Arti Implementasi : Pengertian, Tujuan, dan Contohnya Lengkap

Posted on

Arti Implementasi : Pengertian, Tujuan, dan Contohnya Lengkap

Arti Implementasi – Penerapan/tindakan yang dilakukan berdasarkan rencana yang sudah disusun/dibuat dengan cermat dan terperinci sebelumnya. Pengertian lainnya yaitu tindakan/aksi yang nyata dalam melaksanakan rencana yang sudah dirancang dengan matang. Implementasi hanya bisa dilakukan jika telah ada perencanaan dan bukan hanya tindakannya saja.

Implementasi ini juga bermuara pada mekanisme dalam suatu sistem. Penerapannya harus sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat, supaya hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan.

Arti Implementasi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Prof. Tachjan (2006), arti implementasi adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan setelah adanya kebijakan.
  2. Menurut Budi Winarno, pengertian implementasi adalah tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu, yang ditunjuk untuk menyelesaikan tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  3. Menurut Hanifah Harsono (2002:67), arti implementasi adalah proses dalam melaksanakan kebijakan menjadi tindakan dari politik ke administrasi. Pengembangan kebijakan ini dalam rangka sebuah program.
  4. Menurut Nurdin Usman (2002:70), pengertian implementasi adalah sesuatu yang bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan atau aktivitas yang dilakukan secara sistematis dan terikat oleh mekanisme. Sehingga implementasi bukan hanya sekadar aktivitas saja, tapi juga kegiatan terencana untuk mencapai tujuan.
  5. Menurut Solichin Abdul Wahab (1997:63), arti implementasi adalah seluruh tindakan yang dilakukan, baik individu/kelompok dalam pemerintah/swasata. Yang diarahkan pada tercapainya tujuan yang sudah ditentukan dalam keputusan kebijakan.
  6. Menurut Pressman dan Wildavsky, arti implementasi adalah tindakan untuk melaksanakan, mewujudkan, dan menyelesaikan kewajiban maupun kebijakan yang telah dirancang.

Tujuan Implementasi

  1. Melaksanakan rencana yang sudah disusun dengan cermat, baik oleh individu/kelompok.
  2. Menguji dan mendokumentasikan prosedur dalam penerapan rencana/kebijakan.
  3. Mewujudkan beberapa tujuan yang akan dicapai dalam perencanaan/kebijakan yang sudah dirancang.
  4. Mengetahui kemampuan masyarakat dalam menerapkan kebijakan/rencana sesuai dengan yang diharapkan.
  5. Mengetahui tingkat keberhasilan dari suatu kebijakan/rencana yang sudah dirancang demi perbaikan atau peningkatan mutu.
Baca Juga :   Perusahaan Perseorangan : Pengertian, Syarat dan Ciri-Cirinya Lengkap

Contoh Implementasi

1. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang mengajarkan nilai luhur yang harus dilakukan dalam kehidupan berbangsa/bernegara. Nilai pancasila itu menjadi pedoman untuk masyarakat Indonesia serta menjadi moral kehidupan.

Nilai pancasila ini harus diimplementasikan oleh masyarakat Indonesia, supaya tujuan dalam berbangsa dan bernegara bisa dicapai. Bentuk implementasi dari pancasila adalah :

  • Menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kegiatan kerja bakti secara bergotong-royong.
  • Menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat dengan cara memperkuat kesatuan dan persatuan masyarakat dan bersama-sama mengamankan lingkungan sekitar.
  • Memberikan pertolongan kepada tetangga yang membutuhkan, terutama mereka yang terkena musibah.

2. Implementasi Kebijakan Publik

Pemerintah mempunyai kebijakan setiap mengeluarkan kebijakan publik, misalnya kebijakan politik dalam bidang pendidikan. Setiap kebijakan publik dalam bidang pendidikan, tentu ada tujuan yang ingin dicapainya. Contohnya :

  • Pergantian kurikulum yang tujuannya agar pendidikan di Indonesia semakin maju.
  • Pemberian bantuan dana operasional sekolah (BOS) yang bertujuan untuk membantu membangun dan memperbaiki sekolah sehingga menjadi tempat belajar yang nyaman bagi siswa.
  • Penerapan pendidikan budaya dan karakter di sekolah agar generasi muda penerus bangsa memiliki pengetahuan tentang budaya Indonesai dan agar mereka memiliki moral yang lebih baik.

Demikianlah Arti Impelementasi yang disertai dengan tujuan dan contohnya secara lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :