Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar Beserta Alasannya Lengkap

Posted on

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri – Ada banyak hal yang membuat kita tidak nyaman atau tidak betah saat bekerja di suatu perusahaan, sehingga membuat kita harus mengundurkan diri. Misalnya ketika sakit kita harus berhenti bekerja, dan membuat surat pengunduran diri. Atau dikarenakan stres, yang dipicu oleh beragam konflik yang ada di perusahaan tersebut.

Pada saat anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan anda, maka pastikan proses resign dari pekerjaan tersebut sesuai dengan proses pengunduran diri karyawan yang berlaku.

Surat pengunduran diri adalah jenis surat yang banyak dibutuhkan oleh para pekerja. Baik di instansi pemerintah, sekolah, universitas, perusahaan swasta dan lain sebagainya. Surat pengunduran diri dibuat ketika seseorang sudah tidak nyaman lagi bekerja di perusahaan tempatnya bekerja. Atau ketika seseorang ingin mencari pekerjaan lain yang lebih baik dari pekerjaan yang sekarang. Misalnya untuk mencari pengalaman baru dengan suasana dan kondisi yang baru.

Bila anda ingin mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan dengan cara yang baik dan benar, dan juga beretika maka anda membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat surat pengunduran diri atau surat resign dari perusahaan anda bekerja saat ini. Surat resign atau surat pengunduran diri adalah indikator bila anda merupakan pekerja dengan etika yang baik dan sopan. Di saat anda melamar pekerjaan dengan surat lamaran yang baik dan benar, sudah menjadi etika anda untuk keluar dengan surat resign yang baik dan benar juga.

Baca Juga :   Teks Upacara : Contoh Susunan Upacara Bendera Hari Senin Di Sekolah Lengkap

Di bawah ini ada beberapa contoh surat resign yang simpel, yang mungkin akan bermanfaat bagi anda bila anda ingin keluar dari pekerjaan anda yang sekarang, atau akan mencari tempat dan pekerjaan yang baru dan lebih baik.

Apa Yang Dimaksud Dengan Surat Pengunduran Diri / Resign

Surat pengunduran diri atau surat resign adalah surat yang isinya adalah tentang keterangan yang sifatnya normal, yang menyatakan bahwa seseorang akan mengundurkan diri dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah. Hal ini menjadi hak dari setiap karyawan atau seseorang jika mundur dari jabatan yang dimilikinya.

Seorang pekerja yang keluar atau mundur dari jabatannya bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti misalnya visi dan misi dari tempat ia bekerja, yang sudah tidak sesuai lagi dengan dirinya. Faktor lingkungan kerja yang sudah tidak kondusif lagi, atau karena perusahaan tempat anda bekerja akan mengalami kerugian atau gulung tikar.

Berikut ini akan kami paparkan contoh alasan yang realistis yang akan menjadi bahan pertimbangan anda, jika anda kebingungan mencari alasan untuk mengundurkan diri yang akan ditulis di surat resign tersebut.

Alasan Resign Dari Kerja Yang Baik, Benar Dan Realistis Serta Profesional

  1. Lingkungan kerja yang sudah dirasa tidak nyaman.
  2. Upah/honor yang tidak cukup atau jauh dari standar gaji.
  3. Jenuh dan ingin lebih observatif dengan tempat yang baru, jenjang karir yang di perusahaan tersebut stagnan atau tidak berkenan.
  4. Akan meneruskan studi pendidikan untuk menunjang karir yang lebih baik.
  5. Keluarga pindah domisili atau tempat tinggal.
  6. Memiliki anak kecil yang tidak bisa ditinggalkan untuk bekerja.
  7. Akan memulai usaha/bisnis sendiri.
  8. Ketidaksesuaian job desk dengan yang telah disepakati bersama.
  9. Kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk bekerja.
  10. Aturan perusahaan yang merugikan karyawan saat bekerja.
  11. Waktu jam kerja yang melebihi waktu jam kerja secara umum.
  12. Persaingan yang tidak sportif dengan sesama rekan kerja.
Baca Juga :   30 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya Lengkap

Berikut ini ada beberapa alasan yang kurang tepat, jika anda akan mengundurkan diri atau membuat surat resign. Berikut ini contoh surat resign yang kurang layak ditulis :

  1. Tidak suka dengan rekan/partner kerja yang sifatnya sombong.
  2. Atasan yang terlalu otoriter.
  3. Iri pada karyawan yang mudah naik dalam proses jenjang kerja.
  4. Cinta yang ditolak oleh salah satu rekan kerja.
  5. Difitnah oleh rekan kerja.
  6. Tidak ada tempat makan yang nyaman.
  7. Jauh dari air.
  8. Dekat dengan mantan kekasih.
  9. Dekat dengan mantan kekasih yang sudah menikah.
  10. Makanan di kantor yang rasanya tidak enak.

Jika anda akan mengajukan surat pengunduran diri sebaiknya pilih alasan yang tepat dan profesional. Dengan bahasa yang sopan, jelas dan profesional. Agar ketika anda benar-benar keluar dari perusahaan tersebut timbul rasa berat dari atasan untuk melepaskan anda.

Fungsi Surat Pengunduran Diri

  1. Untuk menentukan jelas atau tidak status seseorang dalam sebuah instansi pemerintah atau perusahaan.
  2. Memberi kesempatan bagi perusahaan tempat anda bekerja untuk mencari pengganti pekerja yang lain.
  3. Mengakhiri proses bekerja yang anda lakukan di sana.
  4. Sebagai sarana yang resmi dalam rangka mengundurkan diri dari perusahaan.
  5. Menunjukkan pada perusahaan jika anda adalah seorang pekerja yang profesional, baik secara sikap dan etika, serta moral.
  6. Menjadi sarana yang tepat untuk menunjukkan pada perusahaan bahwa anda loyal, datang dengan cara yang baik, dan keluar dengan cara yang baik juga.

Format Surat Pengunduran Diri

Bentuk dan format dari sebuah surat pengunduran diri sangatlah sederhana, semakin sederhana tentu akan semakin baik. Tapi anda juga harus tetap memerhatikan etika, karena pengunduran diri adalah hal yang kurang disukai oleh perusahaan manapun. Sederhananya pengunduran diri terdiri dari beberapa poin di bawah ini :

  1. Waktu, tanggal dan tempat resign diletakkan di bagian kanan atas.
  2. Nama dan alamat tujuan surat bisa di sebelah kanan atau di sebelah kiri. Tetapi di bagian kiri akan lebih menguntungkan.
  3. Isi surat pengunduran diri.
  4. Tanda tangan dan nama jelas.
  5. Materai.
Baca Juga :   Verba Transitif Dan Intransitif - Pengertian, Bentuk Kata Kerja Beserta Contohnya Lengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Contoh Surat Resign

Berikut ini contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Bila anda kerepotan atau kebingungan dalam membuat surat pengunduran diri yang tepat, maka anda bisa mencontoh dari surat pengunduran diri di bawah ini.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama                                   : BABUL ROHIM

Tempat, tanggal lahir       : Pelaihari, 11 Juni 1979

Jabatan                                  : Sekretaris Desa

 

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Sekretaris Desa terhitung sejak tanggal 4 Mei 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi memikul atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut. Demikian, harap menjadi maklum.

Bati-bati, 8 Desember 2017

Yang Menyatakan

 

BABUL ROHIM

Demikian pembahasan lengkap tentang cara membuat surat pengunduran diri beserta dengan contohnya yang bisa anda jadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Baca Juga :