Contoh Hewan Omnivora Lengkap

Posted on

Contoh Hewan Omnivora Lengkap

Hewan Omnivora – Ada banyak Contoh hewan omnivora sangat banyak, hewan karnivora terdapat beberapa jenis berdasarkan dari pengelompokannya. Diantara jenis hewan tersebut yaitu, hewan Herbivora, hewan Karnivora, dan hewan Omnivora. Omnivora ini merupakan gabungan dari Herbivora dan Karnivora. Omnivora adalah sebutan untuk hewan yang memakan tumbuhan sekaligus daging.

Ada beragam jenis hewan Omnivora yang hidup di sekitar kita baik di darat maupun di air. Berikut penjelasan lengkapnya tentang contoh hewan omnivora.

Pengertian Hewan Omnivora

Kata Omnivora adalah omne dan vorare yang berasal dari bahasa latin, memiliki arti semua atau segalanya dan melahap. Sehingga hewan Omnivora adalah hewan yang melahap seluruh jenis makanan dari mulai jenis tumbuhan dan juga hewan. Hewan Omnivora juga disebut sebagai pemakan segala. Yang saat ini banyak dijadikan hewan peliharaan.

Contoh Hewan Omnivora

Tikus

Rattus Argentiventer merupakan nama lain dari Tikus secara latin. Artinya yaitu hewan mamalia yang masuk kategori hewan Omnivora. Tikus adalah salah satu jenis hewan kecil yang dapat disebut dengan rakus. Karena tikus dapat memakan makanan yang beraneka ragam seperti misalnya tumbuhan berupa rumput, sayur, kelapa, padi, ketela dan masih banyak lainya.

Tetapi tikus juga bisa memakan binatang kecil, Mulai dari serangga hingga ikan yang hidup diair tawar salah satunya ikan sawah. Maka dari situlah Tikus disebut sebagai hewan Omnivora. Karena tikus memakan segala jenis tumbuhan dan hewan.

Baca Juga :   Memilih Obgyn, Ini yang Harus Anda Ketahui

Ayam

Ayam adalah jenis unggas yang biasa dipelihara oleh orang-orang di sekitar kita. Terutama di daerah pedesaan yang menjadi hewan yang wajib dipelihara. Karena ayam adalah hewan yang murah dan banyak dicari. Selain karena memelihara ayam terbilang mudah, karena makananya hanya biji-bijian saja. Tetapi ayam juga memakan segala jenis hewan seperti serangga,semut,laron dan lain sebagainya.

Banyak juga yang memelihara ayam sebagai hewan ternak atau hewan pedagang yang akan disetorkan ke pasar.

Lele

Ikan lele juga suka memakan udang dan fitplankton yang terdapat dalam kolam budidaya lele. Dan tumbuhan yang biasa dimakan oleh ikan lele adalah jenis dedaunan yang lunak. Selain itu lele juga memakan parasit atau hewan kecil, yang menjadi pengganggu dalam pertumbuhannya.

Tupai

Adalah salah satu jenis hewan Omnivora. Yang memakan tumbuhan seperti biji-biijian, jamur, buah, kulit kayu, dan lainnya. Makanan yang paling khas dengan tupai Contohnya ialah biji kenari. Namun Tupai juga memakan beragam jenis serangga kecil yang ada pada pohon.

Burung Flaminggo

Burung Flaminggo adalah pemakan alga biru dan hijau serta udang. Udang dan alga adalah makanan utama yang kaya akan nutrisi, dalam hal menyaring makanannya. Warna tubuh mereka yang berwarna kemerahan adalah efek dari tingginya beta karotin yang mereka konsumsi. Udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang cukup tinggi.

Gorilla

Adalah hewan dengan tubuh besar dengan gigi yang tajam dan tangan yang kekar. Tak semua Gorilla termasuk jenis binatang buas, tetapi jika mereka sedang sangat kelaparan maka akan menjadi buas. Gorilla bisa dengan cepat menggigit dan merobek mangsanya. itulah sebabnya Gorilla disebut hewan Omnivora, karena ketika ia kelaparan ia akan memangsa apa saja yang ada di sekitarnya.

Baca Juga :   Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut Para Ahli Lengkap

Kucing

Kucing ternyata tak hanya memakan daging saja tapi ia juga memakan rumput, tetapi kebutuhan gizi kucing bisa diperoleh dari makanan hewani.

Musang

Biasanya Musang hidup di atas pohon yang tinggi seperti misalnya pohon kelapa, pohon aren, pohon kopi, dan lain-lain. Musang ini sebenarnya memakan buah-buahan dikebun, seperti pisang, pepaya, dan lainnya. Tetapi ia juga memakan hewan seperti serangga, cacing tanah, moluska, tikus, dan hewan kecil lainnya.

Beruang

Beruang juga menjadi jenis binatang pemakan segala. Yang akan memakan tumbuhan, daging atau hewan kecil lainnya. Ia juga biasa memakan makanan jenis buah buahan, tanaman, madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya. Binatang ini identik dengan makanan madu.

Babi

Hewan ini termasuk hewan Omnivora karena memakan tumbuh-tumbuhan seperti rumput dan juga serangga. Babi memiliki bentuk hidung yang khas dan besar dengan bentuk telinga yang lebar.

Monyet

Sumber makanan hewan adalah dari hewan dan tumbuhan. Misalnya biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, hewan-hewan kecil dan serangga. Beda halnya dengan kera, biasanya monyet berukuran kecil. Dan kelebihannya adalah mempelajari serta memakai alat untuk memperoleh makanan.

Rakun

Biasanya Rakun memakan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Seperti  serangga, ikan, telur, burung, dan sayuran. Rakun bukanlah hewan yang suka memilih-milih karena ia termasuk hewan pemakan oportunistik (memanfaatkan peluang yang ada).

Landak

Makanan Landak terdiri dari serangga dan jenis binatang kecil yang lainnya. angkrik, katak, siput, caing dan lain-lain. Tidak hanya mengkonsumsi hewan hewan kecil. Mamalia kecil ini juga suka memakan daun, akar dan batang pohon, terutama dibagian pohon yang mempunyai kulit kayu muda.

Paus

Hewan raksasa laut yang satu ini memakan cumi-cumi dan crustacea, selain itu juga mengkonsumsi mysidacea dan krill. Walaupun ia memakan krill dan copepoda tidak dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga :   Global Warming : Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bebek

Adalah jenis hewan yang merupakan pemakan segala. Bebek termasuk jenis burung aquatik yang secara garis besarnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding satu familianya. Makanan hewan yang berleher pendek ini sangat beragam mulai dari serangga, katak kecil, cacing, hingga tanaman maupun ikan.

Serigala Merah

Serigala Merah termasuk binatang buas yang identik dengan pemakan daging. Namun ia juga memakan tumbuhan seperti buah, berry, dan rumput. Serigala ini juga memakan hewan kecil seperti kelinci, udang karang, belalang, dan lainya.

Burung Jalak

Burung jalak  mempunyai ukuran tubuh sekitar 20 sampai 25 cm. burung ini biasa memakan jenis tumbuhan dan juga serangga.

Sekian pembahasan tentang contoh hewan Omnivora yang lengkap dengan penjelasannya masing-masing. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi anda, dan berguna bagi anda semua.

Baca Juga :