Elektroskop : Bagian, Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap

Posted on

Elektroskop : Bagian, Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap

Elektroskop – Elektroskop adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk mengetahui jenis muatan suatu benda. Sehingga fungsi dari elektroskop ini yaitu untuk mengetahui jenis muatan pada sebuah benda. Dalam menentukan jenis muatan benda itu tidak mudah. Untuk bisa menentukan jenis muatan suatu benda, maka harus dilakukan suatu pemisahan muatan yang dilakukan dengan cara induksi. Sehingga elektroskop tersebut menjadi memiliki muatan.

Bagian Dari Elektroskop

Elektroskop terdiri dari dua bagian yang penting, yaitu bola logam dan daun elektroskop. Bagian ini terdiri dari  tabung kaca, dua buah daun elektroskop, insulator, dan bola logam. Daun elektroksop akan diletakkan di dalam tabung kaca, yang akan terhubung dengan bola logam yang ada di luar tabung kaca tersebut. penghubung antara daun tersebut dan bola logam adalah konduktor.

Dalam kondisi yang netral jumlah muatan positif pada elektroskop jumlahnya sama dengan jumlah muatan negatifnya. Cara kerja dari sebuah elektroskop dibagi menjadi dua, yaitu induksi dan konduksi.

Cara Kerja Elektroskop

Cara kerja elektroskop dibedakan menjadi dua cara yaitu induksi dan konduksi, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Memberi muatan elektroskop dengan cara induksi

Cara memberi suatu muatan listrik pada elektroskop dengan induksi, akan dilakukan pada sebuah elektroskop yang sifatnya netral. Elektroskop yang sifatnya netral yang didekati oleh benda yang bermutan negatif, akan menarik muatan positif dari daun ke bola logam yang letaknya di bagian atas.

Muatan negatif yang ada pada bola logam pun akan tolak menolak dengan muatan benda, yang didekatinya dan yang menuju ke daun elektroskop. Sehingga kedua daun elektroskop itu mempunyai kelebihan elektron, yang muatannya negatif dan akan saling menjauh karena keduanya bermuatan negatif.

Baca Juga :   Hukum Newton 1 2 3 : Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soalnya Lengkap

Semakin besar jumlah muatannya maka akan semakin jauh jarak antara kedua daun kaki elektroskop tersebut. kondisi yang sama juga akan terjadi pada benda yang muatannya positif, yang diinduksi pada elektroskop.

Cara kerja dari elektroskop secara induksi ini, tidak bisa digunakan dengan menentukan jenis muatan pada suatu benda. Untuk menentukan muatan benda bisa dilakukan dengan cara konduksi.

Proses cara kerja elektroskop dapat dilihat seperti contoh di bawah ini :

  • Elektroskop yang netral didekati oleh benda yang muatannya negatif

  • Elektroskop netral yang didekati oleh suatu benda yang muatannya positif

 

2. Memberi muatan elektroskop dengan cara konduksi

Cara kerja elektroskop dengan cara induksi bisa dilakukan pada elektroskop yang sifatnya tidak netral. Sehingga bola logam dan daun elektroskop mempunyai jenis muatan. Muatan yang ada pada bola logam didapatkan dengan cara konduksi oleh konuktor logam.

Contohnya kondisi pada awal logam dan elektroskop yang bermuatan negatif atau positif yang didekati oleh benda yang bermuatan. Sebuah elektroskop yang dikonduksi muatannya akan menjadi negatif. Kondisi yang bisa terjadi ketika suatu benda bermuatan didekatkan pada sebuah bola logam, yaitu sebagai berikut :

  1. Bila suatu benda yang bermuatan negatif didekatkan pada logam, maka elektron akan turun dan menuju ke daun kaki. Sehingga daun kaki pun akan semakin menjauh.
  2. Bila sebuah benda yang bermuatan positif didekatkan pada sebuah bola logam, maka elektron akan tertarik dari daun kaki lalu menuju ke bola logam. Sehingga kedua daun elektroskop akan saling mendekat.
  3. Begitu juga dengan kondisi yang sebaliknya.

Berikut ini gambar dari penjelasan mengenai cara kerja elektroskop :

1. Elektroskop awal yang muatannya negatif

 

2. Elektroskop awal yang muatannya positif

Baca Juga :   Kapilaritas : Pengertian, Percobaan dan Contohnya Lengkap

Sekian pembahasan mengenai elektroskop, dari mulai bagian, fungsi, dan cara kerjanya lengkap. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :