Cara Membuat Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Kekinian Dan Profesional Serta Contohnya Lengkap

Posted on

Cara Membuat Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Kekinian Dan Profesional Serta Contohnya Lengkap

Cara Membuat Lamaran Kerja – Apakah anda sudah membuat surat lamaran kerja beserta CV-nya, namun belum mendapatkan panggilan untuk wawancara? Hal itu bisa jadi karena cara membuat surat lamaran yang salah. Karena kekeliruan sedikit saja dalam hal penulisan surat lamaran kerja, bisa memengaruhi penilaian dari perekrut pekerjaan. Maka penting sekali untuk mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Mungkin kelihatannya surat lamaran kerja ini tidak terlalu berperan saat melamar kerja. Padahal surat lamaran juga memiliki andil dalam penerimaan pekerjaan tersebut. tetapi seberapa penting surat lamaran kerja dalam melamar pekerjaan? Jawabannya mari kita simak pembahasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja di bawah ini.

Peranan dalam surat lamaran kerja, sangat diperhitungkan. Sehingga banyak perekrut yang menjadikan surat lamaran sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Banyak juga perekrut yang menjadikan surat lamaran yang baik dan benar, sebagai poin plus.

Poin Penting Mengapa Surat Lamaran Harus Selalu Ada

Berikut ini beberapa poin yang penting mengapa surat lamaran kerja harus selalu ada, saat melamar pekerjaan :

  1. Surat lamaran kerja yang dibuat dengan baik dan benar, akan meyakinkan perekrut bahwa CV atau resume yang dibuat pelamar adalah benar.
  2. Dengan menyertakan surat lamaran maka hal itu menandakan bahwa si pelamar bisa mengikuti instruksi yang sederhana dalam prosedur melamar kerja.
  3. Menulis lamaran kerja sama dengan berkomunikasi dengan perekrut, bahwa pengalaman atau keterampilan yang dimiliki oleh pelamar relevan dengan posisi yang diinginkan.
  4. Penulisan surat lamaran yang baik dan benar mencerminkan kemampuan berkomunikasi yang baik si pelamar.
  5. Surat lamaran juga menjadi bukti keseriusan pelamar dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Baca Juga :   Contoh Teks Lamaran Kerja Lengkap

Poin-Poin Yang Harus Ada Pada Contoh Surat Lamaran Kerja

Masih banyak pelamar yang menganggap bahwa surat lamaran tidak terlalu penting. Sehingga mereka asal-asalan dalam membuat surat lamaran. Berikut ini ada beberapa poin yang penting dalam surat lamaran kerja. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

Informasi Pribadi

Poin yang satu ini tentu wajib ada di dalam surat lamaran. Berikut ini beberapa hal yang harus dimuat di dalam surat lamaran :

  • Nama
  • Alamat
  • Nomor telepon atau handphone
  • Alamat email

Sebaiknya posisikan informasi pribadi anda di bagian tengah surat lamaran kerja, pastikan juga alamat email anda disertakan di sana. Kemudian masukkan informasi pihak yang dikirimi surat lamaran tersebut. Mulai dari nama, posisi, nama perusahaan, hingga alamat perusahaan. Masukkan informasi tersebut di bagian bawah informasi pribadi anda di sebelah kiri.

Salam Pengantar

Setelah menulis informasi pribadi, anda juga harus membuat salam pengantar. Anda harus tahu kepada siapa salam ini disampaikan. Biasanya dalam apply pekerjaan online pada situs lowongan kerja, ada nama orang yang harus dihubungi atau dikirimi email saat anda melamar pekerjaan tersebut.

Dari informasi ini anda bisa menuliskan salam kepada Yth Bapak/Ibu (namanya). Bila surat lamaran itu dibuat dalam bahasa Inggris, maka harus ditulis Dear Mr/Mrs.

Isi Surat Lamaran

Pastikan juga bahwa perekrut tahu posisi apa yang anda lamar, dan mengapa anda menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa poin yang harus anda perhatikan saat menulis pengantar ini. Diantaranya yaitu :

  • Paragraf pertama berisi alasan mengapa anda menulis surat lamaran dan beri tahu informasi yang lebih spesifik untuk perekrut untuk menjadi bahan pertimbangan.
  • Paragraf kedua berisi penawaran anda pada perekrut atau perusahaan, berkaitan dengan posisi yang dilamar. Ceritakan kompetensi anda dengan ringkas dan jelas. Karena muatan di dalam paragraf ini sangat efektif dalam menarik perhatian perekrut.
  • Paragraf ketiga berisi ucapan terima kasih atas kesediaan perekrut, dalam membaca surat lamaran. sarankan juga perekrut untuk menghubungi anda di kontak yang sudah anda beri.
Baca Juga :   Kumpulan Kata Cinta Romantis Paling Bermakna, Lucu dan Menyentuh Hati Lengkap

Bagian Penutup

Setelah mencantumkan isi surat lamaran, anda juga harus membuat penutup. Isi dari penutup adalah salam hormat yang kemudian diikuti dengan nama lengkap anda. Gunakan salam yang sifatnya formal dan hindari jenis salam yang informal.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Salah

Jakarta, 02 April 2019

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth.

Kepala PT Besok Masih Buka

Jakarta

 

Dengan hormat,

Seperti informasi yang saya peroleh bahwasannya di PT Besok Masih Buka tersedia lowongan pekerjaan. Saya memiliki keinginan untuk melamar dan menduduki posisi pekerjaan di perusahaan tersebut. Adapun bagian yang ingin saya tempati adalah staff produksi di PT Besok Masih Buka.

Izinkan saya mengenalkan diri dalam data berikut ini :

Nama: Okbud

Alamat: Jl. Serong Kiri Kanan No. 69

Tempat dan Tggl. Lahir: Jakarta, 29 Februari 1992

Pendidikan Terakhir : SMA

Telp : 081 234 567 869

 

Sekarang saya dalam kondisi sehat tidak sakit apapun, kondisi saya sempurna dan lincah dalam bekerja, memiliki prinsip yang kuat dan pekerja keras tentunya. Saya juga menguasai Microsoft Office dengan sangat mahir.

Berikut lampiran untuk bahan pertimbangan:

Curriculum Vitae ( CV )

FC Ijazah Terakhir yang telah Dilegalisir asli

FC Transkip Nilai yang telah Dilegalisir asli

FC Kartu Keluarga

FC Sertifikat

Surat Pengalaman Pekerjaan

Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikianlah surat lamaran pekerjaan yang saya buat ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan.

 

Hormat Saya

 

(Okbud)

 

Bila anda membuat surat lamaran kerja yang seperti itu, maka surat lamaran tersebut sudah tidak sesuai dengan situasi di zaman sekarang. Surat lamaran kerja yang seperti itu terbilang sudah ketinggalan zaman.

Baca Juga :   Poster : Pengertian, Manfaat, Ciri, Syarat, Tujuan dan Sejenisnya Lengkap

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

 

Mas Har

Bintaro Raya No. 69, Jakarta – 0812 3333 2222 – mas.har@email.com

 

2 April 2019

 

Budi Ok

Recruiter

PT Besok Terbit

Jalan Agung, Jakarta 12560

 

Kepada Yth. Bapak Budi,

Sebagaimana informasi di situs lowongan kerja PenginKerja.com, saya menulis surat ini dengan maksud untuk melamar posisi Content Writer di PT Besok Terbit atau BesokTerbit.id. Saya sertakan CV dan dokumen lain yang dapat Bapak tinjau untuk dipertimbangkan.

Sebagai informasi, saya sendiri memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni dalam memproduksi konten-konten yang kreatif untuk keperluan media digital ataupun cetak. Saat ini saya masih bekerja di BeritaBaru.com sebagai Jurnalis.

Selama di BeritaBaru.com saya memproduksi banyak berita dan melakukan wawancara dengan beragam narasumber. Kini saya terbuka untuk menerima kesempatan yang lebih besar yang nantinya bisa memberi kontribusi bagi perusahaan dan diri saya.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya akan menanti kabar baik dari Bapak Budi dengan menyampaikannya ke nomor 0812 3333 2222 dan alamat email mas.har@email.com.

 

Salam hormat,

 

Mas Har

 

Surat lamaran kerja di atas adalah contoh surat lamaran kerja yang benar, yang sesuai dengan beberapa poin yang sudah disebutkan di atas tadi. Di dalam surat ini, anda terlihat meyakinkan perekrut untuk menerima anda sebagai pekerja. Tipe surat lamaran tersebut juga termasuk surat lamaran yang kekinian dan efektif.

Itulah penjelasan lengkap dan detail mengenai cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga dapat dipahami dan dapat dijadikan referensi saat anda membuat surat lamaran kerja.

Baca Juga :