Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri & Generic Structure beserta Contoh dalam Bahasa Inggris

Posted on

Explanation Text : Pengertian, Tujuan, Ciri & Generic Structure beserta Contoh dalam Bahasa Inggris

 

Hai sahabat Tutorial Bahasa Inggris , kali ini mimin akan membagikan materi yang akan kita bahas yaitu mengenai Explanation Text . Apakah kalian pernah memperhatikan bagaimana terbentuknya pelangi  ? membayangkan bagaimana salju dapat terbentuk dan turun ke bumi ? bahkan membayangkan bagaimana terbentuknya tornado atau badai lainnya. Nah serangkaian kejadian alam tersebut termasuk Explanation Text dalam Bahasa Inggris. Lalu apakah Explanation Text itu sendiri ? simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian  Explanation Text.

Explanation adalah kata yang benda yang memiliki arti penjelasan “ . sedangkan  Text memiliki arti “tulisan” dalam Bahasa Indonesia.  Jadi Explanation Text adalah merupakan teks yang menjelaskan proses-proses yang berkaitan dengan kejadian alam atau   terbentuknya suatu  fenomena alam .pada explanation text , proses-proses terbentuknya suatu  kejadian akan dijelaskan secara berurutan, seperti menjelaskan bagaimana sebuah rumah dibuat atau bagaimana semut membuat sarangnya.

Tujuan Explanation Text

Tujuan dari Explanation Text adalah untuk menjelaskan proses-proses dari terbentuknya suatu kejadian atau fenomena alam, sosial, bahkan fenomena ilmiah  dan jenis teks ini menjelaskan suatu kejadian secara berurutan.

Generic Structure dari Explanation Text

Pada Explanation Text merupakan teks yang memiliki unsur kebahasaan  tersendiri. Dan hal inilah yang dapat membedakan explanation text dengan jenis teks lainnya dalam bahasa inggris. Berikut ini adalah generic structure ( kebahasaan ) dari explanation text.

  1. General Statement.

General  Statement adalah bagian pertama dari explanation text yang terletak pada paragraf pertama. Yang berfungsi dalam memberikan penjelasan umum mengenai suatu kejadian atau fenomena yang akan dibahas atau dijelaskan dalam explanation text. General Statement biasanya berisikan mengenai pengertian dari suatu kejadian atau fenomena dengan bebeapa kalimat yang berisikan tentang penjelasan umum mengenai kejadian atau fenomena tersebut.

Baca Juga :   Discussioan Text : Pengertian, Ciri , Generic Structure Dan Contoh Dalam Bahasa Inggris
  1. Sequenced of Explanation.

Bagian selanjutnya dari explanation text adalah sequenced of explanation yang terletak pada paragraf  berikutnya, yaitu setalah general statement. Sequenced of Explanation atau bagian kedua berfungsi dalam memberikan penjelasan bagaimana atau mengapa suatu kejadian atau fenomena dapat tercipta atau terjadi.sequenced of Explanation penjelasan yang memiliki bentuk berupa proses-proses yang ditulis secara berurutan  dari terbentuknya kejadian tersebut. Bagian ini biasanya menjawab pertanyaan “why” atau “how”.

Dalam generic structer dari explanation text tidak memiliki bagian penutup ( closing ). Banyak yang berpendapat bahwa pargraf terakhir yang terdapat pada explanation text merupakan closing atau bagian penutup dari explanation text. Namun bagian terakhir dari texks ini merupakan proses terakhir dari terjadinya atau terbentuknya suatu kejadian dan fenomena.

 

Ciri – Ciri Explanation Text

Ciri – ciri ( Features ) Explanation Text adalah sebagai berikut :

  • Ditulis Menggunakan Present Tense.

Penulisan explanation text harus menggunakan  simple present tense , karena teks ini menjelaskan proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena yang biasanya  kejadian tersebut akan terjadi berulang-ulang.

 

  • Ditulis Secara Berurutan.

Proses- proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena harus ditulis secara berurutan menjadi beberapa poin , dan terletak pada bagian sequenced of explanation.

 

  • Penghubung Waktu.

Biasanya jenis teks ini memiliki ciri khas dengan adanya penghubung waktu seperti , next, than, later, finally, at last, first, second, thir, firstly dan secondly.

 

  • Kosakata khusus ( Technical Vocabulary ).

Hal – hal yang dibahas dalam Explanation Text  biasanya  akan berisikan  kosakata atau vocabulary  yang khusus.

 

  • Dilengkapi dengan Diagram.

Keterangan yang pada diagram yang terdapat pada explanation text berfungsi dalam membantu menjelaskan suatu hal yang dibahas dalam teks tersebut.

Baca Juga :   Contoh Explanation Text  Singkat HOW dan WHY Bahasa Ingris Dan Artinya

 

  • Gambar dan Keterangan.

Explanation text biasanya juga dilengkapi dengan gambar dan keterangan yang sama-sama berfungsi  dalam membantu  menjelaskan hal yang dibahas dalam explanation text.

 

  • Menjawab Pertanyaan dari “How” dan “Why”.

Pada bagian kedua ( sequenced of explanation) dari explanation text biasanya berisikan jawaban dari “How” dan “Why”.

 

  • Fokus pada Kejadian atau Fenomena.

Fokus dari teks ini adalah pada suatu kejadian atau fenomena yang  dibahas, bukan pada orang atau hal lainya.

 

Ciri-ciri tersebut yang dapat membedakan Explanation Text dari berbagai jenis teks dalam Bahasa Inggris lainya, berikut ini adalah salah contoh dari Explanation Text.

 

Contoh Explanation Text.

Global Warming

As we have seen, global warming that is currently occurring has a very bad impact on natural conditions and living things such as animals and humans. Then, do you know how global warming can have a very serious impact? to find out how the process of the phenomenon occurs, consider the following explanation.

 

The process starts from, when sunlight shines on the earth where some of the heat is absorbed by the earth and some of it is returned to space (atmosphere). During the process of returning sunlight to the atmosphere, the light is trapped by gases in the atmosphere such as methane, sulfur dioxide, carbon dioxide gas, water vapor and others. This event is called the greenhouse effect.

 

Solar radiation that occurs in the Earth’s atmosphere will cause the ozone layer to thin out and make the sunlight that shines on the earth will feel hotter. The greenhouse effect can also cause sunlight which should return to space to be reflected back to earth. This causes the earth to get hotter and longer. This condition is called global warming.

Baca Juga :   50 Kata-Kata Rindu Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya Terlengkap

 

Terjemahan :

Pemanasan Global

Seperti yang sudah kita ketahui, pemanasan global yang terjadi saat ini menimbulkan dampak yang sangat buruk pada kondisi alam maupun mahluk hidup seperti hewan dan manusia. Lalu, tahukah anda bagaimana pemanasan globalyang memberikan dampak yang sangat serius itu bisa terjadi ? untuk mengetahui bagaimana proses fenomena itu terjadi , perhatikan penjelasan berikut ini.

Proses tersebut dimulai dari , ketika cahaya matahari yang menyinari bumi dimana sebagian panas diserap oleh bumi dan sebagiannya lagi dikembalikan ke angkasa ( atmosfer ). Pada saat proses dikembalikannya cahaya matahari ke atmosfer , cahaya tersebut terperangkap oleh gas-gas yang berada dalam atmosfer seperti, metana, sulfur dioksida , gasa karbon dioksida , uap air dan yang lainnya.  Peristiwa ini disebut dengan efek rumah kaca.

Radiasa matahari yang terjadi di atmosfer bumi akan menyebabkan lapisan ozon semakin menipis dan membuat sinar matahari yang menyinari bumi akan terasa semakin panas. Efek rumah kaca juga dapat menyebabkan sinar matahari yang seharusnya kembali ke angkasa menjadi dipantulkan kembali ke bumi. Hal tersebut yang menyebabkan bumi semakin lama semakin panas. Kondisi inilah yang disebut dengan istilah global warming.

 

Oke teman-teman, demikianlah tadi penjelasan lengkap dari Explanation Text. semoga bermanfaat dan bisa membantu proses belajar Bahasa Inggris kalian ya, terimakasih.

Baca Juga: