3 Cara Efektif Memahami Tulisan dalam Bahasa Inggris

Posted on

3 Cara Efektif Memahami Tulisan dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris terdapat singkatan KWL atau Know, Want dan Learn. Yang merupakan strategi pembelajaran dalam bahasa Inggris khususnya dalam membaca atau reading. Yang juga bisa menjadi pertimbangan dari stretegi yang digunakan di kelas bahasa Inggris.

Know artinya adalah mengetahui, memprediksi, dan menganalisa. Sedangkan Want adalah mengembangkan pemikiran pada apa yang akan dipelajari, dengan cara membuat pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Lalu learn adalah menyimpulkan tentang apa saja yang sudah dipelajari, dan menjawab pertanyaan.

Strategi Pembelajaran Membaca dalam Bahasa Inggris

  1. K atau Know

Pada tahap ini siswa belum membaca teks bersama dengan kelompoknya, tetapi akan menganalisa sebuah teks dengan memikirkan kata kuncinya, atau istilah frase dan topik yang mungkin muncul di dalam teks itu sendiri. Semuanya akan dibuat ke dalam daftar sehingga akan terperinci dengan baik. Tujuannya adalah untuk supaya siswa bisa berpikir kritis dan membuat analisa, tentang hal apapun yang muncul di dalam teks tersebut.

  1. W atau Will/Want

Di tahap ini yang dipelajari oleh siswa akan menjadi lebih kompleks lagi. Mereka akan membuat pertanyaan penting tentang hal-hal yang berhubungan dengan tema di dalam teks. Misalnya guru akan memberi petunjuk atau clue, bahwa teks yang dipelajari sekarang adalah tentang pertanian. Kelompok siswa pun bisa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan tema teks itu sendiri. Pertanyaan itu berasal dari frase atau kata kunci yang sudah dibuat di tahap Know.

  1. L atau Learn (strategy)

Tahap terakhir adalah tahapan review dalam menjawab pertanyaan dan juga menarik kesimpulan. Siswa akan membaca teks, lalu sesudah mempelajarinya mereka akan menjawab pertanyaan dan merangkum hal penting di dalam teks tersebut. Tujuannya adalah supaya siswa tahu apa yang saat ini sedang dipelajari sehingga anak-anak tidak hanya asal ikut belajar saja.

Baca Juga :   3 Cara Beserta Langkah Membaca Bahasa Inggris Yang Baik Dan Benar

Itulah beberapa cara yang efektif dalam melakukan pembelajaran reading atau membaca, saat belajar bahasa Inggris.

Baca Juga :