was we never give up.” – Jay-Z

Apakah anda masih mengingat apa yang anda inginkan ketika tumbuh menjadi dewasa? Mungkin anda ingin menjadi seorang pemadam kebakaran? Mungkin juga menjadi koki? Tentunya kita memiliki keinginan dalam mencapai sesuatu di dalam hidup kita. Dan apakah yang kita kerjakan akan membawa kita pada keinginan tersebut?

Mengejar mimpi itu memberi banyak manfaat, dan inilai beberapa alasan agar kita tidak menyerah dalam meraih mimpi :

  • Kegigihan

Kita sering menghadapi kegagalan, tapi selalu memilih untuk maju. Di sanalah kegigihan kita akan tumbuh. Kegigihan itu hanya bisa dipelajari melaluo beratnya tantangan hidup yang kita alami. Jika kita pernah gagal, maka kita tak akan pernah belajar untuk bangkit. Setiap kali kita bangkit dan memilih untuk tidak menyerah, maka kita akan bertambah kuat dan menjadi lebih mampu dalam mencapai tujuan.

  • Lebih baik mencoba dan gagal daripada berandai – andai

Apakah kita memiliki penyesalan dalam hidup? Mungkin kita pernah menolak ajakan seseorang, atau apapun itu penyesalan akan terus membayangi sampai tahun berikutnya. Bagaimana agar kita tidak menyesali sesuatu? Yaitu dengan mencobanya. Kita tak perlu melakukan suatu hal yang besar, tapi cukup dengan duduk dan merencanakan langkah kecil yang kita perlukan dalam mencapai mimpi. Maka sedikit demi sedikit kesuksesan akan semakin dekat.

  • Memberi contoh yang baik

Kita akan memiliki anak, dan kita berharap kita akan menjadi contoh yang baik bagi mereka. Apakah kita ingin diingat oleh anak sebagai orang tua yang santai menonton TV setiap hari? Atau kita ingin diingat beragam hal baik yang kita lakukan? Maka jadilah contoh yang baik dengan mewujudkan segala mimpi yang baik untuk kita.

Itulah 10 kata-kata motivasi beserta penjelasannya, yang diberikan khusus untuk anda yang ingin meraih kesuksesan dalam hidup. Semoga semua yang anda inginkan dalam hidup bisa dicapai dan anda dapat menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

Baca Juga :