Buaya Terbesar di Dunia Yang Menghebohkan Sepanjang Sejarah Lengkap

Posted on

Buaya Terbesar di Dunia Yang Menghebohkan Sepanjang Sejarah Lengkap

Buaya Terbesar Di Dunia – Buaya adalah salah satu jenis binatang buas yang berbahaya. Meskipun masih ada manusia yang berinteraksi langsung dengan buaya. Ada banyak jenis buaya. Namun bentuk tubuh semua jenisnya hampir sama, hingga banyak orang yang tak dapat membedakan jenis buaya tersebut.

Tahukah anda, bahwa di dunia ini ada banyak jenis buaya dengan ukuran yang sangat besar. Berikut penjelasan lengkapnya.

Buaya Terbesar di Dunia

Puento noire

Buaya yang bernama puento noire ini adalah  buaya yang di temukan oleh Afrika tepatnya di daerah Kongo. Buaya ini di temukan dengan ukuran kurang lebih 17,17 kaki atau sekitar 5, 35 meter. Jika dilihat dari ukurannya yang besar, memang sangat menakutkan dan bahaya karena bisa menerkam manusia. Jenis buata puento noire ini ditemukan saat sudah mati, dan nama puento noire ini bukan nama sebenarnya. Penduduk Kongo lah yang memberi nama itu, karena mereka menemukannya saat buaya ini sudah mati.

Gomek

Buaya muara dengan nama gomek ini adalah buaya yang di temukan dengan berat yang mencapai 1.114.27 kilo gram dengan ukuran panjang tubuh kurang lebih 7, 1 meter. Ukuran buaya gomek ini bisa terus bertambah, tergantung pada jenis makanan yang dimakannya. Konon, buaya ini tidak menyerang manusia seperti buaya pada umumnya.

Buaya muara ini adalah buaya yang di temukan dan di tangkap di Papua Nugini yang kemudian di beli oleh Terri serta Arthur Jones di tahun 1985. Buaya gomek ini kemudian di bawa ke Florida dan tinggal di sama selama 5 tahun yang kemudian di jual kepada taman St augustine alligator farm zoological.

Gomek adalah salah satu atraksi yang paling disukai pengunjung dalam waktu 8 tahun. Lalu gomek mati di tahun 1997 dan sempat menjadi buaya tertua di penangkaran, karena berhasil hidup selama 80 tahun lamanya.

Baca Juga :   8 Ciri Rahim Sehat Dan Subur Serta Ciri Rahim Bermasalah Lengkap

Cassius

Buaya cassius ini adalah buaya yang terbesar yang pernah ada dipenangkaran bahkan buaya ini juga tercatat di dalam buku yakni Guinnes book of world records di tahun 2011. Buaya ini memiliki berat kurang lebih 968 kilo gram.

Buaya inilah yang menjadi penyebab kapal yang melintasi Northern territory yang ada di sepanjang sungai Finniss dan pada akhirnya di tangkap pada tahun 1984. Menurut hasil penelitian buaya ini diperkirakan bisa hidup sampai 110 tahun, dengan panjang tumbuh sekitar 5,5 meter di seluruh Australia. nama Cassius berasal dari petinju legendary kelas berat yakni Cassius clay.

Yai dan Utan

Kedua buaya ini adalah buaya campuran dari buaya muara dan buaya siam. Buaya ini muncul pertama kali pada tahun 1972. Kedua jenis buaya ini mempunyai panjang tubuh kurang lebih sekitar 6 meter dan memiliki berat yang mencapai 1.114. 27 kg.

Yai adalah buaya hibrida estuara-Siam yang mana buaya ini berada di Samut Prakan Crocodile Farm and Zoo yang ada di Negara Thailand. Panjang tubuh dari buaya yai ini ialah sekitar 5,5 sampai 6 m. sama dengan gomek, yai juga memiliki toleransi yang tinggi pada orang yang jadi pengumpannya. Pengasuhnya pun bisa menyentuhnya dan membersihkannya tanpa rasa takut. Pengunjung yang datang juga bisa melihatnya dari dekat.

Buaya utan adalah buaya dengan jenis hibrida antara buaya siam dan air asin. Buaya utan ini tahir pada tahun 1964 dengan berat yang mencapai 2000 lbs dengan panjang yang lebih dari 18 kaki. Buaya utan pertama kali di temukan di sebuah peternakan buaya samut prakan yang jaraknya 12 mil dari luar Bangkok.

