18 Cara Mengusir Lalat Dengan Cara Alami, Simpel Dan Lengkap

Posted on

18 Cara Mengusir Lalat Dengan Cara Alami, Simpel Dan Lengkap

Cara Mengusir Lalat – Lalat adalah salah satu binatang kecil yang mengganggu, karena sering hinggap pada makanan dan minuman. Bahkan lalat juga bisa membawa berbagai macam penyakit. Bagaimana cara mengusir lalat dari rumah dan jangan sampai kembali lagi?

18 Cara Mengusir Lalat Dengan Cara Alami, Simpel Dan Lengkap

Penggunaan bahan kimia dalam mengusir lalat sering menjadi senjata dalam mengusir lalat tersebut, tetapi sering kali tidak ampuh. Berikut ini ada beberapa cara dalam mengusir lalat dengan cara yang alami dan simpel.

Cara Menghilangkan Lalat Di Rumah Dengan Cara Alami

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir lalat. Selain tidak membahayakan tubuh, biayanya juga lebih murah meriah. Berikut cara mengusir lalat dari rumah dengan cara alami :

1. Dengan menggunakan daun pandan

Daun pandan tidak hanya dapat digunakan untuk memasak saja. Karena daun yang bentuknya panjang dan wangi ini, juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengusir lalat. Ternyata lalat tidak suka aroma yang muncul dari daun pandan ini.

Cara mengusir lalat dengan daun pandan ini adalah siapkan beberapa helai daun pandan lalu iris sampai halus. Kemudian letakkan irisannya pada piring atau mangkuk. Lalu simpan piring atau mangkuk yang berisi daun pandan tersebut di tempat yang banyak dihinggapi dengan lalat.

2. Dengan menggunakan cengkeh

Cengkeh juga memiliki bau atau wangi yang cukup tajam. Dan ternyata lalat juga tidak suka dengan aroma dari rempah yang satu ini. Sehingga bisa anda gunakan untuk mengusir lalat tersebut. caranya mudah, rendam biji cengkeh pada semangkuk air. Lalu simpan rendaman tersebut pada tempat yang banyak lalat.

3. Memadukan jeruk dengan lemon

Kedua buah tersebut juga berfungsi untuk mengusir lalat. Jika anda menggunakan kedua buah ini, anda juga harus menyertakan cengkeh. Caranya yaitu :

  • Potong masing-masing buah menjadi empat bagian.
  • Tancapkan 12 biji cengkeh di setiap bagian potongan buah tersebut.
  • Simpan semuanya pada sudut yang sering didatangi oleh lalat.

Aroma yang cukup tajam pada bahan-bahan tersebut juga bisa mengusir serangga kecil lainnya.

4. Menggunakan wangi bunga lavender

Bunga lavender terkenal sebagai bahan alami untuk mengusir nyamuk, tapi bunga ini juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Apalagi bunga lavender bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Caranya yaitu dengan menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah khususnya di tempat yang sering disinggahi oleh lalat.

Baca Juga :   Hipertensi : Pengertian, Gejala, Penyebabnya, Makanan Yang Dapat Menurunkan Hipertensi Lengkap

5. Menggunakan cuka apel

Caranya cukup dengan menyediakan cuka apel dengan gelas yang berukuran tinggi, atau bisa juga sebuah botol. Lalu masukkan cuka apel sampai setengah botol saja. Akan lebih ampuh bila ditambah dengan cairan pencuci piring. Lalu buat lubang kecil di bagian atasnya dengan menggunakan plastik bening, yang diikat dengan karet. Sehingga lalat akan terpancing dengan aroma cuka apel dan akan masuk ke dalamnya. Lalu ia akan sulit keluar lagi karena lubangnya kecil.

6. Menggunakan garam

Garam juga bisa disebut dengan bumbu dapur dengan cara yang mudah. Caranya yaitu ambil garam secukupnya lalu taburkan di bagian yang sering dihinggapi oleh lalat. Atau anda juga bisa menaburkannya di bagian tudung saji makanan, area memasak, atau dekat tempat sampah. Bahkan semut pun bisa kabur dengan cara ini.

7. Dengan menggunakan bawang putih

Buat campuran dari bahan bawang putih, kayu manis, bubuk cabai, dan air yang bisa dijadikan semprotan untuk mengusir lalat. Caranya yaitu :

  • Haluskan bawang putih, kayu manis dan bubuk cabai sampai rata dan bercampur.
  • Lalu tuang air ke dalam ulekan/blender yang digunakan untuk menghaluskan.
  • Aduk sampai airnya berubah warna kemudian diamkan sebentar.
  • Saring air campuran dari sisa bahan yang sudah dihaluskan.
  • Lalu masukkan ke dalam botol semprotan

8. Dengan menggunakan kemangi

Sisa kemangi yang biasa dijadikan lalapan bisa dijadikan bahan untuk mengusir lalat. Caranya dengan mencelupkan kemangi ke dalam gelas atau wadah yang isinya air. Lalu diamkan di beberapa tempat seperti dapur atau ruang yang dekat dengan area memasak. Jangan lupa untuk mengganti lagi kemangi dan air setelah beberapa hari, supaya aromanya tetap segar dan ampuh dalam mengusir lalat.

Dua Cara Membuat Perangkap Untuk Lalat Dan Lem Lalat Dengan Simpel

Perangkap dan lem pada umumnya digunakan untuk cara mengusir lalat baik di restoran maupun di rumah. Benda ini mudah ditemukan dan murah, tapi anda juga bisa membuatnya dengan cara yang simpel. Begini cara membuatnya :

1. Cara membuat lem lalat dengan mudah

Biasanya lem lalat digunakan pada permukaan kertas yang berukuran A4, lalu bentangkan kertas dan taburkan makanan di atasnya untuk memancing. Atau lem lalat dalam bentuk sedotan juga bisa digunakan. Tapi anda bisa membuat lem ini sendiri di rumah.

Bahan-bahan :

  • 5-10 buah sedotan plastik
  • Gula, madu, dan air bersih
  • Panci dan kompor
  • Kuas
  • Gelas kecil berisikan pasir

Cara membuat :

  • Masak gula, madu dan air dengan perbandingan 1:1 dengan api sedang.
  • Sesudah semuanya tercampur dengan rata matikan api lalu sisihkan supaya suhunya disesuaikan dengan suhu ruangan.
  • Ambil satu sedotan lalu lumuri permukaannya dengan campuran gula sampai merata.
  • Kemudian siapkan gelas yang sudah diisi dengan pasir, lalu tancapkan dua sedotan dengan lem alami ini.
  • Lalu simpan di area meja makan atau dapur.
Baca Juga :   5 Cara atau Teknik Mewarnai Gambar Pemandangan Dengan Crayon

Bila sedotan sudah terisi dengan lalat, ganti lagi dengan yang baru dan ulangi cara tersebut di atas.

2. Cara Buat Perangkap Botol Simpel untuk Menangkap Lalat

Bahan-bahan :

  • Botol bekas soda atau air mineral ukuran 1,5 liter
  • Pisau/cutter
  • Potongan buah beraroma manis
  • Air
  • Plastik bening kecil
  • Karet

Cara membuat :

  1. Siapkan botol dan buka penutupnya
  2. Belah botol menjadi dua bagian, biarkan bagian bawah lebih tinggi daripada atas
  3. Tutup moncong botol menggunakan plastik bening dan karet
  4. Buat lubang kecil pada permukaan atas plastik untuk jalur masuk lalat
  5. Masukkan masukkan buah manis yang telah dipotong kecil ke dalam bagian bawah botol
  6. Tuangkan air secukupnya
  7. Tutup bagian bawah botol menggunakan potongan atas yang dibalik sehingga moncongnya berada di bawah
  8. Letakkan di sudut rumah yang biasa dilalui lalat.

Aroma wangi pada buahnya akan mengundang lalat untuk masuk ke dalam perangkap. Air yang ada di bagian bawah botolnya akan menyulitkan lalat keluar masuk. Hingga lalat akan mati di dalamnya.

Cara Mengusir Lalat Buah dari Rumah

Lalat buah sama menjijikannya dengan lalat pada umumnya. Hewan ini sering berada di dapur. Saking kecilnya bahkan sering tak terlihat bahkan termakan. Supaya dapur dan ruangan di rumah anda terbebas dari lalat buah, mari kita lakukan beberapa cara berikut ini :

1. Menyimpan bahan makanan

Supaya bahan makanan tetap awet dan aman, maka simpanlah segala macam bahan makanan di dalam wadah yang tertutup atau di dalam kulkas. Gunakan wadah yang ada penutupnya atau kedap. Sehingga lalat tidak akan datang ke dapur anda.

2. Membersihkan saluran air

Setelah datang ke dapur mereka juga akan berdiam diri di bagian saluran air untuk tempat cuci piring atau wadah sampah. Bukan hanya menggerogoti makanan, tapi mereka juga akan berkembang biak di sana. Maka cegah hal itu dengan membersihkan saluran air tersebut. lalu tuangkan cairan pembersih ke dalam saluran air yang mengandung klorin, kemudian siram dengan air panas. Untuk tempat sampah yang kotor, bisa anda gunakan penutup atau menyemprotkan disinfektan.

