Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Bahasa Inggris Yang Baik dan Benar Beserta Artinya

Posted on

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Bahasa Inggris Yang Baik dan Benar Beserta Artinya

Sahabat tutorial bahasa inggris untuk kesempatan kali ini mimin akan mebagikan artikel mengenai surat pengunduran diri  (Surat Resign ) didalam bahasa inggris , dalam suatu pekerjaan pasti saja terdapat faktor-faktor bahkan permasalahan didalam perusahaan yang menjadikan alasan untuk anda keluar dari pekerjaan anda. Seperti adanya persaingan yang tidak sehat diantara rekan kerja atau anda sudah tidak betah lagi bekerja disuatu perusahaan dan ingin mencari pengalaman ditempat kerja yang lain.

Akan tetapi jika anda memutuskan untuk keluar dari tempat anda bekerja, sebaiknya anda harus mengambil langkah yang tepat dan terhormat akan lebih baik jika anda mengajukan surat pengunduran diri atau surat resign terlebih dahulu sesuai dengan format atau prosedur yang diminta, terlebih lagi jika anda yang bekerja diperusahaan multi nasional atau perusahaan asing yang mengharuskan anda untuk menulis surat resign dalam bahasa inggris.

Sebagai informasi , bahwa surat resign sangatlah penting, sebagaimana anda ketika ingin bekerja atau masuk ke sebuah perusahaan secara baik-baik melalui surat lamaran kerja yang anda buat sebaik mungkin.

Hal ini merupakan suatu etika yang baik jika anda ingin keluar secara baik-baik pula. Selain itu nantinya anda juga harus meminta surat pengalaman kerja yang baik dalam Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia sehingga dapat menjadi acuan ketika anda akan melamar kerja kembali di perusahaan domestic maupun perusahaan asing agar tidak meragukan kemampuan yang anda miliki. Tentunya jika anda memiliki pengalaman dan prestasi yang bagus selama anda bekerja diperusahaan yang lama maka akan sangat menunjang dan menjadi pertimbangan yang khusus untuk perusahaan yang baru.

Bagaimana cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar

Penulisan surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar haruslah memerhatikan bagaimana cara penulisan serta pemilihan bahasa yang tepat dan sopan. Surat pengunduran diri kerja bersifat resmi sehingga diusahakan menggunakan bahasa yang baku dan disesuaikan dengan pemilihan kata-kata yang baik dan benar untuk mewakilkan diri seorang karyawan terhadap perusahaan.

Baca Juga :   Advertisement : Pengertian, Fungsi, Tujuan Beserta Contoh Dalam Bahasa Inggris

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat pengunduran diri kerja kepada perushaan

  • Anda tidak boleh melupakan mengucapkan rasa terimakasih anda kepada perusahaan yang selama ini sudah memberikan sedikit banyaknya pengalaman kerja terhadap anda, dan anda juga pernah merasakan dan melewatkan susah dan senang bersama.
  • Penulisan harus menggunakan bahasa yang baku tentunya secara baik dan sopan , tunjukan rasa hormat serta profesionalisme anda terhadap perusahaan yang akan anda tinggalkan.
  • Jika anda pernah merasakan hal yang tidak menyenangkan terhadap perusahaan atau atasan anda, maka hal tersebut tidak perlu disampaikan didalam surat pengunduran diri ini, karena hal tersebut akan menimbulkan dampak yang negatif atau tidak baik untuk anda. Berikan kesan yang positif selama anda bekerja di perusahaan tersebut, karena kemungkinan besar perusahaan yang anda tinggalkan akan merekomendasikan anda ketika anda ingin melamar pekerjaan yang baru.
  • Sampaikan maksud dan alasan anda dengan tepat, jelas dan bijak, secara singkat tidak harus panjang lebar.
  • Sampaikan rasa apresiasi anda terhadap perusahaan dengan memberikan pujian/dorongan terhadap perusahaan yang akan anda tinggalkan.

Untuk lebih membantu kalian kali ini mimin akan memberikan beberapa referensi contoh surat pengunduran kerja dalam bahasa inggris untuk semua teman-teman tutorial bahasa inggris. Yuk langsung kita simak contoh-contoh berikut ini :

Contoh surat pengunduran diri bahasa inggris dan artinya

Contoh 1:

Jakarta, May 26, 2019

 

Mr.Edo Alexis

Managing Director

Angkasagroup

Jl. Soekarno Hatta

Jakarta

 

Dear sir,

Through this letter, I respectfully declare that I submitted a resignation from your father’s company starting from May 31, 2019.

I feel that now is the right time for me to develop and start my career in another field. I am very grateful if you can confirm and receive notification of the date of my resignation. If there are things that I still have to resolve before I leave, please let me know so I will finish it as well as possible.

I also want to express my gratitude to the Angkasagroup company that has been accepting me and supporting me when I work. I also hope that you and all Angkasagroup employees will be successful and continue to provide the best for consumers.

For your attention and wisdom I say thank you.

