Doa Sebelum Tidur Dan Sesudah Tidur Arab, Latin Dan Artinya Lengkap

Posted on

Doa Sebelum Tidur Dan Sesudah Tidur Arab, Latin Dan Artinya Lengkap

Doa Tidur – Tidur adalah hal yang paling nikmat yang diberikan Tuhan. Tidur juga merupakan sifat jaiz dari manusia, yaitu sifat yang memang harus ada pada manusia. Tak ada manusia yang bisa bertahan tanpa harus tertidur. Dalam suatu hadist disebutkan, “tidurnya orang yang berilmu itu lebih baik, ketimbang ibadahnya orang bodoh.” Nah, itulah kenapa menjadi orang yang berilmu itu penting.

Berikut ini akan dibahas lebih lengkap mengenai doa-doa tidur, sebelum dan sesudah bangun tidur, serta keutamaan doanya.

Doa Sebelum Tidur Bahasa Arab

Bismika allahumma ahyaa wabismika wa amuut.

Arti Doa Sebelum Tidur

Dengan membaca doa sebelum tidur tersebut artinya kita selalu meminta perlindungan dari Allah SWT, ketika kita sedang tidur sampai terjaga kembali. Karena tidak ada yang tahu hidup dan mati seseorang. Sehingga apabila Allah tiba-tiba menjemput kita saat sedang tidur, setidaknya kita selalu ada di dalam lindungan Allah. Dan juga  jika ada bahaya, seperti gempa dan lainnya, insya’allah Allah akan menjaga kita menghindar dari bahaya tersebut.

Contoh Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Dzikir adalah kegiatan dalam mengingat dan menyebut nama Allah dengan melafalkan kalimat toyibah. Dzikir tersebut dapat dilakukan sebelum kita tidur. Ada beberapa kalimat toyibah yang bagus Anda gunakan untuk berdzikir sebelum tidur. Sebenarnya semua kalimat toyibah bagus juga, tetapi memang ada yang bagus dilakukan di saat-saat tertentu, misalkan dzikir yang baik setelah solat wajib, setelah solat tahajut, setelah solat dhuha, hingga sebelum tidur.

Baca Juga :   Tanda tanda Kiamat Kecil Dan Besar Menurut Islam Lengkap

Beberapa bacaan dzikir yang baik dibaca sebelum tidur diantaranya yaitu :

  1. Membaca surat al ikhlas, dalam suatu hadist dijelaskan bahwa sebelum tidur, Rasulullah berdzikir dengan membaca surat al ikhlas, surat an naas, dan surat al falaq sebanyak 1 kali. Setelah itu, beliau meniupkan pada telapak tangan, kemudian mengusapkannya pada seluruh tubuh yang bisa dijangkau.
  2. Membaca surat al kafirun, surat ini juga bagus Anda baca sebelum tidur. cukup baca sebanyak 3 kali saja sebelum Anda mengucapkan doa sebelum tidur. Namun, apabila Anda ingin membacanya lebih banyak juga boleh saja.
  3. Membaca surat al Mulk dan as Sajadah, apabila Anda belum mengetahui bacaan surat al Mulk dan as Sajadah, Anda bisa mencarinya sendiri di al-quran, agar lebih mudah Anda juga bisa browsing di internet.
  4. Membaca ayat kursi, kebanyakan orang islam sudah familiar dengan bacaan surat kursi ini, namun, jika belum Anda bisa mencarinya di bagian awal juz 3 dalam al qur’an.
  5. Membaca 2 ayat terakhir surat al baqoroh, jika Anda belum mengetahui lafad 2 ayat terakhir surat al baqoroh ini, Anda bisa mencarinya di al qur’an. Surat al baqoroh merupakan surat ke-2 dalam al qur’an, sehingga kemungkinan Anda tidak akan kesulitan mencarinya sendiri.

Doa Bangun Tidur Bahasa Arab

Selain doa sebelum tidur, kita juga harus membaca doa setelah bangun tidur.

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’damaa amaa tanaa wa ilaihin nusyuur.

Arti Doa Bangun Tidur

Berikut arti doa sesudah bangun tidur :

“segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali dari kematian sementara, dan hanya kepada-Nya lah tempat kembali kami nanti.”

Doa ini adalah wujud rasa syukur kepada Allah yang telah membangunkan kita dari mati, tetapi bila Allah tak mengizinkan kita bangun tentu kita tidak akan bangun selamanya. Dengan masih bisa bangun di pagi hari pun, artinya Allah masih memberi izin pada kita untuk melihat matahari lagi, hidup di bumiNya, dan beribadah lagi padaNya.

Baca Juga :   Doa Pembuka Dan Penutup Acara Lengkap

Amalan Sunah Setelah Bangun Tidur

Setelah bangun tidur, usahakan untuk tak langsung lari begitu saja. Berdoa terlebih dahulu lalu lakukan beberapa amalan yang bermanfaat. Berikut ini beberapa jenis amalan sunnah yang harus kita lakukan setelah bangun tidur :

  1. Setelah bangun tidur, usaplah terlebih dahulu wajah Anda, hal itu bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk yang masih menggelayuti Anda.
  2. Baca doa sesudah tidur, seperti yang sudah disebutkan di atas. Jangan hanya membaca saja, tetapi resapi juga makna atau artinya.
  3. Sebelum membaca doa, sebaiknya usahakan untuk mendahuluinya dengan membaca basmalah terlebih dahulu.
  4. Setelah membaca doa setelah tidur, Anda bisa melanjutkannya dengan membaca ayat terakhir dari surat Ali Imran. Jika belum tahu cari di al qur’an dan hafalkan.
  5. Anda bisa meneruskannya dengan pergi ke kamar mandi untuk bersiwak atau menggosok gigi.
  6. Cuci tangan Anda terlebih dahulu.
  7. Terakhir yaitu berwudhu, berwudhu akan membuat kita lebih segar dan terhindar dari godaan setan. Anda juga bisa meneruskan dengan sholat tahajut apabila Anda sengaja bangun di sepertiga malam, atau apabila Anda bangun di pagi hari, Anda bisa langsung melanjutkannya dengan solat subuh.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

1. Mengingat kebesaran Allah

Dengan berdoa kepada Allah sebelum tidur, artinya kita mengingat kebesaran Allah SWT. Doa tersebut adalah doa meminta perlindungan dan menyerahkan diri kepada Allah, karena Allah lah yang memang berkuasa terhadap keselamatan, hidup, dan mati kita.

2. Tidur menjadi lebih berkualitas

Setelah berdoa hati menjadi tenang, dan waktu tidur pun menjadi lebih berkualitas. Tidur berkualitas akan bermanfaat positif bagi hidup kita, khususnya untuk kesehatan. Sehingga anda bisa bangun di pagi hari dengan segar dan beraktivitas dengan semangat.

Baca Juga :   Doa Di Pagi Hari, Hadist, Latin Dan Artinya Lengkap

3. Menghindarkan dari mimpi buruk

Jika pikiran sedang tidak tenang, maka kita akan mengalami mimpi buruk. Namun dengan berdoa sebelum tidur, maka kita bisa terhindar dari mimpi buruk.

4. Meninggal dalam keadaan fitrah

Jika sebelum tidur kita berdoa dan mengingat Allah, ketika Allah mengambil nyawa kita ketika sedang tidur, insya’allah kita meninggal dalam keadaan fitrah. Maksudnya kita meninggal dengan keridhoan Allah dan diampuni segala dosa-dosa kita.

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

1. Bentuk rasa syukur

Jika kita selalu berdoa sebelum tidur maka kita akan selalu dilindungi oleh Allah SWT, sehingga setelah bangun dari tidur kita harus mengucap rasa syukur. Rasa syukur ini akan memberi kita kesempatan untuk kembali beraktivitas dan beribadah lagi pada Allah.

2. Sebagai doa sebelum melakukan aktivitas

Doa setelah bangun tidur ini juga sebagai doa agar Allah melancarkan dan memberikan ridho atas setiap aktivitas dan langkah yang akan kita lakukan.

3. Melapangkan dan meringankan pekerjaan

Apabila Allah meridhai segala pekerjaan yang kita lakukan, maka semuanya akan menjadi lebih ringan. Karena Allah sudah melapangkan dan memudahkan jalan kita.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang Doa Tidur, baik arab, latin maupun artinya serta keutamaan baca doa sebelum dan sesudah tidur. Semoga dapat dipahami dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :