Gambar Perspektif – Pengertian, Contoh, Teknik Dan Berbagai Tipenya Lengkap

Posted on

Gambar Perspektif – Pengertian, Contoh, Teknik Dan Berbagai Tipenya Lengkap

Gambar Perspektif – Perspektif merupakan gambar yang dibuat sesuai dengan kemampuan pandangan mata manusia. Pada saat manusia melihat objek yang semakin jauh, maka objek yang ditangkap pun akan semakin kecil. Gambar pun akan semakin realistis.

Pengamatan objek ini hanya berasal dari satu sumber saja. Satu titik pandang ini yaitu titik tempat pengamat saat berdiri memandang objek. Sudut di objek itu lalu dipersempit lagi dengan cara yang relatif. Garis lurus pun akan tetap lurus dan dapat menghasilkan gambar yang tidak terdistorsi.

Pengertian Gambar Perspektif

Perspektif adalah teknik/metode di dalam menggambar sebuah objek, baik yang berupa benda, bangunan, ruangan atau interior, dan lingkungan atau eksterior yang ukurannya melebihi ukuran besar dari manusia. Karena pandangan mata manusia juga terbatas, dan hanya bisa melihat sekelilingnya saja dengan sudut pandang tertentu.

Gambar perspektif dibuat sedemikian rupa supaya terbentuk objek/gambar dari besar ke kecil dengan satu titik sudut yang hilang, dua titik sudut hilang atau bahkan dengan tiga titik sudut hilang. Ada tiga sudut pandang yang bisa dilihat dari posisi mata berada, dari objek atau gambar.

Baca Juga :   Himpunan Semesta : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Gambar Perspektif Dengan Berbagai Tipe

 Gambar Perspektif Sejajar atau Areal Perspektif

Adalah cara menggambar berdasarkan garis dan juga warna, serta hasil dari penglihatan mata. Contohnya saat kita melihat benda di dekat mata kita, maka garis batas pada benda yang jauh itu akan terlihat mengerucut dan pada titiknya tak nampak lagi lalu menghilang.

Sama dengan warna pada objek yang sedang dilihat, semakin jauh objek itu maka akan semakin pudar. Perspektif tipe sejajar ini merupakan cara menggambar dengan tegas/buramnya garis pada warna.

Gambar Perspektif Sudut atau Linear Perspektif

Adalah cara menggambar perspektif dengan menggunakan titik lenyap di dalam garis yang memusat di satu titik yang terlihat. Hal ini menjadi acuan sebagai pola tumpuan pembuatannya. Pengertian lainnya yaitu cara menggambar perspektif dengan memakai titik lenyap atau garis yang memusat di satu titik.

Gambar Perspektif

Jarang pandang manusia yang terbatas, membuat sebuah titik hilang pada objek pandangan horizontal. Contohnya saat sedang berada di pantai, saat kita memandang ke laut lepas maka kita melihat pertemuan diantara langit dengan laut.

Itulah keterbatasan pandangan manusia. Itulah sebabnya dibuat alat teropong atau teleskop. Lalu lahirlah teknik gambar perspektif. Berikut penjelasan lengkapnya :

Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

Gambar perspektif 1 titik hilang atau disebut dengan istilah one point perspective ini sering digunakan untuk penggambaran pada sebuah objek benda. Pada gambar ini, dimana letak benda tersebut terlihat lebih dekat dengan jangkauan mata.

Dengan letak benda yang dekat dengan mata, otomatis pandangan mata pada benda itu menjadi sempit. Sehingga garis batas antara penglihatan akan fokus di satu titik saja dan titik yang lainnya menjadi buram atau tidak terlihat.

Baca Juga :   Seni Rupa Modern : Sejarah, Pengertian, Aliran, Ciri, Unsur, Fungsi Dan Contohnya

Teknik gambar perspektif 1 titik hilang dikenal dengan paralel perspektif. Karena banyak garis bantu yang memiliki kesamaan sejajar baik di daerah horizontal/vertikal. Kelebihan teknik ini adalah cocon untuk rancangan bangun interior.

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Gambar ini biasanya digunakan untuk mengambil sudut pandang pada bangunan, ruangan, dan interior bangunan. Dengan gambar 2 titik hilang ini, jarak letaknya akan saling berjauhan di sebelah kanan dan kiri, untuk pemakaian perspesktif 3 titik hilang.

Gambar ini yang paling sering dipakai, karena hasilnya sederhana dan lebih mudah. Dalam pembuatannya juga memiliki bentuk yang statis dan bukan simetris. Sehingga lebih nyaman untuk digambar.

Biasanya teknik ini dipakai di dunia arsitektur dalam menggambarkan bentuk luar dari eksterius bangunan. Teknik ini juga familiar karena pembuatan gambar dan hasilnya dinamis serta simetris.

Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Gambar ini biasa disebut dengan three point, yang dimana pembuatannya menggunakan tiga titik untuk membuat garis pembatas suatu objek. Teknik ini sering dipakai dalam menggambar bangunan. Dalam pembuatan gambarnya, saat mata seolah melihat objek yang ada di suatu ketinggian/titik rendah bangunan itu. Yang terlihat dalam gambar ini adalah objek yang dibuat ke dalam media dua dimensi.

Teknik ini juga sering dipakai dalam mengekspos gambaran objek yang nyata. Khususnya pada gedung yang mengandalkan garis dalam membentuk objek khususnya pada proses menggambarnya.

Kegunaan Teknik Gambar Perspektif

  • Teknik gambar perspektif membantu dalam penguasaan prinsip dalam menggambar bentuk atau menggambar ilustrasi.
  • Teknik gambar perspektif ini juga membantu dalam pembuatan rancangan gambar kerja, arsitektur, mendesain tata ruang, tata taman dan lain sebagainya.

Contoh Gambar Perspektif

Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

Sudut Pandang Interior (ruangan)

Sudut Pandang Interior (Lingkungan)

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Sudut Pandang Interior

Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Sudut Pandang Interior

Sekian pembahasan mengenai Gambar Perspektif yang disertai dengan pengertian, contoh, teknik, dan juga tipenya secara lengkap. Semoga bermanfaat bagi anda, khususnya bagi anda yang sedang belajar menggambar dan tekniknya.

Baca Juga :   Filsafat : Pengertian, Ciri, Tujuan Dan Cabangnya Lengkap

Baca Juga :