Baca Juga :   ADJECTIVE : Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris Terlengkap

 

Best regards

Alya Pratiwi

 

Terjemahan :

Jakarta, 26 Mei 2019

 

Mr. Edo Alexis

Manager Direktur

Angkasagroup

Jl. Soekarno Hatta

Jakarta 

 

Dear sir,

Melalui surat ini, dengan rasa hormat saya menyatakan bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari perusahan bapak terhitung mulai dari tanggal 31 mei 2019.

Saya merasa bahwa sekarang ini adalah waktu yang sangat tepat untuk saya mengembangkan dan memulai karier saya di bidang yang lain. Saya sangat berterimakasih sekiranya anda dapat mengkonfirmasi  serta menerima pemberitahuan tanggal pengunduran diri saya. Apabila terdapat hal-hal yang masih harus saya selesaikan sebelum saya pergi, mohon beri tahu saya maka saya akan menuntaskannya dengan sebaik mungkin.

Saya juga ingin menyampaikan rasa terimakasih saya terhadap perusahaan Angkasagroup yang selama ini telah menerima saya dan mendukung kareir saya dalam bekerja. Saya juga berharap supaya anda dan seluruh karyawan Angkasagroup sukses dan terus memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Atas perhatiannya dan kebijaksanaanya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya

Alya Pratiwi

Contoh 2 :

Surabaya, August 18, 2016

Mrs. Susi Atmaja

Main Director

Intel Corporation

Jl. Mataram Raya No. 19

Surabaya

 

With respect,

Through this letter I would like to inform and state to you that I want to resign from your company, starting from tomorrow is the last day I work at Intel Corporation.

I am very grateful and also appreciate the guidance and support during my work at this company. But I feel this is a very appropriate time for me to start my own business. I hope you and also this company will continue to progress and always succeed.

If there are still things I need to do before I leave, please immediately let me know. Thus I made this letter with respect, thank you for the policy and attention so far.

 

Best regards

Anggela

Terjemahan :

Surabaya , 18 Agustus 2016

 

Ibu Susi Atmaja

Direktur Utama

Intel Corporation

Jl. Mataram Raya No. 19

Surabaya 

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya ingin memberitahukan dan menyatakan kepada anda bahwa saya ingin mengundurkan diri dari perusahaan anda, terhitung mulai besok adalah hari terakhir saya bekerja di Intel Corporation.

Saya sangat berterimakasih dan juga menghargai bimbingan dan juga dukungan selama saya bekerja di perusahaan ini. Akan tetapi saya merasa ini adalah waktu yang sangat tepat untuk saya memulai usaha saya sendiri. Saya berharap anda dan juga perusahaan ini akan terus maju dan sukses selalu.

Apabila masih terdapat hal-hal yang perlu saya kerjakan sebelum saya pergi, mohon segera beritahu saya. Demikianlah surat ini saya buat dengan hormat, terimakasih atas kebijakan dan perhatiannya selama ini.

 

Baca Juga :   FYI & DIY : Penjelasan Beserta Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris Terlengkap

Hormat saya

Anggela

 

Contoh 3 :

Dear Mr. Dieogo Putra

I am writing this letter to declare my resignation from the company Megadesign you are leading. The reason I resign is because I want to develop my career in another field and now is the right time for me to start.

I really enjoyed my time working with teams at this company. I am also very grateful because in this company I have a very meaningful work experience in my career.

In the future I hope that Megadesign can continue to grow into a successful company, and always provide the best for consumers.

With all respect I say thank you for your attention and wisdom.

 

Bandung, January 1, 2018

Best regards,

Andrea

Terjemahan :

Dear Mr. Dieogo Putra

Saya menulis surat ini adalah untuk menyatakan pengunduran diri saya dari Megadesign perusahaan yang anda pimpin. Alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya ingin mengembangkan karier saya dibidang yang lain dan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk saya memulainya.

Saya sangat menikmati masa-masa saya bekerja dengan para tim di perusahaan ini. Saya juga sangat berterimakasih karena diperusahaan ini saya mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berarti dalam karier saya.

Untuk kedepannya saya berharap semoga Megadesign dapat terus berkembang menjadi perusahaan yang sukses , serta selalu memberikan yang terbaik untuk para konsumen.

Dengan segala rasa hormat saya ucapkan terimakasih atas perhatianya dan kebijaksanaanya.

 

Bandung , 1 Januari 2018

Hormat saya,

Andrea

 

Surat pengunduran diri diatas merupakan sebuah ilustrasi. Yang harus diperhatikan adalah ketika penulisan dan pemilihan kata-kata yang sesuai karena  surat resign dapat menimbulkan dampak terhadap surat keterangan pengalaman kerja. Usahakan agar perusahaan yang anda tinggalkan tidak merasa kecewa terhadap anda.

Pastikan anda membuat surat pemberitahuan terlebih dahulu sebelum anda mengundurkan diri, hal ini bertujuan agar perusahaan yang anda tinggalkan dapat memiliki waktu untuk melakukan seleksi karyawan baru ataupun memberikan posisi anda kepada karyawan yang lain, umumnya surat pemberitahuan atau notifikasi dan surat resign berbahasa inggris dibuat berjarak dalam kurun waktu 1 bulan.

 

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk teman-teman semua ya. Jangan lupa nantikan artikel mimin selanjutnya , keep spirit of English.

 

Baca Juga :