17+ Contoh Surat Keterangan Umum, Biasa, Dinas, Kerja, Magang, Kuliah, KPR, Perusahaan Lengkap

Posted on

17+ Contoh Surat Keterangan Umum, Biasa, Dinas, Kerja, Magang, Kuliah, KPR, Perusahaan Lengkap

Surat Keterangan – Surat keterangan adalah jenis surat yang isinya tentang penjelasan seseorang mengenai suatu hal. Surat keterangan merupakan jenis surat yang paling sering dibuat karena isinya yaitu keterangan umum mengenai aktivitas manusia.

Contoh Surat Keterangan Umum

Surat keterangan sifatnya resmi, dan hanya karena dikeluarkan oleh suatu organisasi. Sehingga tak ada istilahnya surat keterangan yang dikeluarkan oleh perorangan. Tapi jika perorangan memberi keterangan tertulis yang berbentuk surat, maka surat itu dianggap surat pernyataan.

Sekilas surat keterangan ini memang hampir sama dengan surat pernyataan. Tapi sebenarnya berbeda. Surat keterangan penggunaannya sangat luas dan lebih banyak digunakan dalam dunia kerja, serta administrasi kependudukan. Walaupun anda belum pernah membuat surat keterangan, tapi setidaknya anda pernah melihatnya. Berikut penjelasan lengkap tentang surat keterangan.

Pengertian Surat Keterangan

Surat keterangan ini terdiri atas dua kata yaitu surat dan keterangan. Berdasarkan kamus bahasa Indonesia terbaru kata surat artinya kertas yang bertuliskan suatu keterangan. Sesuatu yang tertulis atau sesuatu yang ditulis.

Dan kata keterangan memiliki arti dalam sintaksis, keterangan merupakan kata atau kelompok kata yang digunakan untuk membatasi atau meluaskan suatu makna subjek atau predikat di dalam sebuah kalimat. Keterangan juga bisa bermacam-macam, mulai dari  keterangan tempat, waktu, tujuan, penjelasan sesuatu, dan keterangan-keterangan.

Baca Juga :   Skimming dan Scanning - Pengertian, Penggunaan, Cara Membaca, Tujuan, Manfaat Serta Contohnya Lengkap

Surat keterangan adalah sebuah surat yang dibuat atau disusun untuk membuat sebuah keterangan, yang berkaitan dengan kesanggupan untuk dapat melakukan sesuatu kegiatan atau pekerjaan. Surat keterangan juga bisa digunakan untuk menerangkan bahwa seseorang atau kelompok pernah melakukan suatu kegiatan atau sebaliknya.

Biasanya surat keterangan dilengkapi dengan materai dengan nominal enam ribu, tapi ada juga surat keterangan yang hanya berupa tanda tangan biasa. Tapi untuk surat yang sifatnya resmi, biasanya di dalamnya disertai dengan materai.

Surat keterangan juga bisa dibuat sendiri dengan tujuan memberi sebuah keterangan kesanggupan, dalam melaksanakan suatu kegiatan tertentu. Atau surat keterangan juga dapat disusun oleh pihak ketiga yang memberi keterangan sesuai dengan keadaan, dari si pemberi surat keterangan itu sendiri.

Surat keterangan juga beragam, seperti misalnya surat keterangan berprilaku baik, surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan kerja, keterangan tidak mampu dalan suatu kegiatan dan sebagainya.

Perbedaan surat keterangan biasa dan penting

Bila ditinjau dari segi isi dan kepentingannya, maka surat keterangan dibedakan menjadi dua macam yaitu :

  1. Surat keterangan yang biasa
  2. Surat keterangan yang penting, seperti surat referensi, surat pernyataan dan surat rekomendasi.

Tolak ukur dalam membedakan kedua macam surat keterangan tersebut, semata-mata terletak pada sifat dari isi dan kepentingan surat keterangan yang dibuat. Ukuran kepentingan ini diukur dengan melihat dampak yang akan terjadi, karena dikeluarkannya surat keterangan tertentu. Bila akibat yang timbul dari pengeluaran surat itu akan berdampak luas dan serius, maka surat keterangan tersebut dianggap sebagai surat keterangan biasa.

Dalam mendapatkan gambaran yang lebih detail tentang perbedaan antara surat keterangan biasa dan penting, berikut ini contoh dari masing-masing surat keterangan tersebut. seperti surat keterangan mengenai kedudukan seseorang sebagai anggota dalam sebuah organisasi biasa, keterangan sebagai karyawan di suatu instansi, dan keterangan sebagai mahasiswa dalam perguruan tinggi bisa digolongkan sebagai keterangan biasa.

Baca Juga :   7 Contoh Kop Surat : Pengertian, Jenis, Dan Tata Cara Membuatnya Lengkap

Sedangkan untuk surat keterangan tentang kesehatan yang detail, keterangan tidak pernah terlibat organisasi terlarang, keterangan belum pernah bermasalah dengan hukum, dan keterangan pengalaman kerja termasuk dalam keterangan penting.

