Cara Membuat Origami Kertas Mudah – Bunga, Binatang, Burung, Love Lengkap

Posted on

Cara Membuat Origami Kertas Mudah – Bunga, Binatang, Burung, Love Lengkap

Seni Melipat Kertas – Origami adalah seni melipat kertas yang indah yang sudah ada sejak dulu dan berkembang sampai saat ini. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami. Ori memiliki arti lipat sedangkan kami berarti kertas, sehingga jika digabungkan menjadi origami yang berarti lipat kertas. Berikut penjelasan lengkapnya.

Seni Melipat Kertas Origami

Ada banyak spekulasi, beberapa referensi menyebutkan origami tersebar dan dapat ditemukan di Jepang, China, Jerman, Italia dan Spanyol. Namun untuk bukti paling kuat, origami diklaim berasal dari negara Jepang.

Di Jepang, seluruh penduduknya tahu bagaimana cara membuat origami. Kegiatan ini menjadi budaya yang rutin untuk penduduk Jepang, dan dijadikan ajang perlombaan. Secara umum membuat origami bisa dengan menggunakan kertas warna warni, yang terang, cerah dan juga mencolok. Fungsi origami ini juga sebagai hiasan, dan pajangan aksesoris yang nampak unik, lucu dan indah dalam kapasitas yang banyak jika dibuat.

Di zaman yang sudah modern pun sudah ditemukan teknologi pengolahan kertas yang mampu membuat serta memproduksi origami secara besar-besaran. Apalagi harganya terjangkau dan dapat dinikmati oleh siapa saja. Tekstur kertasnya pun lebih tebal dan kaku dibanding kertas lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Korupsi Secara Umum, Menurut Para Ahli Dan Menurut Undang-Undang

Cara Membuat Origami

Cara pembuatan origami sangat beragam tapi cukup mudah dilakukan. Namun tetap membutuhkan latihan dan juga kebiasaan terutama untuk pemula. Teknik pembuatan origami ini juga semakin berkembang. Lipatannya juga terdiri dari lipatan yang rumit, dan memerlukan teknik yang baru.

Ada dua jenis teknik origami yaitu teknik modern dan juga tradisional. Origami memerlukan bahan kertas dan bahan pendukung lainnya, misalnya penggaris dan pensil. Atau anda bisa menggunakan  jangka dan pensil warna, sepidol, krayon atau pewarna lainnya guna memberikan bentuk mata dan sebagainya.

Ada banyak jenis origami pilihan yang dapat Anda buat, seperti origami berbentuk bunga , origami burung, origami bentuk love, origami kupu-kupu, berupa bunga mawar atau bunga sakura, origami baju, origami bintang, dan masih banyak lagi lainnya.

Origami Bunga

Bentuk bunga memang selalu diminati oleh banyak orang, apalagi cara membuatnya mudah dan tekniknya mudah dikuasai. Bentuknya pun indah dan sering dijadikan hiasan, aksesori furniture di sudut-sudut ruangan rumah, bahkan di ruangan kelas sekolah sekalipun.

Berikut contoh pembuatannya :

Cara membuat origami bunga mawar
  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat origami ini, kertas lipat ukuran 20 cm x 20 cm serta dengan memiliki warna yang berbeda untuk tiap sisinya, misal warna depan merah dan belakang putih. Pinset atau capit kecil. Kemudian bolpoin atau spidol yang digunakan untuk membuat garis dan membentuk kelopak bunga mawar.
  2. Lalu ambil kertas lipat, lipat kertas origami hingga membentuk beberapa kotak persegi keci-kecil.
  3. Setelah itu tebalkan hasil bekas lipatan pertama tersebut dengan bolpoin atau pensil. Kemudian lipat lagi dan kemudian tandai garis bekas lipatan dengan bolpoin atau pensil yang warnanya berbeda.
  4. Kemudian Lipat kertas menjadi bentuk segitiga ulangi untuk sisi yang berlawanan sehingga membentuk potongan garis, buka lalu lipat kembali ke empat sudutnya ke dalam. Buka lipatan dan kemudian tebalkan kembali.
  5. Lalu lipat lagi berbentuk segitiga namun dengan presisi lebih rendah dari sebelumnya. Lakukan pada 3 sisi lainnya.
  6. Mulai rangkai dan bentuk dengan melipat dan menekukkan kertas. Mengikuti garis lipatan yang dibentuk tadi.
  7. Untuk memberikan kesan hidup, gunakan pensil untuk sedikit memberikan efek lengkung pada kelopak bagian paling bawah bunga mawar.
Baca Juga :   HIV Dan AIDS : Pengertian serta Cara Penyebarannya Lengkap

Origami Binatang

Bagi anak TK atau SD gambar binatang selalu menjadi hal yang menarik. Karena bentuknya lucu dan hampir mirip dengan mainan, origami ini sering dijadikan contoh pembelajaran yang mendidik untuk anak-anak.

Cara membuat origami burung merak

Lipat secara diagonal menjadi 2 bagian, tarik tiap sudut, lipat menjadi segitiga, lipat separuh ujung ke luar, tekan ke titik tengah hingga mirip bunga. Lipat sisi ke dalam untuk membentuk ekor merak. Lipat secara simetris menjadi 2 bagian, ambil ujung lancip tarik ke dalam, kemudian tarik lagi sisa ujungnya ke luar, mekarkan ekor dan lebarkan, origami merak pun jadi.

Cara membuat origami kupu-kupu
  1. Siapkan kertas, lipat kertas dengan garis diagonal.
  2. Balik sisi belakang kertas, kemudian lipat sudut secara berlawanan arah.
  3. Pertemukan semua titik tengah lipatan garis diagonal, kemudian lipat dan akan terbentuk sebuah segitiga.
  4. Putar lalu lipat 2 sisi segitiga ke titik atas, putar lagi, lipat ujung sisi lainnya hingga melewati garis lipatan.
  5. Putar lalu lipat ke belakang, lalu lipat sepanjang garis tengah simetris.
  6. Origami kupu-kupu siap dimainkan.

Origami Love

Origami ini sering digunakan oleh para remaja yang sedang jatuh cinta. Atau dijadikan hadiah untuk orang yang disayangi.

Cara membuat origami love
  • Lipat sudut kertas origami secara berpotongan, tarik salah satu sudut secara berlawanan hingga pada titik pertemuan perpotongan.
  • Tari sudut yang berpotongan dengan sudut yang dilipat tadi hingga pada lipatannya.
  • Tarik sisi kanan lipatan hingga garis lurus perpotongan simetris.
  • Lakukan hal yang sama dengan sisi kiri lipatan.
  • Jadilah origami berbentuk love. Origami pun siap untuk dipersembahkan pada orang terkasih.
  • Lipat ke belakang menjadi 2 bagian.
  • Buka lipatan, tarik sedikit sisi bawah sehingga terlihat menumpuki sedikit bagian atas origami.
  • Pegang dan tekan titik tengah dan lipatan, kemudian tarik dan lebarkan ujung bagian bawah origami.
  • Lipat sudut bagian atas, tekuk ke dalam, kemudian gunting perpotongan garis. Lipat sisa kertas ke dalam. Jadilah origami baju.
Baca Juga :   15 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli Lengkap

Tips Sebelum Membuat Origami

  1. Ajaklah teman-teman anda, karena dengan membuatnya beramai-ramai suasana menjadi lebih seru dan tidak membosankan.
  2. Patungan dengan teman. Tak ada salahnya mengajak teman untuk patungan dan membeli bahannya bersama-sama supaya lebih seru.
  3. Untuk pemula, pilih bentuk yang sederhana dan mudah baik teknik/pembuatannya. Lalu kembangkan teknik tersebut menjadi yang lebih sulit dan rumit.
  4. Buat origami yang terdiri dari beragam warna dan bentuk. Lalu jadikan hiasan/aksesoris di rumah yang unik dan cantik.

Demikianlah Seni Melipat Kertas dengan cara pembuatannya masing-masing. Semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :