Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran Lengkap

Posted on

Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran Lengkap

Kalimat Deduktif – Paragraf deduktif adalah paragraf dengan kalimat utama yang ada di awal paragraf. Secara umum, biasanya akan diawali dengan pernyataan yang sifatnya umum lalu dilengkapi dengan beberapa penjelasan khusus yang berupa contoh, bukti-bukti, rincian khusus, dan sebagainya. Karena paragraf ini memang dikembangkan melalui pernyataan yang umum, sehingga pola kalimatnya menjadi umum ke khusus.

Pola Paragraf deduktif: Umum → Khusus → Khusus →Khusus.

Ciri-ciri kalimat deduktif

  • Kalimat utama terletak di awal paragraf.
  • Kalimat disusun mulai dari pernyataan umum, lalu disusul dengan penjelasan-penjelasan.

Contoh Paragraf Deduktif Singkat

Contoh kalimat deduktif tentang sosiologi 1 :

Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang dilakukan antara individu dengan dirinya sendiri. Komunikasi ini bisa berbentuk renungan, introspeksi diri, berpikir, dan berimajinasi. Komunikasi ini penting dilakukan agar individu bisa lebih mengetahui dan mengenal dirinya sendiri.

Pengertian Paragraf Induktif

Adalah jenis paragraf yang diawali dengan kalimat yang memuat penjelasan yang berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus, atau bukti, lalu diakhiri dengan kalimat utama. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum.

Pola Kalimat Induktif: Khusus → Khusus → Khusus → Umum.

Ciri-ciri Kalimat Induktif

  • Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Lalu di generalisasikanmenjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Kesimpulan sekaligus kalimat utama terletak di akhir Paragraf.
Baca Juga :   Musikalisasi Puisi: Pengertian, Manfaat, Cara, Metode dan Contohnya Lengkap

Jenis-jenis kalimat induktif

Paragraf Generalisasi

Adalah paragraf yang mengutarakan hal khusus di bagian awal, kemudian diarahkan menjadi satu kesimpulan yang umum. Kesimpulan ini didapatkan dari beberapa kalimat khusus yang lainnya.

Paragraf Analogi

Adalah paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi, yang dimana topik utamanya diutarakan dengan cara membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan. Pada kesamaan itulah muncul kesimpulan.

Paragraf Sebab-Akibat

Adalah paragraf yang dimana kesimpulannya didapat dari beberapa kalimat yang menjadi hal yang khusus atau sebab yang ada di awal paragraf.

Paragraf Akibat-Sebab

Paragraf yang satu ini menarik kesimpulan yang umum yang berupa sebab akibat yang sudah diuraikan sebelumnya.

Contoh Paragraf Induktif Singkat

Contoh paragraf induktif Generalisasi tentang sekolah 1 :

Ketika ujian telah selesai, nilai anak-anak diperiksa. Ternyata terdapat berbagai nilai siswa, sebanyak 19 siswa nilainya melampaui standar kelulusan. 10 siswa memperoleh nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorang siswa pun yang memperoleh nilai dibawah standar. Sehingga bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini berhasil.

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang diawali dengan menyajikan kalimat utama lalu didukung oleh kelimat penjelas, kemudian diakhiri dengan kesimpulan di bagian akhir paragraf. Hingga paragraf campuran ini memiliki dua kalimat yang utama.

Ciri-ciri Paragraf campuran:

  • Mempunyai kalimat utama di awal paragraf, lalu ditekankan kembali di akhir paragraf.
  • Terdapat pengulangan atau variasi di beberapa kata kunci di bagian awal dan akhir paragraf.

Pola Paragraf campuran: Umum → Khusus → Khusus → Umum.

Contoh paragraf campuran singkat

Contoh paragraf campuran tentang pendidikan :

Pendidikan yang paling utama untuk anak adalah pendidikan karakter. Karena dengan pendidikan karakter yang baik, anak memiliki pondasi mental dan karakter yang kuat. Orang tua dan guru bisa bekerja sama untuk membentuk karakter anak. Ketika berhasil, maka ilmu dan nasihat akan lebih mudah di transfer ke anak. Jadi, pendidikan karakter harus diutamakan dalam pendidikan.

Baca Juga :   Teks Upacara : Contoh Susunan Upacara Bendera Hari Senin Di Sekolah Lengkap

Sekian pembahasan mengenai Kalimat deduktif yang meliputi pengertian dan contohnya, serta pengertian dan contoh pada kalimat induktif dan campuran. Semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat membantu anda membuat contoh-contoh kalimat tersebut.

Baca Juga :