Discussioan Text : Pengertian, Ciri , Generic Structure Dan Contoh Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Discussioan Text : Pengertian, Ciri , Generic Structure Dan Contoh Dalam Bahasa Inggris

Diskusi adalah suatu kegiatan yang sering kita lakukan , diskusi menjadi salah satu kegiatan yang sering di lombakan pada tingkat sekolah, sehingga tidak jarang jika bentuk teks dalam diskusi juga ikut di pelajari.

Materi kali ini akan berhubungan dengan diskusi yaitu mengenai Discussion Text dalam bahasa inggris, berikut ini admin akan memberikan penjelasan selengkapnya beserta contoh dalam bahasa inggris, yuk langsung saja kita simak.

Pengertian Discussion Text , Ciri, Struktur Beserta Contoh Dalam Bahasa Inggris

Diskusi merupakan suatu kegiatan atau proses dalam membicarakan atau membahas sesuatu untuk menemukan tujuan dari percakapan dengan cara menukarkan ide atau pikiran .

Pengertian Discussion Text

Discussion Text adalah sebuah text diskusi yang memaparkan diskusi dari suatu tema tau materi yang di angkat menjadi bahan Diskusi. Kemudian dari teks tersebut kita dapat melihat apa yang di perdebatkan dalam debat tersebut.

 

Ciri Discussion Text

  • Menggunakan Simple Present Tense.
  • Banyak menggunakan kata yang berupa pendapat atau opini.
  • Banyak melakukan perbandingan.
  • Menggunakan kata additive
  • Banyak mengungkapkan suatu fakta mengenai suatu hal.

 

Generic Structure Dari Discussion Text

  • Issue : isu berisi tentang suatu hal atau masalah yang akan men jadi bahan dalam diskusi.
  • Supporting Point : berisi kalimat – kalimat pendukung isu yang sedang di angkat atau di ambil.
  • Contrasting Point : Contrasting Point tersebut berbeda dengan Suppoting Point , dalam bagian Contrasting Point , membahas mengenai pendapat atau ide yang berlawanan.
  • Conclusion : Bagian ini berisi kesimpulan dari suatu paragraf.
Baca Juga :   Biografi Soekarno Dalam Bahasa Inggris Dan  Artinya

 

 

Contoh Discussion Text Dalam Bahasa Inggris

Aborsi : Pro Dan Kontra

Abortion is an act of eliminating a person’s life, precisely a baby or fetus in the womb. Abortion is a very viral thing in the middle of society, there are some people who think if the abortion is good but many also say that abortion is illegal.

In Indonesia, abortion is considered a bad act, an abortion is the same as killing someone and must be punished severely. However, since the population has increased and is also out of control, some people have begun to think that abortion might be a good solution in solving the problem of population explosion.

Abortion is one method in an effort to control birth rates, let’s look at the facts about population problems in a country. When a country faces a problem of population explosion, the government must find a method or way to solve it. But because the absence of a contraceptive method is one hundred percent effective and successful, abortion is the only way out when prevention fails.

In addition, abortion can cause many negative effects on women’s health. Women risk their health and life in undergoing surgery and its consequences. The most common complications are inflammation, disruption of menstrual patterns, infertility, endometriosis, uterine myomas, and various other types of ovarian disease.

So far, abortion has been a dilemma for countries with large populations. on the one hand abortion can control birth rates but on the other hand abortion carries terrible consequences, especially for women’s health.

 

Terjemahan :

Aborsi adalah suatu tindakan menghilangkan nyawa seseorang tepatnya Bayi atau janin yang ada dalam kandungan manusia. Aborsi menjadi suatu hal yang sangat viral di tengah – tengah masyarakat, beberapa orang ada yang berpendapat jika aborsi tersebut baik tetapi banyak juga yang menyatakan bahwa aborsi itu ilegal.

Baca Juga :   Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Bahasa Inggris Yang Baik dan Benar Beserta Artinya

Di Indonesia aborsi di anggap sebagai suatu tindakan yang buruk , aborsi sma saja seperti dengan membunuh orang dan harus di hukum dengan berat. Namun , sejak jumlah populasi bertambah dan juga tidak terkontrol , beberapa orang mulai menganggap bahwa aborsi mungkin bisa di jadikan sebagai solusi yang baik dalam memecahkan masalah ledakan populasi.

Aborsi adalah salah satu metode dalam upaya pengendalian angka kelahiran , mari kita lihat fakta mengenai masalah penduduk pada suatu Negara. Ketika sebuah Negara menghadapi suatu masalah ledakan penduduk, pemerintah harus menemukan metode atau cara untuk menyelesaikannya. Namun di karenakan tidak adanya metode kontrasepsi adalah seratus persen efektif dan sukses, aborsi menjadi satu satunya jalan keluar ketika pencegahan gagal.

Di samping itu , aborsi dapat menyebabkan banyak efek negatif bagi kesehatan para wanita. Para perempuan  mempertaruhkan kesehatan dan kehidupan mereka dalam menjalani operasi serta konsekuensinya. Komplikasi yang paling umum terjadi adalah peradangan, gangguan pola menstruasi , infertilitas , endometriosis , mioma uterus    , dan berbagai macam jenis penyakit ovarium lainnya.

Sejauh ini Aborsi telah menjadi suatu dilema bagi Negara – Negara dengan jumlah populasi penduduk yang besar . di satu sisi aborsi dapat mengontrol angka kelahiran akan tetapi di sisi lain aborsi membawa konsekuensi yang mengerikan , terutama untuk kesehatan para wanita.

 

Demikianlah materi mengenai Discussion Text, semoga dapat menjadi referensi belajar kalian , terus semangat belajar bahasa inggris.

Baca Juga :