Adverb of Order : Pengertian, Rumus, Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Posted on

Adverb of Order : Pengertian, Rumus, Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Hai , sahabat Tutorial Bahasa Inggris, pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi yang berhubungan dengan Adverb , di dalam bahasa inggris tentunya kalian sudah mengetahui bahwa Adverb terbagi menjadi beberapa macam, dan khusus pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Adverb Order , simak penjelasan berikut ini.

 

Penjelasan Adverb Order , Beserta Rumus Dan Juga Contoh Dalam Bahasa Inggris

Adverb atau kata keterangan dalam bahasa inggris, memiliki fungsi untuk menjelaskan  kata kerja ( Verb ) atau untuk menjelaskan kata sifat ( Adjective ) .

Pengertian Adverb Order

Adverb Order merupakan Adverb yang memiliki fungsi untuk menyusun urutan ataupun susunan beberapa Adverb dalam satu kalimat. Tidak hanya kata sifat ( Adjective ) atau kata sifat yang dapat digunakan secara bersamaan dalam satu kalimat , namun Adverb ( Kata Keterangan ) ternyata dapat juga di gunakan secara bersamaan dalam satu kalimat.

 

Rumus Adverb Order

Dalam penyusunan Adverb Order, terdapat beberapa urutan yang diharuskan untuk diikuti sebagai rumus dalam menyusunnya, apabila tidak maka kalimat tersebut akan menjadi rancu , Berikut ini Adalah Rumus Penyusun Adverb Order

Subject + Verb + Object + Adverb of Manner + Adverb of Place + Adverb of Frequency + Adverb of Time + Adverb of Purpose

 

Sekilas Tentang Penjelasan Adverb Dalam Rumus

  1. Adverb of Manner

Adverb of manner adalah kata keterangan  yang menjelaskan bagaimana suatu tindakan terjadi dan biasanya menggunakan “ How “. Contoh : Seriously, quickly, easily, dan yang lain sebagainya.

 

  1. Adverb of Place

Adver of Place adalah kata keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan tempat, sehingga merupakan jawaban dari kata “ Where “ Contoh In Bali, In Jakarta, In Bandung dan lain sebagainya.

 

  1. Adverb of Frequency

Adverb of Frequency memiliki fungsi untuk menjelaskan sering atau tidaknya suatu peristiwa terjadi dan biasanya merupakan jawaban dari pertanyaan “ How often “. Contoh Always, Usually, Often, Seldom, Rarely  dan yang lainnya.

 

  1. Adverb of Time

Adverb of Time berfungsi untuk menjelaskan kapan suatu peristiwa terjadi , biasanya merupakan jawaban dari kata “ When “. Contoh yesterday, tomorrow, now, last week, next week.

 

  1. Adverb of Purpose

Adverb of Purpose memiliki fungsi untuk menjelaskan tujuan dari terjadinya suatu peristiwa.

 

Contoh Adverb Order Dalam Kalimat Bahasa Inggris

  • He studies hard at home every day at night to fulfill his duties ( Dia giat belajar dirumah setiap hari pada malam hari untuk memenuhi tugasnya )
  • I ran carefully to a crowded area in the morning to avoid a collision ( Aku berlari dengan hati-hati pada area ramai pada pagi hari untuk menghindari tabrakan )
  • I call my mother in my room at night to say I miss her ( Aku menelpon ibuku di kamarku pada malam hari untuk mengatakan aku merindukannya )
  • Rani works hard in the office every day in the morning to prepare for the renovation of her house ( Rani bekerja keras di kantor setiap hari pada pagi hari untuk mempersiapkan renovasi rumahnya )
  • I watch a movie in the cinema every week in my free time to fill my time ( Aku menonton sebuah film di bioskop setiap minggu pada waktu luang untuk mengisi waktuku )

Kesimpulan : Adverb Order merupakan susunan dalam menyusun beberapa Adverb atau kata keterangan yang terdapat dalam satu kalimat .

 

Demikianlah materi kali ini, semoga dapat menambah wawasan dan juga ilmu pengetahuan untuk kalian semua, nantikan terus artikel dari Tutorial Bahasa Inggris.

 

Baca Juga :

 

Baca Juga :   Sentence Adverb : Pengertian Dan Penggunaan Beserta Contoh Kalimat