Pengertian surat keterangan biasa

Adalah surat keterangan yang diberikan pada seseorang atau warga masyarakat di tengah kesibukan sehari-hari, seperti misalnya surat keterangan sebagai mahasiswa, keterangan sebagai anggota organisassi biasa, keterangan sebagai karwayan di sebuah instansi.

Dalam surat keterangan biasa, pejabat yang menerangkan, dan juga data pribadi tidak perlu dicantumkan. Tapi pejabat yang menerangkan bisa langsung menulis jabatannya. Bila memang dibutuhkan, bisa juga mencantumkan data pribadi pejabat yang menerangkan tersebut. paling tidak, data pribadi yang dicantumkan ini adalah nama, pangkat / golongan, pekerjaan / jabatan.

Isi Surat Keterangan

Pada umumnya isi dari surat keterangan diantaranya yaitu :

  1. Data pribadi dari pihak yang menerangkan
  2. Data pribadi dari pihak yang diterangkan
  3. Isi surat
  4. Tujuan surat keterangan dibuat
  5. Penutup, yaitu berisi tentang harapan agar pihak ketiga dan pihak yang berkepentingan memaklumi isi surat yang dimaksud.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun surat keterangan, diantaranya yaitu :

  1. Objek yang diterangkan di dalam surat keterangan adalah pihak kedua atau orang yang meminta, dan pihak yang menjadi anggota dalam sebuah komunitas. Misalnya komunitas sekolah, lembaga, badan usaha, atau instansi yang dimintai surat keterangan.
  2. Sifat keterangan dalam surat keterangan adalah tidak rahasia. Karena surat ini diminta sendiri dan diberi kepada yang bersangkutan, sehingga yang bersangkutan bisa membaca dan mengetahuinya dengan jelas.
  3. Isi surat keterangan tentang suatu keadaan atau seseorang. Biasanya di dalam surat ini hanya disebutkan hal yang umum saja. Jadi dalam surat keterangan tersebut tidak disebutkan kebaikan atau keburukan seseorang, atau sesuatu yang diterangkan. Bedakan surat keterangan dengan surat rekomendasi atau referensi.
Baca Juga :   Pengertian Verba Pewarta Dan Contohnya Lengkap

Manfaat surat keterangan

Berikut ini beberapa manfaat dari sebuah surat keterangan :

  1. Dapat memberikan peluang pada penerima surat supaya bisa memiliki alasan dan juga bukti untuk menuntut dan meminta pertanggung jawaban pada pihak si pemberi surat keterangan itu. Bila di kemudian hari si penerima surat mendapat hal yang tak sesuai dengan keinginannya pada surat tersebut.
  2. Dengan dibuat surat keterangan, maka si pembuat surat memiliki alasan dan bukti bahwa si pembuat surat keterangan itu bersungguh-sungguh dalam menulis surat keterangan yang dibuat.
  3. Surat keterangan sebagai tolak ukur kondisi dari pihak yang diterangkan di dalam surat keterangan, baik kondisi yang sifatnya positif atau negatif.

Bagian-bagian dan Penyusunan Surat Keterangan

Secara garis besar surat keterangan memiliki tiga bagian pokok, diantaranya:

  1. Kepala surat, terdiri dari:
  2. Kop surat dibuat lengkap beserta alamatnya,
  3. Terdapat kata petunjuk berupa ”SURAT KETERANGAN” yang biasanya dengan huruf capital.
  4. Nomor surat ditulis di bawah kata SURAT KETERANGAN.

Isi surat keterangan, terdiri dari :

  1. Pernyataan kesungguhan pihak atau pejabat yang menerangkan.
  2. Identitas pihak yang diterangkan :
  • Nama
  • Tempat/tanggal lahir
  • alamat dan lain-lain
  • penjelasan tentang keadaan umum orang tersebut sesuai dengan keterangan yang disampaikan
  • Klausa penutup, berupa harapan surat tersebut bisa dimanfaatkannya

Kaki surat keterangan, terdiri :

  • Tempat dan tanggal dikeluarkannya surat tersebut
  • Identitas dari penanggung jawab,
  •  Jabatan dari penanggung jawab
  • Tanda tangan disertai nama terang,
  • NIP, nomor anggota, atau sejenisnya,
  • Stempel.

Contoh Surat Keterangan

Contoh surat keterangan kehilangan STNK, BPKB, SIM

 

Contoh Surat Keterangan Pengunduran Diri yang Baik

Contoh Surat Keterangan Domisili

Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan

Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

Demikian pembahasan lengkap mengenai surat keterangan, yang meliputi pengertian, perbedaan antara surat keterangan biasa dan penting, pengertian surat keterangan biasa, isi surat keterangan, manfaat, bagian dan penyusunannya, serta contohnya lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memahami surat keterangan, dan bagaimana cara membuatnya.

Baca Juga :