Buku Teks : Fungsi, Tujuan, Dan Manfaat Penggunaan Buku Teks Dalam Pembelajaran Lengkap

Posted on

Buku Teks : Fungsi, Tujuan, Dan Manfaat Penggunaan Buku Teks Dalam Pembelajaran Lengkap

Buku Teks – Buku teks adalah salah satu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Buku teks juga merupakan bahan ajar sekaligus sumber belajar bagi para siswa yang konvensional. Tetapi walaupun sifatnya konvensional dan digunakan cukup lama serta banyaknya orang yang menganggap bahwa buku tersebut masih tradisional, tetapi buku teks pelajaran ini masih mampu memberikan kontribusi yang baik pada setiap pembelajaran di sekolah. Bahkan beberapa materi pembelajaran tidak dapat diajarkan bila tidak menggunakan buku teks pelajaran tersebut.

Sumber dan pembuat buku teks tersebut bisa berasal dari berbagai macam sumber. Esensi dari buku teks pelajaran ini adalah untuk memberi informasi dan materi, pada setiap peserta didik melalui bahan yang bentuknya cetakan. Buku pelajaran ini juga memuat materi pelajaran, yang ditambah dengan informasi yang relevan dengan cara menyeluruh dan juga lengkap. Sehingga penggunaan buku teks pelajaran ini bisa digunakan secara berdampingan atau tanpa sumber belajar dan media pembelajaran yang lainnya.

Secara umum buku teks pelajaran dikeluarkan dan juga diterbitkan oleh beberapa penerbit yang banyak menawarkan ke setiap institusi pendidikan. Hal ini menjadikan satu institusi atau sekolah yang satu dengan yang lainnya, bisa menggunakan buku teks yang berbeda materi pelajarannya dan dengan tingkatan kelas yang sama.

Buku teks pelajaran adalah bahan ajar dan juga sumber belajar yang mudah ditemukan serta digunakan. Setiap toko buku biasanya memiliki dan menjual buku pelajaran dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan penggunaannya juga sangat mudah, dengan peserta didik yang cukup membaca dan memahami materi yang dituangkan ke dalam buku tersebut, tidak memerlukan keterampilan khusus lainnya yang dibutuhkan dalam menggunakan buku teks pelajaran. Hal ini juga yang menjadi penyebab bahan cetak banyak digunakan.

Baca Juga :   Kebijakan VOC dan Pengaruh Terhadap Rakyat Indonesia

Buku teks pelajaran mempunyai banyak fungsi, tujuan, dan kegunaan serta manfaat dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Ada beberapa fungsi, tujuan dan manfaat atau juga kegunaan dari buku teks pelajaran menurut  Nasution dalam Prastowo (2012: 169). Yang diantaranya yaitu :

Fungsi buku teks pelajaran adalah :

  1. Sebagai bahan referensi atau bahan rujukan yang digunakan oleh para peserta didik.
  2. Sebagai bahan evaluasi dalam pelajaran yang diajarkan guru.
  3. Sebagai alat bantu para pendidik dalam melaksanakan kurikulum pendidikan yang ada.
  4. Sebagai salat satu penentu metode atau teknik pengajaran, yang akan digunakan oleh pendidik.
  5. Sebagai sarana yang tepat untuk meningkatkan karir dan jabatan.

Tujuan dibuatnya buku teks pelajaran diantaranya yaitu :

  1. Untuk memudahkan para pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran yang ada.
  2. Untuk memberi kesempatan pada setiap peserta didik untuk mengulang pelajaran atau untuk mempelajari materi pelajaran yang baru.
  3. Untuk menyediakan materi pembelajaran yang menarik bagi setiap peserta didik.

Manfaat atau kegunaan pada buku teks pelajaran yaitu :

  1. Dapat membantu setiap peserta didik dalam melaksanakan kurikulum karena disusun dengan kurikulum yang masih berlaku.
  2. Dapat menjadi pegangan setiap guru dalam menentukan metode pengajaran yang akan digunakan.
  3. Dapat memberi kesempatan yang baik bagi setiap peserta didik dalam mengulangi pelajaran atau mempelajari materi yang baru.
  4. Dapat memberi pengetahuan bagi setiap peserta didik atau pendidik.
  5. Dapat menjadi penambah nilai angka kredit, dalam memudahkan kenaikan pangkat dan golongan.
  6. Dapat menjadi sumber penghasilan bila diterbitkan.

Pembuatan buku teks pelajaran yang sesuai dengan fungsi, tujuan dan juga manfaat tentunya sudah cukup dalam menjadikan buku pelajaran sebagai bahan ajar yang tepat. Guru atau peserta didik juga tidak akan dibuat bingung dengan pemilihan sumber belajar yang akan digunakan. Pemilihan buku teks ini harus dengan memperhatikan hal khusus dan komponen penyusun dalam sumber belajar.

Baca Juga :   Perusahaan Perseorangan : Pengertian, Syarat dan Ciri-Cirinya Lengkap

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat, fungsi dan juga tujuan dalam pembuatan buku teks pelajaran yang biasanya digunakan di sekolah. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda, dalam memahami penggunaan buku teks secara mendalam.

Baca Juga :