Contoh Surat Rekomendasi : Struktur, Langkah Membuat Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Contoh Surat Rekomendasi : Struktur, Langkah Membuat Dan Contohnya Lengkap

Contoh Surat Rekomendasi – Kita perlu berkomunikasi dengan orang lain, dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan. Beragam jenis alat dan media juga sudah bisa digunakan, salah satunya adalah surat.

Contoh Surat Rekomendasi

Salah satu contoh surat yang sering digunakan adalah surat rekomendasi. Surat ini banyak digunakan untuk menambah nilai positif dari diri kita, dengan melalui sudut pandang orang lain misalnya dari dari atasan, kepala perusahaan, atau pun dosen.

Hal itu bergantung pada status dan pekerjaan kita. Surat rekomendasi akan memudahkan kita dalam melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, beasiswa, dan lain sebagainya. Kesimpulannya surat rekomendasi adalah surat yang dapat memperkuat dan menambah nilai kualifikasi seseorang saat akan melamar suatu pekerjaan.

Misalnya melamar pekerjaan, universitas, atau pun membantu menambah poin plus dalam pengajuan beasiswa.

Struktur Surat Rekomendasi

Langkah dalam membuat surat rekomendasi tidak rumit. Perlu anda ketahui bahwa surat ini termasuk jenis surat resmi. Sehingga ada beberapa kaidah yang harus dipatuhi yang harus dipatuhi supaya bisa membuat surat yang baik dan benar. Berikut ini struktur dan juga bagian dari surat rekomendasi :

Baca Juga :   Cara Membuat Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Kekinian Dan Profesional Serta Contohnya Lengkap
  • Kepala surat (Kop Surat). Bagian ini berada di bagian paling atas, kop surat diisi dengan nama dan alamat lengkap instansi/lembaga, jenis, dan nomor surat.
  • Isi surat. Isi surat dibagi menjadi dua bagian. Yaitu :
  1. Nama pemberi dan yang diberi rekomendasi. Bagian ini berisi nama pemberi rekomendasi, jabatan yang dimiliki, NIP, instansi, serta apa yang dirasa perlu dicantumkan. Sama halnya dengan yang diberi rekomendasi yang dapat berisi nama, alamat, dan hal lain yang diperlukan. Sebaiknya tidak usah mengisi bagian ini dengan terlalu lengkap, hanya secukupnya saja.
  2. Isi pokok surat. Bagian yang paling penting dari surat rekomendasi adalah isi. Di bagian ini, isi dengan jujur, dan sekiranya bisa mendapat respon yang positif serta menambah nilai di mata perusahaaan yang dilamar nantinya.
  • Penutup surat. Surat rekomendasi juga memiliki bagian penutup yang pada umumnya berisi tanggal surat,  nama pemberi rekomendasi serta jabatan dan perusahaan tempatnya bekerja.

Langkah Membuat Surat Rekomendasi yang Benar

1. Kualifikasi

Surat rekomendasi biasanya dibuat supaya memudahkan pihak ketiga misalnya perusahaan, organisasi, sekolah, dsb. Yang dalam hal ini harus ada kualifikasi tertentu, yang memuat beragam sisi yang positif dari seseorang yang akan dibuatkan sebuah surat rekomendasi. Contohnya membahas tentang prestasi akademik, non akademik dan lain sebagainya. Tentu hal ini membuat orang yang direkomendasikan terlihat berbeda dibanding dengan pesaing yang lainnya.

2. Deskripsi

Hal yang penting yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana mendeskripsikan, baik yang direkomendasikan atau yang merekomendasikan. Sehingga ada baiknya kedua pihak sudah saling mengenal dengan baik. Sehingga kredibilitas surat rekomendasi dapat dipertanggungjawabkan.

Perlu juga memerhatikan apa yang sekiranya dibutuhkan, contohnya yang berupa nomor khas perekomendasi, jabatan yang dipegang, nama instansi, dan juga selama apa kedua pihak saling mengenal.

Baca Juga :   Teks Upacara : Contoh Susunan Upacara Bendera Hari Senin Di Sekolah Lengkap

3. Motivasi

Sebuah poin penting yang jarang dihiraukan oleh perekomendasi adalah bagian motivasi, mengapa surat itu dibuat. Surat rekomendasi ini harus didasari dengan alasan yang kuat, supaya si penerima surat dapat mengetahui sejauh mana dan sebesar apa keinginan pemilik surat rekonendasi. Contohnya dalam hal motivasi untuk melanjutkan studi, memperjuangkan beasiswa, dan lain sebagainya.

4. Kemampuan Ekstra Yang Dimiliki

Poin plus akan diperoleh bila di dalam surat rekomendasi dicantumkan prestasi sebanyak mungkin, yang sekiranya tidak dimiliki oleh orang lain. Contohnya orang yang direkomendasikan ini mempunyai kemampuan sebagai conten creator, pernah  menjadi mahasiswa pertukaran pelajar ke Eropa, memiliki channel youtube dengan ratusan ribu pelanggan, dan lain sebagainya. Dan tentu akan sangat rugi bila ada hal yang menarik dan unik seperti ini, tidak dicantumkan di dalam surat rekomendasi.

Bila sudah mengetahui bagaimana langkah dalam membuat surat rekomendasi maka berikut ini beberapa contoh dari surat rekomendasi.

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Untuk Melanjutkan Studi

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Untuk Melamar Beasiswa

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Untuk Kegiatan Organisasi

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Untuk Mengikuti Sebuah Program

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Untuk Pindah Tugas

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi untuk Pe mbuatan Passport

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Dari Kampus/ Sekolah Untuk Mengikuti Kegiatan

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi untuk Mendapatkan Beasiswa Kurang Mampu

Contoh Surat Rekomendasi

Demikian beberapa contoh surat rekomendasi yang disertai dengan struktur surat dan langkah membuat surat rekomendasi lengkap. Semoga artikel ini membantu anda dalam membuat sebuah surat rekomendasi yang serupa. Dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat, bagi anda yang ingin membuat surat rekomendasi.

Baca Juga :   Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya Lengkap

Baca Juga :