3. Menggunakan penangkal

Cara mudah lainnya dalam mengusir lalat adalah dengan menyemprotkan disinfektan kimia, tapi hal itu tentu tak bisa dilakukan bila di dapur banyak makanan. Maka anda bisa menyalakan lilin untuk mengusir lalat tersebut.

4. Mengamankan bahan-bahan makanan yang mengundang

Biasanya lalat buah akan terbang ke dapur karena mencium aroma makanan yang berbau busuk. Mereka juga akan menghinggapi kecap dan minuman manis seperti sirup yang tutup botolnya lupa ditutup. Bahkan lalat itu akan masuk ke dalam dan mati terperangkap di dalamnya. Maka bersihkan bahan-bahan makanan yang sudah tidak dikonsumsi, lalu tutup seluruh wadah bumbu masakan dan botol minuman yang ada di dapur.

Baca Juga :   Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Ciri-Ciri, dan Tujuannya

5. Gunakan jahe

Jahe juga bisa digunakan untuk mengusir lalat buah. Caranya yaitu :

  • Campurkan satu sendok teh jahe kering ke dalam air
  • Aduk hingga tercampur merata
  • Pindahkan campuran jahe dan air ke dalam botol semprotan

Semprotan ini juga ampuh untuk mengusir jenis serangga yang lainnya.

6. Membuat campuran garam dengan kunyit

Cara mengusir lalat dengan campuran garam dan kunyit adalah mencampur kedua bahan tersebut secara merata, lalu taburkan di area yang sering dilalui oleh lalat buah tersebut. bahkan dicampur dengan merica pun ampuh dalam mengusir lalat, pada dapur atau ruangan lainnya.

7. Buat Insektisida Alami Menggunakan Air Cuka

Anda bisa membuat bahan insektisida alami untuk mengusir lalat, dengan bahan-bahan air garam, kunyit, dan merica, dan juga cuka. Berikut bahan lengkapnya :

  • Dua sendok makan cuka
  • Satu sendok makan minyak kayu putih
  • Segelas air dingin
  • Corong plastik
  • Botol semprotan.

Caranya yaitu campurkan cuka, kayu putih, dan air ke dalam botol dengan menggunakan corong. Lalu tutup botol dan kocok-kocok sampai merata. Kemudian gunakan bahan itu untuk mengusir lalat di rumah anda.

Fakta Bahwa Lalat Adalah Hewan Dengan Sumber Penyakit Pada Manusia

Lalat adalah salah satu hewan yang kotor dan menjijikkan. Karena sering hinggap di sampah, dan benda kotor lainnya seperti bangkai. Lalat juga menjadi pembawa patogen alias mikroorganisme penyakit yang berbahaya. Misalnya helicobacter pylori, salmonela, dan amoeba. Penyakit yang sering muncul akibat lalat adalah diare, disentri, typhoid, bahkan TBC.

Berikut ini beberapa fakta yang perlu anda ketahui tentang lalat :

  1. Lalat bisa melahirkan telur sebanyak 100 telur dan menetaskannya hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.
  2. Hewan kecil yang bersayap ini sangat aktif di siang hari, sehingga anda bisa melakukan pengusiran saat siang hari.
  3. Mereka juga memiliki penciuman yang tajam. Maka gunakan aroma yang disukai oleh lalat untuk menjebak mereka.
  4. Selain makanan dan buah, lalat juga suka dengan aroma sampah. Itulah sebabnya anda wajib membersihkan rumah dari sampah.
  5. Lalat dapat terbang dengan cepat melalui celah atau lubang rumah. Maka pasanglah kasa kawat sebagai ventilasi di rumah.
  6. Lalat hanya dapat mengkonsumsi makanan yang berbentuk cairan, mereka juga mentransfer makanan dengan mengeluarkan ludah atau muntah di atasnya kemudian menghisapnya kembali.
  7. Lalat memiliki mata majemuk yang peka pada perubahan cahaya, sehingga anda bisa menjebak mereka dengan menggunakan cahaya senter atau lampu yang dipasang sebagai jebakan.
  8. Mereka bisa membuang air setiap menit, bakteri dan kuman pun dapat berkembang dengan cepat. Itulah mengapa bila ada banyak lalat di dalam rumah, akan menjadi sumber penyakit bagi manusia.

Sekian ulasan mengenai cara mengusir lalat dengan bahan alami, dan beberapa fakta tentang lalat. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua dan bisa menambah wawasan anda mengenai lalat.

Baca Juga :