7 Contoh Kop Surat : Pengertian, Jenis, Dan Tata Cara Membuatnya Lengkap

Posted on

Contoh Kop Surat : Pengertian, Jenis, Dan Tata Cara Membuatnya Lengkap

Contoh Kop Surat – Kop surat menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah surat. Tanpa adanya kop maka surat bisa dianggap tidak memadai atau tidak sopan. Di beberapa instansi mengirim surat tanpa kop bisa membuat surat tersebut tidak diterima.

Contoh Kop Surat

Pengertian Kop Surat

Kop atau kepala surat merupakan format baku dalam membuat surat yang digunakan sebagai penanda otentik atau khas pada surat dari sebuah instansi. Biasanya kop surat ini diletakkan di bagian paling atas surat, tepat sebelum ke bagian isi surat.

Fungsi utama dari kop surat ini adalah sebagai petunjuk identitas dari si pengirim surat. Fungsi lainnya yaitu untuk meningkatkan tingkat formalitas dan derajat kepentingan pada surat yang dikirim tersebut.

Jenis Kop Surat

Berdasar pada tujuan si pemakainya, kop surat dibagi menjadi dua jenis yaitu kop surat resmi dan tidak resmi. Pada umumnya kop surat resmi terletak di bagian atas tengah dan dilengkapi dengan identitas serta logo pada instansi pengirim.

Kop surat yang tidak resmi sering dikirim secara perorangan. Pengirim kop surat tidak resmi tidak harus menggunakan logo. Cukup dengan mencantumkan nama pribadi serta identitas singkat saja. Dan tata letaknya pun tidak terlalu ketat, bisa di bagian tengah atau di bagian tepi surat.

Baca Juga :   Teks Eksposisi : Pengertian, Struktur, Jenis Dan Cirinya Lengkap

Secara garis besarnya surat yang dikirim oleh instansi akan diatasnamakan langsung pada instansi yang bersangkutan tersebut. hal itu akhirnya berdampak pada kop surat yang juga menggunakan identitas instansi. Lain halnya dengan surat pribadi.

Kop surat ini dibuat dengan menggunakan identitas pengirim secara personal. Surat semacam ini biasanya digunakan untuk rekomendasi atau surat permohonan kepada seseorang. Apapun jenisnya kop surat yang baik dan benar harus mengandung beberapa komponen pokok, yaitu :

  • Nama perusahaan/instansi/perseorangan
  • Logo perusahaan (jika ada)
  • Alamat Offline atau Online

Tata Cara Membuat Kop Surat

Pembuatan kop surat ini bisa menggunakan semua jenis microsoft office, tetapi lebih mudah dibuat di Word atau Excel. Berikut ini cara membuat kop surat :

1. Cara Membuat Kop Surat di Word

Langkah membuat surat di Word diantaranya yaitu :

  • Buka Microsoft Word.
  • Klik bagian Header (bagian atas halaman dasar Word).
  • Tulis nama, identitas, alamat perusahaan dengan rata tengah (Ctrl+J). Modifikasi sesuai selera.
  • Klik Insert+Picture, pilih logo perusahaan yang akan dipasang.
  • Beri garis pemisah antara kop dan isi surat.

2. Cara Membuat Kop Surat di Excel

Langkah membuat kop surat melalui excel adalah sebagai berikut :

  • Buka Microsoft Excel.
  • Langsung pilih salah satu sel dalam worksheet.
  • Tuliskan nama, identitas, alamat perusahaan. Bila perlu gunakan fungsi Merge untuk merapikan barisan kalimat.
  • Pastikan terdapat sel kosong di awal worksheet.
  • Klik Insert+Picture, pilih dan masukkan logo perusahaan ke sel kosong di awal worksheet.
  • Gambarlah garis pemisah di bawah kop.
  • Untuk menggunakannya, diperlukan ekspor terlebih dahulu ke Word. Selain manual, cara alternatifnya adalah dengan memblok kop lalu meng-copy paste ke Word. Setelah itu, tinggal dipilih akan men-copasnya dalam format tabel atau gambar.
Baca Juga :   Ciri-Ciri Teks Ulasan : Pengertian, Contoh, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya Lengkap

Contoh Kop Surat

Contoh Kop Surat Sekolah Swasta

Contoh Kop Surat

Dalam membuat kop surat pada sekolah swasta, yang harus dicantumkan hanya identitas dan logoi sekolahnya saja. Tapi tidak perlu mencantumkan logo dinas pendidikan.

Contoh Kop Surat Sekolah Negeri

Contoh Kop Surat

Lain halnya dengan sekolah swasta, kop surat pada sekolah negeri harus disertakan logo dinas pendidikan. Karena sekolah negeri ada dalam pengawasan pemerintah. Untuk logo dinas pendidikan diletakkan di sebelah kiri, sedangkan identitas sekolah dan logo sekolah diletakkan di sebelah kanan.

Contoh Kop Surat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Contoh Kop Surat

LSM adalah lembaga yang didirikan atau didanai sendiri oleh masyarakat. Jika LSM tersebut merupakan badan hukum, maka nomor badan hukum sebaiknya disertakan. Bila tidak cukup menyertakan identitas dan logonya saja.

Contoh Kop Surat Perusahaan

Contoh Kop Surat

Dalam membuat surat, perusahaan wajib memiliki format kop surat yang sifatnya resmi dan permanen. Walaupun terkesan sepele tetapi konsistensi format kop surat bisa menunjukkan ketertiban pada administrasi perusahaan tersebut. salah satu indikator baik atau tidaknya pengelolaan perusahaan terletak pada ketertiban administrasinya.

Contoh Kop Surat Universitas

Contoh Kop Surat

Sama dengan sekolah format kop surat universitas ditentukan oleh status dari universitas tersebut. apakah universitas tersebut negeri atau disokong oleh yayasan.

Contoh Kop Surat Profesional

Contoh Kop Surat

Kop surat profesional ini biasanya digunakan untuk membuat CV atau biodata pribadi. Kop surat ini dikategorikan sebagai kop surat yang tak resmi. Sehingga bentuknya dapat dimodifikasi sedemikian rupa, sesuai dengan minat si pembuat surat.

Contoh Kop Surat Koperasi

Contoh Kop Surat

Sama dengan perusahaan badan usaha seperti koperasi juga harus memiliki format kop surat secara permanen.

Demikian beragam jenis contoh kop surat yang biasanya dibuat oleh instansi atau perorangan. Yang dilengkapi dengan pengertian, jenis, fungsi dan tata cara pembuatan kop surat itu sendiri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, dalam membuat kop surat resmi atau tidak resmi.

Baca Juga :   34 Contoh Gurindam Pendidikan Dalam Bahasa Indonesia Lengkap

Baca Juga :