30 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya Lengkap

Posted on

30 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya Lengkap

Cara Menjawab Interview – Wawancara adalah tahapan yang harus dilalui ketika seseorang sedang mencari pekerjaan, atau telah mendapatkan pekerjaan yang baru. Tahapan inilah yang sering membuat pelamar kerja stres, ketika menghadapinya.

Salah satu strategi yang tepat dalam menghadapi interview kerja di suatu perusahaan adalah dengan mempelajari contoh pertanyaan wawancara, sekaligus bagaimana jawabannya. Tujuannya adalah agar anda mendapat gambaran tentang pertanyaan yang diajukan, ketika wawancara kerja. Anda juga harus membuat jawaban yang sesuai, dengan pengalaman dan juga pendidikan anda.

Untuk membantu anda dalam menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan, simak 30 contoh pertanyaan wawancara kerja di bawah ini.

Pertanyaan Mengenai Data Pribadi

Biasanya pertanyaan ini digunakan untuk membuka suatu percakapan, atau untuk mencairkan suasana ketika wawancara kerja sedang berlangsung. Walaupun dibuat pertanyaan pembuka dan sifatnya umum, tetapi anda harus tetap antusias dalam menjawabnya agar pewawancara tertarik dengan anda.

Ceritakan bagaimana diri anda.

Nama saya Clara Belinda. Saya alumni dari Universitas Padjajaran Bandung Fakultas Ekonomi. Saya bekerja di PT Terania sebagai Staf Administrasi. Saya telah bekerja di perusahaan tersebut sejak Maret 2014.

Mengapa anda memilih jurusan Ekonomi Manajemen?

Karena saya sudah menyukai pelajaran ekonomi sejak SMP, dan saya ingin menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang menajemen ekonomi setelah saya kuliah. Apalagi karena jurusannya adalah jurusan yang saya sukai, maka saya belajar dengan senang dan nyaman.

Bagaimana cara anda membayar uang kuliah anda?

Sebagian besar biaya kuliah masih dibayarkan oleh orang tua saya. Sebagian lagi saya dapatkan dari beasiswa yang saya ajukan, ketika saya baru masuk kuliah. Minimal beban orang tua saya berkurang.

Apakah anda mempunyai rencana untuk melanjutkan pendidikan?

Rencananya saya ingin melanjutkan S2 Ilmu Ekonomi, tapi mungkin masih sekitar 3-4 tahun lagi. Dengan melanjutkan kuliah S2 maka ilmu dan pengetahuan saya akan semakin bertambah.

Baca Juga :   Kumpulan Kata-Kata Lucu Yang Bikin Ngakak, Gokil, Konyol, Humoris Lengkap

Selain pendidikan formal apakah anda memiliki keterampilan atau keahlian yang lain?

Saya pernah belajar komputer dan bahasa inggris, jadi saya memiliki keahlian di dua bidang tersebut. saya mampu mengoperasikan berbagai program, seperti MS Words, MS Excell, MS Power Point, Photoshop, dan MS Access. Dan bisa berbahasa Inggris aktif baik lisan ataupun tulisan.

Apa makna pekerjaan bagi anda?

Pekerjaan bukan hanya sebagai media untuk mencari uang, tetapi bagaimana saya melakukannya dengan baik demi kemajuan perusahaan.

Pertanyaan Tentang Pengalaman Dan Keterampilan

Pertanyaan mengenai pengalaman dan keterampilan biasanya bertujuan untuk mengetahui :

  • Tujuan karier Anda
  • Bagaimana cara Anda bekerja
  • Loyalitas Anda
  • Bagaimana Anda menghadapi suatu masalah pekerjaan
  • Berapa besar kontribusi yang akan Anda berikan kepada perusahaan.

Dari jawaban yang anda berikan tersebut, maka pewawancara akan menilah apakan anda kandidat terbaik untuk posisi yang dilamar.

Apakah kelebihan dan kekurangan anda?

Kelebihan saya adalah saya jujur, cepat belajar dan mau bekerja keras. Tetapi kekurangan saya adalah saya cepat lupa. Untuk mengatasi kelemahan ini saya sering membuat catatan berbagai hal yang penting di buku catatan.

Apakah anda mempunyai hubungan yang baik dengan rekan atau partner kerja anda?

Menurut saya hubungan saya dengan rekan kerja dan atasan saya berjalan dengan baik. Walaupun terkadang ada beberapa salah paham atau miss komunikasi, tetapi kami dapat menyelesaikannya dengan cara yang baik.

Anda lebih senang bekerja sendiri atau bersama tim?

Tergantung pada pekerjaan yang harus saya lakukan. Karena ada pekerjaan yang memang bisa dilakukan sendiri, ada juga yang lebih cocok dilakukan dengan tim.

Bila anda harus bekerja bersama tim maka posisi apa yang akan anda pilih?

Saya akan memilih menjadi konseptor, sehingga saya perlu merencanakan beberapa langkah yang diambil, membuat daftar apa saja yang dibutuhkan, mengidentifikasi hambatan yang muncul, dan membuat ukuran kesuksesan dalam proyek tersebut.

Apakah anda bisa bekerja di bawah tekanan?

Selama saya dapat mengatasi tekanan itu, saya pikir saya bisa bekerja di bawah tekanan. Dengan begitu saya bisa memaksimalkan keterampilan, potensi dan inisiatif yang saya miliki dalam bekerja.

