Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis dan Contohnya Lengkap

Posted on

Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis dan Contohnya Lengkap

Bunga Adalah – Organ tumbuhan yang fungsinya yaitu sebagai tempat terjadinya perkembangbiakan generatif melalui proses penyerbukan dan juga pembuahan. Bunga adalah modifikasi batang/tunas yang warna, bentuk dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan tersebut. modifikasi itulah yang akan membentuk beberapa bagian bunga yang memiliki fungsinya masing-masing.

Bagian-Bagian Bunga

Bagian tangkai induk bunga

Bagian tangkai induk bunga, berasal dari bahasa latin yaitu Rachis Pedunculus. Yaitu bagian awal dari terbentuknya bunga. Yang juga menjadi cabang lanjutan dari batang/ranting pohon serta tanaman untuk menuju ke bunga.

Bagian tangkai bunga

Tangkai bunga berasal dari bahasa latin yaitu pedicellus yang artinya suatu bagian cabang terakhir antara tangkai induk bunga sampai suatu bagian dasar bunga. Tangkai bunga sering dijadikan bagian untuk memetik bunga.

Bagian dasar bunga

Bagian dasar bunga atau dalam bahasa ilmiahnya yaitu receptacle yang artinya adalah suatu bagian bunga yang menjadi bagian dari ujung tangkai bunga, yang memiliki fungsi sebagai tempat melekatnya suatu mahkota bunga.

Bagian daun pelindung

Bagian yang disebut dengan Brachtea ini adalah daun terakhir yang menjadi tumbuhnya lokasi bunga. Sehingga bagian ketiak daun ini maka bunga akan tumbuh dan berkembang.

Daun tangkai bunga

Adalah bagian yang berupa daun yang fungsinya adalah sebagai daun pelindung. Daun tangkai bunga ini terlihat dari luar dan bisa terlihat. Daun ini ada di bagian pangkal suatu tangkai bunga.

Baca Juga :   Perbedaan Gaung Dan Gema Lengkap

Kelopak bunga

Adalah bagian bunga yang mempunyai bentuk kuncup ketika bunga belum mekar. Kelompok bunga ini berfungsi untuk membantu menjaga supaya bunganya ikut membuka dan membiarkan bunga itu mekar. Saat bunga sudah mekar dengan sempurna, kelopaknya akan membentuk sebagian dasar bunga dengan warna hijau daun.

Mahkota bunga

Adalah salah satu bagian bunga yang sering dipresentasikan sebagai bunga. Karena mahkota bunga merupakan bagian paling luar dari struktur keseluruhan bunga yang biasanya berwarna cerah dan menarik. Mahkota bunga juga memiliki susunan dan bentuk yang berbeda-beda hingga menjadi indikator utama dari kecantikan dan keindahan bunga.

Benang sari

Adalah bagian yang dikenal dengan alat kelamin jantan pada bunga. Fungsinya yaitu untuk membantu proses reproduksi dan perkembangbiakan sebuah bunga, hingga menumbuhkan tanaman yang baru.

Benang sari terdiri atas tiga bagian utama yaitu :

  • Antheral atau yang sering kita sebut dengan kepala sari
  • Polen atau yang sering kita sebut dengan serbuk sari
  • filament atau yang sering kita sebut dengan Tangkai sari

Bagian pendukung dari kepala sari :

  • Putik Bunga
  • Carpel

Jenis – Jenis Bunga

1. Berdasarkan Kelengkapan Bagian Bunga

Bunga Lengkap

Adalah bunga yang mempunyai kelopak, mahkota, benang sari,dan putik. Bunga lengkap juga memiliki dua macam alat kelamin, sehingga disebut dengan bunga berkelamin ganda (hermafrodit). Namun pada jenis bunga ini belum tentu menjadi suatu bunga lengkap. Contohnya yaitu bunga sepatu, tembakau, mawar, melati, dan terung.

Bunga Tidak Lengkap

Bunga ini tidak memiliki salah satu atau beberapa bunga baik perhiasan atau alat kelamin bunga. Bunga tak lengkap dibedakan menjadi :

  • Perhiasan Bunga Tidak Lengkap

Adalah tidak memiliki mahkota/kelompok. Bunga yang tak memiliki perhiasan disebut bunga telanjang. Contohnya bunga rambutan, bunga kelapa, dan jepung bali.

  • Alat Kelamin Tidak Lengkap
Baca Juga :   Otot Lurik : Pengertian, Ciri, Bagian, Dan Fungsinya Lengkap

Adalah bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin saja dan disebut dengan kelamin tunggal. Bunga berkelamin tunggal terdiri dari bunga jantan dan betina. Contohnya bunga mentimun dan bunga salak. Atau jika bunga tidak mempunyai alat kelamin disebut dengan bunga mandul (bunga tidak berkelamin),contohnya pada bunga pita dan pada bunga matahari.

2. Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin

  • Bunga Sempurna

Adalah bunga yang memiliki dua alat kelamin yaitu benang sari dan putik. Contohnya : bunga mawar, alamanda, kamboja, matahari.

  • Bunga Tidak Sempurna

Bunga ini hanya memiliki satu jenis alat kelamin saja. Benang sari atau putik saja. Ada juga dikatakan monoesis dan diesis, monoesis adalah bunga yang hanya memiliki alat kelamin jantan. Dan bunga yang hanya memiliki alat kelamin betina di satu tumbuhan. Contohnya : tumbuhan jagung dan mentimun.

  • Diesis

Adalah bunga jantan dan betina yang ada di suatu individu yang berlainan, yang disebut dengan tumbuhan berumah dua. Contohnya : tumbuhan salak dan siwalan.

Fungsi Bunga

  • Sebagai organ seksual. Karena bunga merupakan tempat menyatunya gamet jantan dan betina pada tumbuhan. Sebagai alat reproduksi dan juga tempat penyebaran.
  • Sebagai organ untuk bertahan dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Contohnya ketika tanaman biasa tumbuh di lokasi kering, yang dimana tumbuhan itu akan membentuk bunga saat mengalami kondisi kekurangan air.
  • Untuk menarik serangga supaya mau hingga serta membantu proses penyerbukan bunga.
  • Untuk meneruskan proses perkembangbiakan, karena ada juga bunga yang berproses menjadi biji lalu bisa ditanam lagi.

Itulah pengertian Bunga yang disertai dengan fungsi, bagian, jenis dan contohnya secara lengkap. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda. Dan semoga memberi manfaat.

Baca Juga :   Perbedaan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil Lengkap

Baca Juga :