Analytical Exposition : Pengertian, Fungsi, Ciri Dan Generic Structure Beserta Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Posted on

Analytical Exposition : Pengertian, Fungsi, Ciri Dan Generic Structure Beserta Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Hello sahabat Tutorial Bahasa Inggris, welcome to my web. Pada Kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu jenis teks di dalam bahasa inggris yaitu  mengenai Analytical Exposition “ . analytical expotision termasuk kedalam exposition text dalam bahasa inggris. Nah, tahukah kalian apa yang di maksud dengan Analytical Exposition ?

Exposition text terbagi menjadi dua bagian yaitu “ Hortatory Exposition “ dan “ Analytical Exposition “ sekilas mengenai hortatory exposition , adalah sebuah teks dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk membujuk atau meyakinkan par pembaca terhadap suatu hal yang terjadi . Lalu apakah yang di maksud dengan analytical exposition ? langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.

 

Definisi Analytical Exposition

Analytical Exposition adalah sebuah teks di dalam bahasa inggris mengenai eksposisi yang menjelaskan atau memaparkan pendapat sang penulis terhadap suatu hal yang terjadi. Hal tersebut biasanya berupa isu atau fenomena hangat yang sedang terjadi dalam masyarakat atau di kehidupan sehari-hari.

 

Fungsi Analytical Exposition

Analytical Exposition mempunyai fungsi untuk meyakinkan para pembaca atau pendengar bahwa tema atau materi yang di angkat dan di sampaikan menarik untuk di bahas melalui pendapat-pendapat serta alasan yang di paparkan .

Baca Juga :   Descriptive Text , Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Ciri, Dilengkapi Contoh Bahasa Inggris

 

Ciri Analytical Exposition

  • Analytical exposition menggunakan simple present tense
  • Banyak menggunakan kata hubung ( Conjuction )
  • Berisi argumen-argumen
  • Menggunakan kata-kata yang mengandung sebab akibat

Generic Structure Analytical Exposition

Generic structure dalam analytical exposition terbagi dalam tiga bagian, antara lain sebagai berikut :

  1. Thesis : Pada Analytical Exposition thesis berisikan pengenalan atau pemaparan terhadap tema atau materi yang akan di bahasa atau di sampaikan oleh penulis.
  2. Argument : Argument adalah pendapat atau opini , argument dalam analytical exposition berisi pendapat-pendapat atau opini yang di paparkan oleh sang penulis mengenai isu atau topik yang di jadikan tema.
  3. Reiration : Reiration berupa kesimpulan yang berupa penulisan kembali ide pokok , reiration selalu terdapat pada bagian akhir paragraf analytical exposition.

 

Contoh Analytical Exposition Dalam Kalimat Bahasa Inggris Dan Artinya

Obesity

 

Having a body that is too fat is generally known as obesity. This is defined by too much fat and calories in the body. Obesity or being overweight has the potential to cause a high risk of health problems.

Obesity is recognized as the main factor for developing heart disease, due to excessive weight the heart will work harder in pumping blood. This can cause a heart attack. besides obesity can also trigger an increase in cholesterol levels in the blood and blood pressure. Being overweight can also change the amount of sugar in the blood. This, will cause diabetes and other serious diseases.

Besides all that, obesity is also often avoided by young women. They say if excessive weight will disrupt and reduce their physical beauty.

More serious studies are needed to see and deal with the effects of obesity. However, this is quite clear if being overweight or obese is not very good for health.

Baca Juga :   Discussioan Text : Pengertian, Ciri , Generic Structure Dan Contoh Dalam Bahasa Inggris

 

Terjemahan :

Obesitas

 

Memiliki badan yang terlalu gemuk umumnya di kenal dengan istilah obesitas. Hal tersebut di definisikan dengan terlalu banyaknya lemak serta kalori dalam tubuh. Obesitas atau kelebihan berat badan berpotensi menyebabkan resiko tinggi terhadap masalah kesehatan.

Obesitas di akui sebagai faktor utama untuk mengidap penyakit jantung , dikarenakan berlebihan berat badan jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah. Hal tersebut dapat  menyebabkan terjadinya serangan jantung . selain itu obesitas juga dapat memicu naiknya kadar kolestrol dalam darah dan tekanan darah. Kelebihan berat badan juga dapat mengubah kadar jumlah gula dalam darah. Hal tersebut, akan menyebabkan timbulnya penyakit diabetes dan penyakit lainnya yang serius.

Di samping semua itu, obesitas juga sering kali banyak di hindari oleh wanita muda. Mereka mengatakan jika berlebihan berat badan akan mengganggu serta mengurangi keindahan fisik mereka.

Diperlukan studi yang lebih serius untuk melihat serta menangani efek dari obesitas. Akan tetapi, hal ini cukup jelas jika kelebihan berat badan atau obesitas itu sangat tidak baik untuk kesehatan.

 

Demikianlah materi kali ini mengenai Analytical Exposition , semoga bermanfaat untuk sahabat Tutorial Bahasa Inggris sekalian, simak terus ya materi dari kamu , selamat belajar.

 

Baca Juga :