Analytical Exposition Vs Hortatory Exposition  : Pengertian , Perbedaan Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Lengkap

Posted on

Analytical Exposition Vs Hortatory Exposition  : Pengertian , Perbedaan Dan Generic Structure Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Lengkap

Hai sahabat Tutorial Bahasa Inggris, Welcome to my web. Sahabat, kali ini kita kan membahas suatu text dari beberapa jenis text yang ada dalam bahasa inggris . Seperti yang sudah kita semua ketahui, Exposition adalah salah satu dari jenis text yang sering kali di bahas dalam kalimat bahasa inggris. Exposition text adalah sebuah text yang mempunyai tujuan yang bersifat persuasive atau untuk memengaruhi orang lain dengan pendapat atau opini dari si pembaca, pada umumnya exposition sering di gunakan dalam diskusi, pidato debat dan yang lainnya.

Dalam bahasa inggris exposition terbagi menjadi 2 jenis yaitu , “ Analytical Exposition dan Hortatory Exposition “ , untuk mengetahui penjelasan lengkap serta perbedaan di antara keduanya , langsung saja simak penjelasan berikut ini .

Pengertian Analytical Exposition

Analytical Exposition adalah text yang di buat dengan tujuan untuk meyakinkan para pembaca atau pendengar mengenai pendapat atau opini sang penulis.

Generic Structure Analytical Exposition Text

  • Thesis : Thesis yang di gunakan dalam teks ini berisi pernyataan yang di ungkapkan oleh sang penulis dan biasanya menggunakan kalimat, “ According to me, I think dan yang lain sebagainya.
  • Arguments : Pada Analyticala Exposition argument berisikan alasan-alasan yang mendukung tentang pernyataan atau pendapat. Pada umumnya argument tersebut akan di awali dengan urutan Firstly, secondly, thirdly dan seterusnya
  • Conclusion : Berisi kesimpulan dari pertanyaan yang telah di ungkapkan atau di sampaikan oleh sang penulis.

 

Hortatory Exposition

Hortatory Exposition adalah bentuk dari suatu teks yang mempunyai fungsi untuk menjelaskan mengenai suatu hal dan berfungsi juga untuk mempengaruhi pembaca atau pendengarnya .

Generic Structure  Hortatory Exposition

  • Thesis : Pada Hortatory Exposition thesis berisi mengenai suatu pernyataan dari suatu permasalahan yang terjadi , biasanya di tandai dengan kalimat in my opinion , according to me , for me dan lain
  • Arguments : Argument dalam hortatory exposition sama dengan alasan yang di gunakan untuk mendukung pernyataan atau ungkapan yang telah di sampaikan. Biasanya argument di awali dengan kalimat , firstly, secondly , thirdly dan seterusnya.
  • Recommendation : Recommendation berisi saran yang di berikan oleh sang penulis mengenai kalimat yang telah di ucapkan , recommendation biasanya menggunakan kalimat, shold, shouldly dan yang lain sebagainya .
Baca Juga :   Descriptive Text , Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Ciri, Dilengkapi Contoh Bahasa Inggris

 

Fitur  Bahasa Analytical Exposition dan Hortatory Exposition

  1. Menggunakan simple present tense
  2. Menggunakan kata modal
  3. Menggunakan kata kerja ( Action Verb )
  4. Menggunakan kata kerja pemikiran
  5. Menggunakan kata keterangan ( Adverb )
  6. Menggunakan kata sifat ( Adjectives )
  7. Menggunakan istilah teknis
  8. Menggunakan kata benda umum dan abstrak
  9. Menggunakan connectives/transisi

 

Perbedaan Analytical Exposition Dan Hortatory Exposition

  • Analytical Exposition : Paragraf terakhir pada Analytical Exposition berupa kesimpulan atau conclusion.
  • Hortatory Exposition : Sedangkan Pada Hortatory Exposition di bagian paragraf terakhirnya berupa saran atau recommendation.

 

Contoh Analytical Exposition Dan Hortatory Exposition Beserta Artinya

  1. Analytical Exposition

Is smoking good for us?

 

Thesis

Before we smoke, it would be better if we see the true reality. In the UK, around 50 thousand people die each year due to the direct result of smoking. the number shows that seven times more than died due to accidents on the highway. Nearly a quarter of smokers die because of diseases caused by smoking habits.

Arguments 1

Ninety percent of the contributors to death are from lung cancer caused by smoking habits. If you smoke five cigarettes a day, you are six times more likely to die of lung cancer compared to non-smokers. Imagine what if we smoke twenty cigarettes a day, then the risk that we have to face is about nineteen times greater. According to a health survey, ninety-five percent of people who suffer from bronchitis are people who have a smoking habit. Smokers are two and a half times more likely to die of heart disease than non-smokers.

Argument 2 :

In addition, children from a smoker are more likely to develop bronchitis and pneumonia. when non-smokers are in a smoky room for one hour, the non-smoker inhales cancer-causing substances as if he had smoked fifteen cigarettes.

 

Conclusion :

For tobacco companies smoking is really good for them because they make or earn a lot of money from smoking habits. But smoking habits are not good for health for smokers themselves and also for other people.

Baca Juga :   √ 5 Contoh Recount Text Singkat Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Terjemahan :

Apakah Merokok Baik untuk kita ?

 

Sebelum kita merokok, alangkah lebih baik jika kita melihat kenyataan yang sebenarnya.  Di inggris , sekitar 50 ribu orang meninggal setiap tahunnya di karena kan akibat langsung dari merokok . angka tersebut menunjukan bahwa tujuh kali lebih banyak dari pada meninggal akibat kecelakaan di jalan raya. Hampir seperempat dari perokok meninggal dunia karena penyakit yang di sebabkan oleh kebiasaan merokok.

Sembilan puluh persen penyumbang angka kematian adalah berasal dari kanker paru-paru yang di sebabkan oleh kebiasaan merokok.  Jika dalam sehari kita merokok sebanyak lima batang , maka enam kali lebih kemungkinan untuk meninggal akibat kanker paru-paru di bandingkan dengan non-perokok.  Bayangkan bagaimana jika kita merokok dua puluh batang dalam sehari , maka timbulnya resiko yang harus kita hadapi adalah sekitar Sembilan belas kali lipat lebih besar.  Menurut survey kesehatan, Sembilan puluh lima persen orang yang menderita bronkitis adalah orang-orang yang mempunyai kebiasaan merokok. Para perokok dua setengah kali lebih mungkin untuk meninggal karena penyakit jantung di bandingkan dengan non-perokok.

Selain itu, anak dari seorang perokok lebih mungkin untuk mengidap bronkitis dan pneumonia . ketika non-perokok berada di dalam ruangan yang berasap sema satu jam , maka non-perokok tersebut menghirup zat-zat penyebab kanker seolah-olah ia telah merokok lima belas batang rokok.

Bagi perusahaan tembakau merokok merupakan hal yang benar-benar baik untuk mereka karena mereka menghasilkan atau mendapatkan banyak uang dari kebiasaan merokok. Namun kebiasaan merokok sangat tidak baik untuk kesehatan bagi perokok itu sendiri dan juga orang lain .

 

  1. Hortatory Exposition

The Importance of Speaking English

 

Thesis

English today has a very important role in our daily lives. English is a great way or medium in communication in the world. Is there a strong argument that says or states that English will not provide any benefits?

 

Argument 1

Learning to speak or communicate with English properly and correctly will probably be the best way to improve our standard of living. It seems that everyone in the world has agreed to use English as a language that is very important in communicating to talk to one another. In comparison, around 1500 million people in the world communicate in English and 1,000,000,000 people in the world are still learning English.

 

Argument 2

If we can communicate in English, of course we can travel more easily. English is used and spoken by more than 100 countries in the world. If we control English, when we are in a foreign country, we can use English to ask for help.

Baca Juga :   Contoh Descriptive Text Tentang “ Menara Eiffel “ Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

 

Argument 3

That is why we have to be able to communicate in English, to make it easier for us when in a country where the majority uses English, generally English is always used in all places or locations.

 

Recommendations

Therefore, never be afraid to speak or learn English. We must try to speak, there are many places that teach English like English courses, we are thirsty to try and don’t be afraid if we make mistakes in speaking English, so speak as much English as possible.

 

Terjemahan :

Pentingnya Berbicara Bahasa Inggris

Bahasa Inggris saat ini mempunyai peranan yang sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari kita. Bahasa Inggris merupakan cara atau media yang besar dalam komunikasi di dunia. Apakah terdapat argumen yang kuat yang mengatakan atau menyatakan bahwa Bahasa Inggris tidak akan memberikan manfaat apapun ?

Belajar berbicara atau berkomunikasi dengan bahasa inggris dengan baik dan benar mungkin akan menjadi cara yang terbaik untuk meningkatkan taraf hidup kita. Sepertinya semua orang di dunia telah sepakat untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa yang sangat penting dalam berkomunikasi guna berbicara terhadap satu dengan yang lain. Perbandingannya sekitar 1500000000 orang di dunia berkomunikasi dengan bahasa inggris dan 1000000000 orang di dunia masih mempelajari bahasa inggris.

Jika kita dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris , tentunya kita dapat melakukan perjalanan dengan lebih mudah . bahasa inggris digunakan dan di tuturkan lebih dari 100 negara yang ada di dunia. Jika kita menguasai bahasa inggris , ketika kita berada di suatu Negara asing , kita dapat menggunakan bahasa inggris untuk meminta bantuan.

Itulah mengapa sebabnya kita harus bisa berkomunakasi dalam bahasa inggris , untuk memudahkan kita ketika berada di Negara yang mayoritas menggunakan bahasa inggris , pada umumnya bahasa inggris selalu digunakan di semua tempat atau lokasi .

Maka dari itu , jangan pernah takut untuk berbicara atau belajar berbahasa inggris. Kita harus mencoba untuk berbicara , banyak tempat – tempat yang mengajarkan bahasa inggris seperti kursus bahasa inggris, kita haus berani mencoba dan jangan takut jika melakukan kesalahan dalam berbicara bahasa inggris, jadi berbicara bahasa inggris sebanyak mungkin.

 

Materi kali ini adalah materi yang sering sekali kita temukan dalam bahasa inggris , semoga artikel yang Tutorial Bahasa Inggris berikan bermanfaat dan dapat membantu proses belajar kalian , selamat belajar and see you on my next article.

 

Baca Juga :