Begini Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dari “Lagu dan Game”

Posted on

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan, Dari Lagu dan Game

Sebuah kata yang identik dengan kegiatan yang kurang asyik bahkan membosankan, adalah kata belajar. Banyak anak yang tidak menyukai belajar karena dianggap bahwa belajar hanya menjadi kegiatan yang membosankan, apalagi jika dilakukan di tempat yang formal seperti sekolah atau kampus. Namun dalam kenyataannya, dalam belajar tidak selalu membosankan. Khususnya dalam belajar Bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan cara yang lebih seru dan menyenangkan.

Belajar Bahasa Inggris yang Cepat dan Mudah Melalui Lagu/Game

Dalam praktek belajar Bahasa Inggris tidak selalu harus belajar dengan cara yang membosankan, atau membuat diri kita menjadi tegang. Selain belajar di sekolah atau di tempat kursus, Anda juga bisa belajar di rumah dengan teknik yang lebih menyenangkan seperti berikut ini:

1. Song atau Lagu

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu Anda tak bisa lepas dari lagu dan musik. Bahkan, hampir semua orang menyukai lagu atau musik. Banyak sekali genre musik yang bisa Anda dengarkan seperti rock, pop, metal, dangdut dan sebagainya. Tak hanya mendengarkan alunan instrumennya saja, tetapi Anda juga akan mendengarkan liriknya dan berusaha untuk memahaminya.

Lagu-lagu yang ada saat ini, ada yang mengandung lirik yang sedih tapi ada juga yang tentang kebahagiaan. Karena semua orang suka mendengarkan lagu, maka lagu bisa menjadi media yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris. Cara memilih lagu Bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan untuk belajar diantaranya yaitu:

  • Memilih lagu Bahasa Inggris dan jangan memilih lagu yang liriknya campuran antara Bahasa Inggris dan Indonesia. Karena Anda akan lebih sulit memahaminya dan susah untuk fokus.
  • Pilihlah lagu yang memiliki musik yang lebih tenang dengan pronounciation atau pengucapan yang lebih jelas.
  • Dengarkan lagu itu ketika Anda sedang tidak beraktivitas, supaya Anda lebih mudah memahami liriknya.
Baca Juga :   Kumpulan Bentuk Hyperbola dalam Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris menggunakan lagu bisa dilakukan dengan mencari lirik lagunya terlebih dahulu. Kemudian dengarkan lagunya sambil menyimak lirik di dalamnya. Cobalah untuk mentranslate lagu itu dengan bahasa Anda sendiri, dan pahami kalimatnya. Catat kata-kata yang susah atau sulit diingat, atau kata yang belum diketahui artinya.

Contohnya, Lagu Before You Go Lewis Capaldi:

I fell by the wayside like everyone else

I hate you, I hate you, I hate you but I was just kidding myself

Our every moment, I start to replace

‘Cause now that they’re gone all I hear were the words that I needed to say

When you hurt under the surface

Like troubled water running cold

Well, time can heal but this won’t

 

Setelah itu cobalah artikan setiap katanya, atau hanya mengartikan kata-kata yang tidak kamu tahu maknanya saja. Misalnya:

Before: Sebelum

Everyone: Setiap Orang

Start: Mulai

Gone: Hilang

Hurt: Terluka

Water: Air

2. Game atau Permainan

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan dalam belajar Bahasa Inggris adalah melalui game/permainan. Cara ini akan sangat mengasyikan karena tidak membosankan, membuat ramai dan semangat, dan caranya tidak akan sama dengan belajar langsung secara formal di sekolah.

Belajar Bahasa Inggris dengan game, bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memahami Bahasa Inggris dengan mudah. Berikut ini game yang bisa Anda gunakan untuk belajar Bahasa Inggris:

Proceed The Sentence

Game yang satu ini bisa Anda lakukan di mana saja, selama ada teman atau partner yang ikut bermain. Untuk menambah kosakata dalam Bahasa Inggris, game ini akan sangat efektif. Game ini juga bisa melatih pronounce atau pengucapan dalam Bahasa Inggris. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Siapakan 2 kelompok saja, yang dimana 1 kelompok terdiri dari 5 orang.
  • Setiap orang di dalam kelompok mempunyai urutan dari 1 hingga 5.
  • Pilih satu orang partner untuk menjadi pemandu.
  • Pemain pertama membisikkan kata ke pemain selanjutnya sampai ke pemain yang terakhir.
  • Sampai di yang terakhir, dengarkan apakah katanya memang sama dengan yang dibisikkan oleh pemandu. Jika sama, maka kelompok itu akan menjadi pemenang. Bukan hanya menyebutkan katanya saja, tetapi sebutkan juga artinya.
Baca Juga :   Cara "Mudah" Menguasai Bahasa Inggris Melalui Speaking dan Reading

Making Creative Story

Game selanjutnya adalah meneruskan cerita yang diberikan oleh pemandu, dengan cara berikut ini:

  • Siapkan temanya terlebih dulu.
  • Kumpulkan peserta dengan cara berbaris.
  • Bacakan cerita yang terkenal misalnya cinderella atau snow white.
  • Tunjuk satu peserta untuk meneruskan cerita tersebut dengan menggunakan Bahasa Inggris, sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing.
  • Jika peserta tak bisa meneruskan cerita tersebut, beri ia hukuman dengan menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

Word Mapping

Jenis permainan ini cukup mudah, tujuannya yaitu untuk melatih nalar dan menguji perbendaharaan kata yang kita miliki. Caranya yaitu:

  • Pilih pemandu terlebih dulu.
  • Bagi peserta menjadi 3 kelompok dengan masing-masing 3 orang per 1 kelompok.
  • Sebutkan satu kata oleh pemandu, dan buat turunan katanya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Peserta pun harus menuliskan kata-kata yang masih berkaitan dengan kata yang disebutkan oleh pemandu. Contohnya tuliskan kata yang berkaitan dengan eat, maka kata turunannya adalah spoon, plate, fork, food dan sebagainya.

Dengan membuat kegiatan yang menyenangkan melalui lagu atau game tersebut, maka proses belajar Bahasa Inggris akan lebih mudah dan lebih seru. Anda juga akan lebih tertarik dengan Bahasa Inggris dan bisa lebih memahaminya dengan cepat.

Baca Juga :