Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Lengkap

Posted on

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Lengkap

Cara Menghilangkan Jerawat – Biasanya jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Tapi ada beberapa cara untuk membantu mempercepat proses hilangnya jerawat tersebut.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Ada beragam cara untuk menghilangkan jerawat, baik secara alami, melalui dokter atau dengan menggunakan obat-obatan.

Perawatan Alami Untuk Kulit Berjerawat

Berikut langkah yang bisa anda ikuti dalam menghilangkan jerawat :

1. Mencuci muka dengan rutin

Sebaiknya anda membersihkan wajah dengan menggunakan sabun yang bahannya lembut, dan dengan rutin. Biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, dan jangan lupa membersihkan wajah setelah menggunakan make up atau setelah berolahraga.

2. Mengoleskan toner pada wajah

Setelah wajah dicuci bersih anda bisa menggunakan toner. Toner ini akan membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, misalnya sisa make up yang masih menempel pada wajah. Toner juga akan membantu mengembalikan pH kulit, mencegah kulit menjadi kering, lalu mengurangi produksi minyak pada wajah. Hal itu akan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat pada wajah anda.

3. Mengoleskan pelembab pada wajah

Agar kulit wajah tetap lembab, maka oleskan pelembab pada wajah. Karena kondisi kulit wajah yang lembab akan menghambat meningkatnya produksi minyak. Serta mencegah munculnya jerawat pada wajah. Bagi anda yang berjerawat sebaiknya pilih pelembab wajah dengan label noncomedogenic dan bebas minyak.

Baca Juga :   Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Prinsip, Elemen, Ketarmpilan, Aplikasi Dan Dampaknya Lengkap

4. Menggunakan tabir surya

Anda juga harus mengoleskan tabir surya pada wajah. Karena bagi sebagian orang paparan sinar matahari akan memperparah jerawat. Tetapi karena pada umumnya produk tabir surya mengandung comedogenic, maka anda bisa berkonsulitasi dahulu dengan dokter kulit saat akan menggunakan produk tabir surya.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat secara Alami

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Yaitu :

Es Batu

Es batu akan membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat. Caranya adalah dengan membungkus es dengan kain yang bersih, lalu tempel pada kulit yang berjerawat selama 1 menit saja. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada wajah.

Putih Telur

Putih telur juga mampu mengurangi peradangan pada jerawat, serta mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Caranya dengan mengoleskan putih telur pada area wajah yang berjerawat kemudian diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Madu

Anda bisa menggunakan masker madu untuk menghilangkan jerawat. Madu bisa menjaga bakteri baik yang ada pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Untuk memanfaatkan madu ini caranya yaitu, campurkan 3 sendok madu dengan 1 sendok kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik, dan diamkan sebentar. Bila sudah tidak terlalu panas oleskan pada wajah secara merata. Dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Mentimun

Mentimun juga dapat mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah. Supaya perawatan kulit wajah dengan cara alami ini mendapat hasil maksimal, imbangi juga dengan menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres.

Baca Juga :   Beragam Manfaat Buah Bagi Seluruh Tubuh Lengkap

Bila seluruh cara tersebut di atas sudah dilakukan tapi anda masih berjerawat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Supaya anda mendapat penanganan dan pengobatan yang tepat.

Demikian beberapa langkah dan cara menghilangkan jerawat dengan alami dan sederhana. Semoga dapat dipraktekan secara langsung, dan mendapat hasil yang baik.

Baca Juga :