Buaya ini tinggal di alligator adventure yang menjadi fasilitas reptile yang ada di salah satu tempat wisata yang terkenal di Carolina Selatan.

Baca Juga :   Pengertian Konsep : Fungsi, Unsur Dan Karakteristiknya Lengkap

Brutus

Buaya ini hanya mempunyai tiga anggota badan. Buaya brutus juga menjadi perbincangan karena ia kehilangan kaki depannya, akibat dari perkelahiannya dengan hiu banteng di muara sungai. Sempat menjadi perbincangan hangat juga, seberat apa hiu banteng tersebut.

uaya brutus memiliki panjang badang yang kurang lebih sekitar 5,6 meter atau 18 kaki 4 inci dan memiliki berat sekitar kurang lebih satu ton. Buaya ini dijuluki buaya monster karena ukuran panjang dan beratnya yang semakin besar. Bahkan tubuhnya bisa terus tumbuh melebihi ukuran aslinya.

Bujang Senang

Buaya bujang senang ini adalah buaya dengan spesies Crocodylus porosus yang mana memiliki ukuran kurang lebih sekitar 20 kaki atau 6,6 meter. Buaya ini diberi nama oleh masyarakat Sri Aman, Sarawak Malaysia. Ciri khasnya yaitu jalur putih yang ada di bagian belakang tubuhnya. Sejak tahun 1941 buaya ini sudah merajalela, dan sudah ada ratusan orang yang pernah dimangsanya.

Gustave

Jenis buaya ini terkenal sangat mengerikan. Ular piton pun tidak ada apa-apanya dibanding buaya gustave ini. buaya Gustave adalah buaya dengan badan sepanjang 25 kaki dengan berat badan kurang lebih satu ton. Yang juga aktif sebagai pembunuh pada sejarah awal kemunculannya. Sudah ratusan orang juga yang dibunuh oleh buaya ini.

Namun hingga saat ini buaya gustave belum ditemukan karena kecerdikannya dalam bersembunyi. Ia juga merupakan buaya jantan yang mana di temukan di Burundi, Benua Afrika. Di daerah tersebut memiliki banyak laut dan danau. pada tahun 1990 gustave sudah memiliki berat badan yang mencapai 250 kilo gram.

Ciri tubuhnya yaitu punya banyak luka karena ia sering diburu oleh para pemburu. Luka yang diperoleh dari tombak, goresan, dan senjata api. Bahkan pernah ada ilmuwan yang memberi jebakan pada buaya ini, tetapi ia bisa melewati jebakan tersebut.

Baca Juga :   Perusahaan Perseorangan : Pengertian, Syarat dan Ciri-Cirinya Lengkap

Dominator

Buaya yang satu ini merupakan buaya air asin yang memiliki panjang tubuh 6 meter, yang bisa melonjak setinggi atap kapal dan itulah sebabnya banyak turis yang berkunjung ke tempat buaya itu berada. Orang-orang menjulukinya dominator karena menganggap ia adalah buaya terbesar di dunia. Buaya ini juga terkenal narsis karena jika ada turis yang membawa kamera ia akan melompat, hingga turis dapat membidiknya dengan kamera.

Lolong

Awalnya buaya ini ditemukan di kawasan Bunawan, Filipina. Buaya lolong adalah buaya yang habitatnya di air asin dengan ukuran tubuh yang sangat fantastis. panjang tubuhnya sekitar 6,17 meter dan berat badannya mencapai 1.075 kilo gram. Tentu saja hal ini menjadikan buaya dengan nama lolong ini sebagai buaya terbesar di dunia.

Buaya ini ditemukan saat usianya sudah 50 tahun. Penangkapannya membutuhkan 13 orang dan dalam waktu sekitar 3 minggu. Di tahun 2012, lolong menjadi buaya terbesar secara resmi oleh Guinness World Records. Akan tetapi, pada bulan februari tahun 2013 lolong di nyatakan meninggal di kandangnya.

Kalia

Buaya kalia ini adalah buaya yang berjenis kelamin jantan yang juga menjadi buaya nomor satu terbesar di buku Guinness world record. Buaya ini memiliki ukuran 7 meter yang mana memiliki berat badan sekitar 2 ton. Untuk pertama kalinya buaya ini ditemukan di India lalu dikirim ke  taman Bhitarkanika di kawasan Orissa Negara India.

Itulah beberapa jenis Buaya Terbesar di Dunia yang memiliki ukuran dan bobot tubuh yang fantastis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :