Appositive Adjective : Pengertian , Bentuk Dan Fungsi Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Posted on

Appositive Adjective : Pengertian , Bentuk Dan Fungsi Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Hai sahabat Tutorial Bahasa Inggris, welcome to my web. Sudah siap untuk menerima materi baru ?  pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai  “ Appositive Adjective “, tentunya kalian sudah sering mendengar dan mengetahui Adjective (  Kata sifat ) di dalam bahasa inggris, namun mungkin jarang atau bahkan belum pernah mendengar mengenai Appositive , berikut ini admin akan membahasnya satu persatu beserta contoh penggunaannya di dalam kalimat bahasa inggris .

Pengertian Dan Penjelasan , Bentuk Dan Juga Fungsi Appositive Adjective Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Sekilas mengenai Adjective ( Kata Sifat ) adalah bentuk dari part of speech yang memiliki fungsi untuk menjelaskan kata benda. Sedangkan Appositive merupakan kata benda yang mengulang kata benda lain yang berada di sampingnya. Appositive juga merupakan kombinasi atau campuran dari kata benda baik panjang atau pun pendek, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai Appositive Adjective dalam kalimat bahasa inggris.

 

Pengertian Appositive Adjective

Appositive Adjective merupakan gabungan atau kombinasi rangkaian kata sifat ( Adjective ) yang di letakkan setelah Noun ( Kata Benda ) dan biasanya di pisahkan dengan koma atau pun dengan tanda strip.

Fungsi Appositive Adjective

Sama seperti halnya dengan Adjective yang lainnya, atau bentuk kata sifat yang lainnya, Appositive Adjective mempunyai fungsi untuk menjelaskan Noun ( Kata Benda ) yang diikutinya. Contoh nya adalah Sebuah buku yang tebal  atau sebuah Danau yang Indah . Kata tebal dan indah merupakan bentuk dari Adjective ( Kata Sifat ) yang mengikuti Noun ( Kata Benda ) yang berupa sebuah buku ataupun sebuah danau.

Baca Juga :   Perbedaan Antara “ How do you do “ dan “ How are you “

Bentuk Appositive Adjective

Appositive Adjective terbagi menjadi 3 bentuk di dalam bahasa inggris, yaitu sebagai berikut :

  1. Adjective sebelum Noun ( Sebelum kata benda )
  2. Adjective setelah Noun ( setelah kata benda )
  3. Adjective setelah determiner

example :

  • Adjective sebelum Noun, contohnya : a big and expensive bag is mine ( sebuah tas yang besar dan mahal itu adalah milikku )
  • Adjective setelah Noun, contohnya : The bag , big and expensive is mine ( sebuah tas yang besar dan mahal adalah milikku )
  • Adjective selah determiner , contohnya : The big and expensive , the bag is mine ( besar dan mahal , tas itu adalah milikku )

 

Contoh Appositive Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa contoh dari Appositive Adjective di dalam kalimat bahasa inggris :

  1. Titanic is the inspiring and breathing film that I have been watched ( Titanic adalah film yang menginspirasi dan mengharukan yang pernah saya tonton )
  2. my hair is short but thick and smooth, making many people like it ( Rambutku pendek namun tebal dan halus membuat banyak orang menyukainya )
  3. Alisa a fat but beautifull child , is currently studying in kindergarten ( Alisa. Anak yang gemuk namun cantik, saat ini sedang belajar di taman kanak-kanak )
  4. He is a lover who is ignorant but merciful to me  ( Dia adalah seorang kekasih yang cuek namun penyayang untukku )
  5. this book is thin but useful for students ( Buku ini tipis namun bermanfaat untuk para pelajar )
  6. I bought a cute, fat cat and was of persian descent ( Aku membeli kucing gemuk, lucu dan merupakan keturunan Persia )
  7. I don’t like this car, to smell and slow ( Aku tidak suka mobil ini bau dan lambat )

Kesimpulan :

Appositive Merupakan gabungan atau kombinasi dari Adjective ( Kata Sifat ) yang terletak baik sebelum ataupun sesudah Kata Benda ( Noun )

Baca Juga :   √ Perbedaan “ Choose Vs Select ” Beserta Contoh Dalam Bahasa Inggris Lengkap

 

Demikianlah materi kali ini, semoga bermanfaat dan membantu proses belajar bahasa inggris kalian, jangan lupa simak terus materi dari Tutorial Bahasa Inggris, terimakasih .

 

Baca Juga :