Baca Juga :   6 Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan "Swasta, BUMN dan Negri" Lengkap

Bagaimana sikap anda dalam menghadapi kritik?

Menurut pemahaman saya, pada umumnya manusia tidak suka jika dikritik secara sembarangan. Dan saya pribadi akan menerima kritik yang ditujukan pada saya, jika itu demi kebaikan saya. Apalagi bila kritik tersebut adalah kritik yang membangun, maka saya akan memperbaikinya dan tidak mengabaikannya.

Menurut anda orang seperti apakah yang sulit diajak kerjasama?

Orang yang sulit diajak kerjasama biasanya adalah orang yang tidak suka bekerja keras, suka melanggar aturan, banyak mengeluh, dan tidak memerhatikan kualitas pekerjaan.

Jika bawahan anda melakukan kesalahan, apa yang akan anda lakukan?

Saya akan mencari apa penyebab dia melakukan kesalahan itu. Setelah itu barulah saya menentukan tindakan perbaikan dan pencegahanm agar kesalahan itu tidak terulang lagi. Saya juga akan memberi kesempatan pada yang bersangkutan, untuk memperbaiki kinerjanya.

Apa yang akan anda lakukan bila bawahan anda mengeluhkan masalah pribadi mereka?

Saya akan membiarkan mereka untuk menceritakan masalah pribadinya. Jika diminta maka saya akan memberi saran atas masalah tersebut. pada umumnya orang yang bercerita masalah pribadi, hanya membutuhkan pendengar tanpa harus mengadilinya.

Apa yang akan anda lakukan saat menghandapi masalah besar dalam pekerjaan?

Saya akan mencari akar masalah dalam mendapatkan solusi yang tepat, lalu menjalankan solusi itu untuk memperbaikinya. Saya juga akan melakukan pencegahan agar kejadian seperti itu tidak terulang lagi.

Mengapa anda pindah bekerja dari perusahaan yang sebelumnya?

Karena saya ingin pekerjaan yang lebih baik lagi, yang akan mengasah keterampilan saya dalam bekerja.

Apa halangan yang paling sulit yang anda temukan di perusahaan sebelumnya?

Biasanya adalah jam kerja yang tidak teratur, karena saya biasa bekerja di pagi hari dan juga di malam hari.

Apakah anda pernah membolos dalam bekerja?

Tidak pernah. Jikapun ada keadaan darurat yang membuat saya tidak masuk kerja, saya akan memberi kabar pada atasan.

Siapkah anda untuk bekerja lembur?

Saya siap dan bersedia.

Apa yang membuat anda tertarik untuk bekerja di perusahaan kami?

Baca Juga :   Contoh Laporan Perjalanan Wisata Lengkap

Karena perusahaan ini menawarkan pekerjaan yang memang sesuai, dengan pengalaman dan juga pendidikan saya. Sehingga saya bisa berkontribusi dalam memajukan perusahaan.

Seberapa baik anda mengenal perusahaan kami?

Setahu saya perusahaan ini mampu menghasilkan produk yang berkualitas, dan fasilitas yang diberi perusahaan pada karyawan pun lebih baik dari perusahaan lainnya.

Coba jelaskan rencana anda dalam 5 tahun ke depan?

Bila saya diterima bekerja di sini, maka dalam lima tahun ke depan saya harap saya sudah bisa menjadi supervisor. Maka saya akan mempelajari dan memahami ruang lingkup kerja dan tanggung jawab di posisi tersebut.

Siapkah anda menerima tanggung jawab pekerjaan yang lebih besar?

Saya tentu harus siap menerima tanggung jawab dalam perusahaan, dan juga posisi yang lebih tinggi untuk mencapai karir yang saya inginkan. Sehingga saya akan memacu diri saya untuk menjadi yang lebih baik.

Lingkungan pekerjaan yang bagaimana yang anda sukai?

Saya senang bekerja dalam lingkungan yang adil dan segala sesuatunya transparan. SOP nya jelas dan perkembangan karirnya pun bagus. Hukuman dan penghargaan dilakukan dengan cara yang objektif. Saya senang bekerja dengan rekan kerja yang optimis dan bersemangat.

Apakah anda bersedia bila ditempatkan di luar kota?

Saya bersedia.

Pertanyaan Seputar Gaji

Pertanyaan ini biasanya diajukan di akhir wawancara. Jumlah pertanyaannya tidak banyak, tetapi fokus dengan besar gaji yang anda minta.

Berapa gaji anda sekarang?

Gaji pokok 4 juta, ditambah dengan tunjangan dan bonus bulanan totalnya menjadi 5 juta.

Berapa gaji yang harapkan untuk posisi ini?

Saya berharap untuk mendapat gaji 8 juta.

Kami tidak bisa memenuhi permintaan anda. Seberapa banyak anda menurunkan permintaan gaji tersebut?

Bagaimana kalau 7 juta saja?

Dengan mengetahui beberapa contoh pertanyaan dan jawaban dalam wawancara tersebut, maka anda dapat mempersiapkan diri untuk wawancara kerja yang akan dilakukan. Anda bisa memodifikasi kembali jawaban dari pertanyaan di atas.

Sekian pembahasan mengenai cara menjawab interview yang baik dan benar. Semoga panduan tersebut membantu anda, saat melamar kerja dan saat melakukan sesi wawancara dengan perekrut.

Baca Juga :