3 Contoh Serta Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Membuat dan Contoh Surat Izin Sakit Yang Baik dan benar

Contoh Surat Izin – Saat dalam keadaan sakit tentu anda memerlukan surat izin sakit, khususnya bila anda seorang karyawan, pelajar, dan lain-lain. Tujuannya supaya anda tidak mendapat sangsi, karena tidak masuk sekolah, kuliah atau kantor.

3 Contoh Serta Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Tapi tidak sedikit orang yang menyepelekan cara membuat surat izin tersebut. padahal dalam pembuatan surat izin tersebut, ada beberapa susunan yang akan menjadikan surat tersebut menjadi surat resmi.

Karena sakit adalah salah satu kendala yang tidak bisa diatur oleh manusia, dan sebagai manusia kita hanya bisa menjaga kesehatan. Kondisi tubuh yang tidak fit akan menjadikan beberapa aktifitas menjadi terganggu. Berikut ini cara membuat surat izin yang benar dan tepat.

Cara Menulis Surat Izin yang Baik dan Benar

Inilah beberapa tahapan dalam membuat surat izin yang baik dan benar :

  1. Tempat dan tanggal pada pembuatan surat
  2. Tuliskan nama dan gelar kepada siapa surat tersebut ditujukan
  3. Salam pembuka, umumnya yang biasa digunakan adalah “Dengan hormat”
  4. Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada yang dituju. Susunan kalimat yang digunakan pun biasanya cukup singkat namun efektif
  5. Isi surat, jelaskan alasan pasti mengapa dibuatnya surat tersebut
  6. Penutup, berisikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada si penerima surat
  7. Tanda tangan dari pihak yang meminta izin
Baca Juga :   17+ Contoh Surat Keterangan Umum, Biasa, Dinas, Kerja, Magang, Kuliah, KPR, Perusahaan Lengkap

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

Seorang siswa SMA tentu sudah mahir dalam membuat surat izin. Maka ketika anda sakit dan tidak bisa masuk sekolah, anda bisa membuat sendiri contoh surat izin sakit tersebut. jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan orang tua atau wali pada surat izin tersebut.

3 Contoh Serta Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

 

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Aturan dalam mengajukan surat izin tidak masuk kerja karena sakit pada setiap perusahaan tentu berbeda-beda. Ada yang harus dengan surat dokter, ada juga yang boleh tulis tangan sendiri (apabila sakitnya tidak lama), dan lain sebagainya. Berikut ini contoh surat izin tidak bekerja karena sakit.

3 Contoh Serta Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

 

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja PNS

Menjadi seorang PNS tentunya memiliki aturan sendiri, termasuk saat anda tidak bisa masuk kerja. Lain halnya dengan perusahaan swasta, izin tidak masuk kerja seorang PNS yang bekerja baik di dunia pendidikan maupun kedinasan lainnya akan menjadi sedikit rumit. Contohnya seperti di bawah ini.

3 Contoh Serta Cara Menulis Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

 

Sekian pembahasan dari contoh surat izin sakit atau tidak masuk bekerja yang baik dan benar, dilengkapi dengan tata cara membuatnya. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda semua, dan bisa menjadi referensi yang tepat.

Baca Juga :