Contoh Laporan Keuangan : Karakteristik, Laporan Neraca, Laba Rugi, Piutang, Arus Kas, Dan Persediaan Stok Barang Lengkap

Posted on

Contoh Laporan Keuangan : Karakteristik, Laporan Neraca, Laba Rugi, Piutang, Arus Kas, Dan Persediaan Stok Barang Lengkap

Contoh Neraca Laba Rugi – Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan di suatu perusahaan pada periode akuntansi yang bisa digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Biasanya laporan keuangan ini meliputi neraca, laba rugi, dan lain sebagainya.

Tujuan dari laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia adalah menyediakan informasi, yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat untuk sebagian besar pengguna dalam mengambil keputusan.

Laporan keuangan juga akan menunjukkan apa yang sudah dilakukan oleh manajemen, atau pertanggungjawaban dari manajemen atas sumber daya yang dipercaya padanya. Pengguna yang ingin melihat apa yang dilakukan atau dipertanggungjawabkan manajemen, supaya mereka bisa membuat keputusan ekonomi.

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Adalah ciri khas dalam membuat suatu informasi di dalam laporan keuangan yang berguna untuk penggunanya. Ada empat karakteristik kualitatif pokok, diantaranya :

Relevan

Laporan keuangan akan dianggap apabila informasi yang disajikan bisa memengaruhi keputusan penggunanya.

Dapat dipahami

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami peserta dan bentuk serta istilahnya disesuaikan dengan batas para pengguna.

Dapat diperbandingkan

Informasi yang disajikan akan lebih berguna bila dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan pada periode sebelumnya.

Baca Juga :   Pengertian Laut : Definisi. Jenis, Macam, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

Keandalan

Informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material.

Laporan Neraca

Laporan neraca yang ada di perusahaan manufaktur mempunyai dua hal yang penting yaitu aktiva dan pasiva. aktiva merupakan sumber utama keuangan di suatu perusahaan, karena di dalamnya ada aset perusahaan seperti kas, bank, piutang, persediaan, dan lain-lain.

Yang dimaksud dengan pasiva adalah hutang wajib perusahaan serta modal yang dimiliki oleh perusahaan. Pada umumnya bentuk neraca pada laporan keuangan dibagi dua, yaitu bentuk staffel atau neraca yang disusun ke bawah serta meletakkan saldo di bagian samping di dalam kolom debit kredit, dan juga bentuk scontro yang memisahkan aktiva dan pasiva di posisi kanan dan kiri.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi di suatu perusahaan biasanya sama saja dengan laporan yang ada di perusahaan lainnya. Dalam laporan laba rugi ini juga ada pendapatan dan nilai beban dalam satu periode, hingga menghasilkan laporan laba rugi.

Ada dua komponen di dalam laporan laba rugi yaitu beban dan juga penjualan. komponen lainnya yaitu harga pokok penjualan. berikut contohnya :

Contoh Laporan Keuangan Utang

Laporan utang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan juga pengurangan utang perusahaan, dan saldo akhir utang pada masing-masing supplier. Biasanya di dalam laporan utang akan menampilkan daftar kode supplier, nama supplier, saldo awal utang, pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, PPN masukan, pembayaran utang dan saldo akhir utang.

Laporan Piutang

Adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan serta pengurangan piutang perusahaan dan saldo akhir masing-masing piutang pelanggan. Biasanya laporan piutang akan menyajikan data-data kode pelanggan, nama pelanggan, saldo awal piutang, penjualan, uang muka, potongan penjualan, retur penjualan, PPN leluaran, pembayaran piutang dan saldo akhir piutang.

Baca Juga :   Pengertian Intervensi : Pengertian, Macam, Bentuk, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Laporan Arus Kas

Adalah laporan yang memperlihatkan jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, seperti beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive. Berikut adalah contoh laporan arus kas.

Laporan Persediaan atau Stok Barang

Laporan ini biasanya menyajikan rincian stok barang seperti daftar barang beserta kodenya, harga penjualan, stok awal, pembelian barang, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, hingga stok akhir yang tersedia pada toko maupun yang ada pada gudang.

Sekian pembahasan tentang Contoh Neraca Laba Rugi, semoga dapat membantu dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :