Supervisi Pendidikan – Pengertian, Definisi, Tujuan dan Sasarannya Lengkap

Posted on

Definisi Dan Pengertian Supervisi Pendidikan Lengkap 

Pengertian Supervisi Pendidikan – Definisi atau pengertian dari supervisi pendidikan adalah pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru, dan juga pegawai sekolah dalam melakukan perbaikan serta peningkatan mutu dalam belajar mengajar.

Supervisi Pendidikan

Secara etimologi supervisi pendidikan diambil dari kata super yang artinya memiliki kelebihan seperti kedudukan atau kualitas. Dan visi artinya adalah melihat atau mengawasi. Sehingga di dalam dunia pendidikan supervisi adalah pengawasan yang dilakukan dalam bidang pendidikan.

Walaupun disebut dengan pengawasan supervisi ini sifatnya human dan manusiawi. Kegiatan supervisi bukan untuk mencari kesalahan tapi lebih banyak mengandung unsur pembinaan, supaya pekerjaan yang disupervisi dapat diketahui kekurangannya dan bisa segera diperbaiki.

Orang yang melakukan kegiatan supervisi disebut dengan supervisor. Diantaranya seperti pejabat atau petugas dari kantor pembinaan, kepala sekolah, guru dan murid juga bisa disebut dengan supervisor bila mengemban tugas sebagai pemimpin kelas, organisasi, atau kelompok.

Supervisi Menurut Beberapa Ahli

  1. Supervisi menurut Purwanto adalah akitivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu guru dan pegawai sekolah dalam melakukan pekerjaan dengan cara yang efektif.
  2. Supervisi menurut P. Adams dan Frank G. Dickey adalah program yang mempunyai rencana dalam memperbaiki pengajaran.
  3. Supervisi menurut Prof. Dr. Bahruddin Harapan adalah kegiatan yang dijalankan oleh orang-orang yang menimbulkan atau mempunyai komunikasi dua arah.
  4. Supervisi menurut Boardman adalah usaha dalam menstimulir dan mengkoordinir sampai membimbing pertumbuhan guru, di sekolah secara kontinyu atau berkelanjutan. Baik secara individu atau secara kolektif supaya bisa lebih dimengerti dan efektif dalam upaya mewujudkan fungsi pengajaran yang lebih menyeluruh. Sehingga mereka sanggup untuk lebih aktif dalam berpartisipasi dengan masyarakat yang demokrasi dan modern.
Baca Juga :   Peran Manifesto Politik 1925 : Kongres Pemuda 1928 dan Kongres Perempuan Pertama

Tujuan Dan Sasaran Supervisi

  1. Untuk meningkatkan mutu dan kinerja bagi para guru.
  2. Untuk meningkatkan keefektifan kurikulum supaya berdaya guna dan bisa terlaksana dengan baik.
  3. Untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi sarana dan prasarana yang ada supaya bisa dikelola serta dimanfaatkan dengan baik. Sampai dapat mengoptimalkan keberhasilan para siswa.
  4. Untuk meningkatkan kualitas dalam pengelolaan sekolah. Khususnya untuk mendukung terciptanya suasana kerja yang optimal, bagi setiap siswa dan bisa mencapai prestasi belajar sesuai dengan yang diharapkan.
  5. Untuk meningkatkan kualitas dalam situasi umum sekolah supaya tercipta situasi tenang dan tentram.

Sasaran Supervisi Pendidikan

  1. Supervisi akademik
  2. Supervisi administrasi
  3. Supervisi lembaga

Sekian pembahasan tentang pengertian supervisi pendidikan menurut para ahli, dan juga tujuan serta sasarannya lengkap. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat bagi setiap pembaca.

Baca Juga :