Berbagai Manfaat Pemanasan dan Cara Melakukannya Lengkap

Posted on

Berbagai Manfaat Pemanasan dan Cara Melakukannya Lengkap

Pemanasan – Pemanasan sebelum melakukan olahraga ini sangat penting. Setidaknya lima menit sebelum berolahraga, hal itu bisa mencegah cedera dan menjadikan olaharaga lebih efektif. Pemanasan dapat dilakukan dengan beragam cara. Bisa disesuaikan juga dengan jenis olaharaga apa yang anda lakukan.

Sebuah pemanasan yang tepat, akan membantu tubuh lebih siap untuk berolahraga. Dengan pemanasan, otot juga menjadi lebih lentur dan panas sehingga bisa merespon dan melakukan gerakan dengan lebih baik lagi.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan merupakan kegiatan yang tak boleh diabaikan sebelum anda mencapai inti dari gerakan olahraga yang diinginkan. Berikut manfaat pemanasan :

  • Meningkatkan aliran darah sehingga menaikkan suhu otot yang membuat serat kolagen menjadi lebih elastis.
  • Meningkatkan detak jantung.
  • Melepaskan adrenalin.
  • Memungkinkan sendi bekerja lebih efisien.
  • Memungkinkan oksigen dalam darah beredar lebih cepat dengan volume lebih tinggi.
  • Memicu aktivitas enzim sekaligus menghilangkan asam laktat.
  • Meningkatkan metabolisme otot.
  • Memecah glikogen sehingga menghasilkan energi.
  • Meningkatkan elastisitas pada serat otot.
  • Meningkatkan kekuatan dan kecepatan kontraksi.
  • Meningkatkan konduksi impuls saraf.

Cara Melakukan Pemanasan

Pemanasan bisa dilakukan dengan cara apa saja, misalnya jalan kaki di tempat atau treadmill. Atau bisa juga dengan menggunakan sepeda statis dengan kecepatan serta intensitas yang rendah. Mulai dengan perlahan, kemudian tambah kecepatan secara bertahap. Jalan cepat atau jogging juga bisa menjadi pilihan. Berikut ini beberapa gerakan pemanasan ringan yang bisa anda lakukan :

  1. Jalan di tempat kira-kira tiga menit, lalu jalan ke depan dan ke belakang. Gerakkan lengan ke atas dan bawah sesuai irama kaki. Tekuk siku dan mengepalkan tangan ketika menggerakkan lengan.
  2. Angkat salah satu kaki dengan posisi lutut menekuk 90 derajat selama setidaknya 30 detik. Upayakan agar lutut menyentuh siku tangan yang berlawanan. Tegakkan punggung dan kencangkan paha. Selesai melakukan pada satu kaki, ganti dengan kaki lain.
  3. Jalan di tempat, kemudian putar bahu ke depan dan ke belakang masing-masing sebanyak delapan hitungan. Ulang hingga 10 kali. Bebaskan tangan kanan dan kiri selama melakukannya.
  4. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Rentangkan kedua tangan ke depan, tekuk lutut, dan turunkan bokong setinggi paha. Tahan beberapa lama dan lepaskan.
Baca Juga :   Olahraga Lari : Sejarah, Pengertian, Macam, Teknik, Dan Nomor Larinya Lengkap

Sesudah pemanasan, lakukan peregangan dengan gerakan berpindah perlahan. Peregangan adalah salah satu bagian dalam pemanasan, atau satu-satunya gerakan pemanasan. Lalu lakukan peregangan di awal pemanasan.

Sebaiknya pemanasan tidak melibatkan peregangan otot karena belum panas. Usahakan mulai pemanasan dengan gerakan aerobik ringan, agar bisa memompa darah ke jaringan tubuh sebelum dilakukan peregangan. Setelah itu, barulah melakukan peregangan.

Perhatikan juga teknik peregangan, karena teknik yang salah bisa menyebabkan cedera. Peregangan ini bisa dilakukan dengan gerakan yoga, jalan kaki, atau jogging. Sama halnya dengan pendinginan, juga penting dalam berolahraga. Lakukan peregangan dengan tarikan napas sekitar 5-10 menit agar bisa membantu tubuh meredakan tekanan darah, dan membuat detak jantung normal perlahan-lahan. Pendinginan penting dilakukan, karena jika olahraga berhenti begitu saja maka kepala bisa menjadi pusing.

Sekian pembahasan tentang Pemanasan dalam olahraga yang meliputi manfaat dan cara melakukannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda melakukan pemanasan dengan baik sebelum berolahraga.

Baca Juga :