Descriptive Text , Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Ciri, Dilengkapi Contoh Bahasa Inggris

Posted on

Descriptive Text , Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Ciri, Dilengkapi Contoh Bahasa Inggris

 

Halo sahabat  Tutorial Bahasa Inggris , welcome to my web.  Didalam pelajaran Bahasa Indonesia maupun dalam kehidupan sehari-hari pasti kalian sudah pernah mendiskripsikan atau mengambarkan suatu hal atau benda dalam bentuk sebuah teks. Nah seperti halnya pada Bahasa Indonesia , didalam bahasa inggris pun kita bisa mendiskripsikan suatu hal atau benda dalam bentuk sebuah teks yang dikenal dengan “ Descriptive Text” dalam Bahasa Inggris.

Lalu apakah arti dari Descriptive Text tersebut ? untuk mengetahui penjelasan selengkapnya , yuk mari kita simak penjelasan berikut ini .

 

Pengertian Descriptive Text

Dalam Bahasa Inggris Descriptive Text adalah merupakan sebuah tulisan atau teks yang menggambarkan  ciri-ciri ataupun sifat-sifat yang terdapat pada sesuatu seperti, manusia, benda, hewan , tumbuhan dan lain sebagainya.

Tujuan Descriptive Text

Descriptive Text memiliki tujuan yaitu untuk menggambarkan  segala sesuatu seperti manusia, hewan, benda dan yang lainnya. Dengan menggambarkan bentuk, ciri ataupun sifat yang melekat  seperti ukuran, warna , jenis, berat dan yang lain sebagainya. Sehingga  secara tidak langsung kita dapat mengetahui  seperti apa gambaran dari sesuatu yang didiskripsikan atau digambarkan tersebut , meskipun tanpa melihatnya.

 

Generic Structure Of Descriptive Text

Dalam penulisan suatu teks pasti sudah mempunyai  aturan tersendiri  dalam penulisannya, termasuk pada Descriptive Text.  Pada Descriptive Text tentunya juga memiliki aturan dalam penulisannya, termasuk dalam struktur susunan yang harus ditulis secara urut.  Berikut ini adalah Generic Structure dari Descriptive Text  :

Baca Juga :   9 Istilah Debat Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Dikuasai Terlengkap
  • Identification

Indentification terdapat pada paragraph pertama dalam Descriptive Text.  Identification bertujuan untuk mengidentifikasikan sesuatu yang ingin didiskripsikan ( digambarkan ).

Pada bagian ini identification berfungsi untuk memperkenalakan kepada para pembaca tentang sesuatu atau objek  yang akan digambarkan sebelum diberitahu sifat-sifatnya ataupun menjelaskan  secara kesuluruhanya. Tujuannya agar si pembaca tidak sampai salah mengartikan apa yang didiskripsikan.

 

Contoh :

kamu akan membuat descriptive text mengenai rumah barumu, maka isi dari indentificationya adalah : aku baru saja membeli rumah baru. Sebenarnya aku sudah lama ingin membeli sebuah rumah untuk keluarga, tapi baru sekarang aku bisa membelinya . kesimpulannya adalah yang akan didiskripsikan ( Digambarkan ) adalah rumahku, bukan rumah orang lain.

 

  • Description

Description terdapat pada paragraf kedua dan seterusnya, bagian ini menjelaskan tentang ciri atau sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu indentification atau kenalkan pada paragraf pertama.

Contoh :

Bagian ini melanjutkan dari paragraf pertama. “ Rumah baruku ini memiliki tipe minimalis, dengan 3 kamar tidur , 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga dan 1 dapur. Rumah ini juga memiliki taman dibagian belakang dan juga sebuah kolam renang.

 

Ciri-ciri Descriptive Text

Berikut ini adalah ciri-ciri dari Descriptive Text yang harus kamu ketahui :

  1. Menggunakan Simple Present Tense

Descriptive Text menggunakan simple present tense karena teks ini akan menggambarkan fakta atau kebenaran yan melekat pada sesuatu ataupun orang. Dan simple present tense memiliki fungsi untuk menggambarkan sebuah fakta. Maka dari itu kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk pertama ( Verb 1).

 

  1. Menggunakan Adjective ( Kata Sifat )

Dalam descriptive tekt akan banyak terdapat kata sifat ( Adjective ) ini dikarenakan fungsi dari teks ini adalah menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya. Kata  adjective itu seperti, beuatifull, smart, diligent, handsome, tall dan lain sebaginya. Namun jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka akan ada tambahan huruf dibagian belakang  seperti,  “ ing, nt, ve “ .

  1. Menggunakan Relating Verb ( Kata Kerja Penghubung ).
Baca Juga :   √ Imperative Sentence : Pengertian, Jenis, Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris Terlengkap

Descriptive Text banyak menggunakan relating verb atau kata kerja penghubung.  Relating Verb yang sering digunakan yaitu “is”

 

Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya

Venice

 

Venice is a city in Northern Italy, this beautiful city is known as the “Adriatic Queen”, “City of Bridge”, and “The City of Light”.

In this city there are 117 small islands in the swampy Venetian Lagoon along the Adriatic Sea in northeast Italy. Venice is famous in the eyes of the world because of the many canals found in the city. The city is built on 117 islands which are formed by around 150 canals in shallow lagoons. The islands where the cities are built are connected by around 400 bridges. In the center of the oldest city, canals function as roads, all forms of transportation are in the water or on foot.

You can ride the gondola there. Gondola is a classic boat from Venice, the boat is used mostly for tourists and can be used for various events or activities. The city has many private boats. The only gondola that is still often used in Venice is Traghetti, and Ferries. Pedestrians who cross the Grand Canal without bridges only at certain points.

 

Terjemahan :

Venisia

 

Venisia adalah sebuah kota di Italia Utara , kota cantik  ini dikenal sebagai “ Ratu Adriatik” , “ City of Bridge “ , dan “ The City Of Light “.

Dikota ini terbentang 117 pulau kecil di Laguna Venetian yang berawa-rawa di sepanjang Laut Adriatik di timur laut Italia. Venesia terkenal dimata dunia karena kanal-kanal yang banyak terdapat dikota tersebut. Kota ini dibagun diatas 117 pulau yang dibentuk oleh sekitar 150 kanal di Laguna dangkal.  Pulau-pulau tempat kota-kota itu dibangun dihubungkan oleh sekitar 400 jembatan. Dipusat kota tertua, kanal berfungsi sebagai jalan, segala bentuk transportasi berada di air atau berjalan kaki.

Baca Juga :   Discussioan Text : Pengertian, Ciri , Generic Structure Dan Contoh Dalam Bahasa Inggris

Anda bisa menaiki gondola disana . Gondola adalah perahu kelasik yang berasal dari venesia , perahu tersebut digunakan sebagian besar untuk wisatawan dan dapat digunakan untuk berbagai acara atau kegiatan. Kota ini memiliki banyak perahu pribadi. Satu-satunya gondola yang masih sering digunakan di venesia adalah Traghetti, dan Feri. Pejalan kaki yang menyebrangi Grand Canal tanpa jembatan hanya pada titik-titik tertentu saja.

 

Penjelasan :

  • Paragraf pertama , Identification : berisi tentang gambaran sepintas mengenai kota venisia yang akan didiskripsikan, menjelaskan bahwa sebuah kota di Italia bagian Utara yang dimaksud adalah Kota Venisia.
  • Paragraf kedua , Identification : menjelaskan sifat-sifat atau ciri yang melekat pada  kota Venisia seperti :
  1. Terbentang 117 pulau kecil di Laguna Venetian.
  2. Dibentuk oleh sekitar 150 kanal di Laguna dangkal.
  3. Dihubungkan oleh sekitar 400 jembatan.
  4. Segala bentuk transportasi berada di air atau berjalan kaki.

 

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Tujuan, Ciri, Descriptive Text dan Contohnya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua ya, terus simak materi dari Tutorial Bahasa Inggris , Terimakasih.

 

Baca Juga :