9 Istilah Debat Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Dikuasai Terlengkap

Posted on

9 Istilah Debat Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Dikuasai Terlengkap

Hai, sahabat Tutorial Bahasa Inggris, Welcome to my web. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas atau menjelaskan mengenai beberapa istilah penting yang terdapat dalam bahasa inggris yang wajib atau harus kalian ketahui , yaitu mengenai Istilah Debat Dalam Bahasa Inggris.

Di dalam bahasa inggris biasanya kita sering atau pernah melakukan debat bukan ? dengan mengangkat beberapa tema seperti Dampak Narkoba atau yang lainnya.  Nah ternyata terdapat beberapa istilah dalam debat bahasa inggris yang wajib untuk kalian pahami . untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.

  1. Motion

Motion adalah jenis atau topic yang diperdebatkan, contohnya adalah mengenai Narkoba, Rokok atau kesehatan dan lain sebagainya. Dalam melakukan debat kita harus menemukan tema yang sesuai. Agar kita dapat melihat dari sisi pro dan kontra.

  1. Parameter

Parameter merupakan sebuah bentuk limitation of argument yang merupakan batasan dari argument atau alasan yang akan di gunakan. Sehingga setiap berdebat kita mempunyai alasan , supaya temanya tidak keluar dari jalur yang diperdebatkan.

  1. Team Split

Team Split adalah bagian-bagian yang akan di bicarakan oleh masing –masing speaker atau pembicara , dalam sebuah perdebatan terdapat 3 jenis atau macam speaker dan masing-masing nya mempunyai tugas atau peranan masing-masing . bagian yang akan mereka bicarakan pun masing-masing.

  1. Themeline

Themeline yaitu keseluruhan dari bentuk motion yang di ambil , atau dengan bahasa lain adalah garis besar dari suatu masalah yang terjadi dalam perdebatan.

  1. Matter

Matter merupakan bentuk materi yang di sampaikan , materi tersebut tentunya harus sesuai dengan motion atau mosi yang di ambil ketika melakukan debat.

Baca Juga :   Contoh Pidato Bahasa Inggris “  Tentang Pendidikan “  Beserta Artinya

  1. Manner

Manner adalah bentuk atau cara menyampaikan sebuah argument atau pendapat dalam bahasa inggris, cara penyampaian tersebut harus meyakinkan , jangan sampai menggunakan suara yang lembek atau halus. Body language juga sangat berperan penting pada saat penyampaian supaya dapat meyakinkan lawan bicara atau lawan debat.

  1. Method

Method adalah bentuk dari metode penyampaian , metode penyampaian yang di gunakan harus jelas dari first speaker hingga third speaker , jangan sampai semuanya tidak berstruktur.

  1. Timer

Timer adalah waktu ketika penyampaian pikiran , biasanya semakin lama justru semakin bagus, sehingga dapat mengulur waktu hingga waktu penyampaiannya habis dengan cara seolah-olah kalian sedang berfikir.

  1. Replay Speech

Replay Speech merupakan sebuah bentuk kesimpulan dari tiga argument yang menguatkan bagian kalian. Sehingga kesimpulan yang di buatpun harus kuat serta meyakinkan ketika menyampaikannya.

So, dengan adanya materi kali ini semoga kalian dapat menguasainya serta berguna untuk kalian semua ya. jangan lupa simak terus materi dari Tutorial Bahasa Inggris.

Baca Juga :