7 Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

7 Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Lengkap

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Sel hewan memiliki bentuk yang lebih kecil, tidak tetap, memiliki lisosom dan sentrosom, tidak mempunyai dinding sel, plastid (kloroplas) dan vakuola. Sedangkan pada sel tumbuhan bentuknya lebih besar, tetap, mempunyai plastid (kloroplas), dinding sel dan vakuola, dan tidak mempunyai lisosom dan sentrosom.

Pada saat kita perhatikan lebih jelas, sel hewan dan tumbuhan memiliki perbedaan yang sangat jelas. Tumbuhan tidak bergerak dengan aktif seperti hewan, gerak tumbuhan juga pasif, dan hal tersebut disebabkan oleh bentuk sel tumbuhan yang kaku.

Mengapa bentuknya kaku? Karena tumbuhan tidak mempunyai dinding sel yang keras, yang menyebabkan sel pada tumbuhan lebih kaku. Lain halnya dengan sel hewan, yang tidak memiliki dinding sel sehingga sifatnya fleksibel dengan bentuk yang bisa berubah-ubah.

Bukan hanya dinding sel, tetapi masih banyak juga perbedaan diantara sel tumbuhan dan sel hewan lainnya.

7 Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Sel Hewan

  1. Ukuran sel hewan lebih kecil dibandingkan dengan sel tumbuhan.
  2. Tidak mempunyai plastid (kloroplas).
  3. Tidak mempunyai dinding sel.
  4. Mempunyai lisosom.
  5. Mempunyai sentrosom.
  6. Memiliki bentuk tidak tetap.
  7. Tidak mempunyai vakuola, walaupun ada yang memiliki vakuola tapi bentuknya kecil.

Sel Tumbuhan

  1. Ukuran sel tumbuhan lebih besar dibanding sel hewan.
  2. Pada umumnya mempunyai plastid (kloroplas).
  3. Mempunyai dinding dan juga membran sel.
  4. Tidak mempunyai lisosom.
  5. Tidak mempunyai sentrosom.
  6. Bentuknya tetap.
  7. Mempunyai vakuola dalam ukuran besar dan jumlahnya banyak.
Baca Juga :   Tenaga Endogen – Vulkanisme, Seisme Dan Tektoisme Lengkap

Penjelasan perbedaan sel hewan dan tumbuhan :

Bentuk dan Ukuran

Sel tumbuhan biasanya mempunyai ukuran sel yang lebih besar dengan bentuk persegi panjang. Sedangkan sel hewan bentuknya bulat saja.

Lisosom

Sel hewan memiliki organ lisosom di dalam sitoplasmanya, lisosom juga mengandung sejumlah enzim yang akan membantu di dalam pencernaan intraseluler. Atau adanya pemecahan zat di dalam sel hewan. Sel tumbuhan tidak mempunyai lisosom.

Plastida atau Kloroplas

Sel tumbuhan memiliki plastida, yang di dalamnya terdapat kloropas. Kloropas tersebut menjadikan tumbuhan dapat membuat makanan sendiri atau autotrof. Kloropas atau zat hijau daun memiliki fungsi sebagai tempat untuk berfotosintesis.

Sedangkan sel hewan tidak ada kloropas, sehingga hewan harus makan daging atau tumbuhan yang disebut dengan organisme heterotof.

Dinding Sel

Pada sel tumbuhan terdapat dinding sel dan juga membran plasma. Dinding sel pada tumbuhan fungsinya adalah untuk mempertahankan bentuk sel, dan memberi perlindungan terhadap sel tersebut. dinding sel tersebut terdiri dari selulosa dan hemiselulosa.

Lain halnya dengan sel hewan yang tidak mempunyai dinding sel, tetapi memiliki membran plasma. Yang fungsinya adalah sebagai batas luar pada sel hewan.

Sentriol

Sentriol adalah organel yang tidak ada di dalam sel tumbuhan, pada sel hewan sentriol ini akan membantu pergerakan kromosom selama proses pembelahan sel terjadi.

Vakuola

Sebagian besar sel tumbuhan mempunyai organel vakuola dengan ukuran yang besar. Vakuola ini mengandung air, zat sisa, cadangan makanan dan zat terlarut lainnya. Oleh sebab itu fungsi dari organel tersebut adalah sebagai gudang sel. Dalam beberapa sel hewan ada yang memiliki vakuola, tetapi ukurannya kecil.

Perbedaan lainnya dari ke-7 perbedaan sel hewan dan tumbuhan ini adalah asam amino. Yang dimana dalam sel tumbuhan seluruh asam amino tersebut akan disintesis. Sedangkan pada sel hewan hanya bisa menyintesis beberapa asam amino saja.

Baca Juga :   Contoh Hewan Omnivora Lengkap

Itulah pembahasan lengkap mengenai materi perbedaan sel hewan dan tumbuhan. Semoga dapat menambah wawasan anda, dan memberi manfaat.

Baca Juga :