Gelombang Transversal : Pengertian, Rumus Dan Contoh Soalnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Rumus Dan Contoh Soal Gelombang Transversal

Gelombang Transversal – Pengertian gelombang transversal adalah jenis gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus, dengan arah getarannya. Gelombang transversal termasuk salah satu dari contoh gelombang mekanik yang perambatannya membutuhkan medium.

Gelombang transversal juga memiliki sebutan yang lainnya seperti misalnya simpangan atau jarak pada suatu titik pada gelombang, terhadap posisi yang setimbang. Puncak gelombang atau titik tertinggi pada gelombang, dasar gelombang atau titik terendah pada gelombang, bukit gelombang atau lengkungan yang ada di bagian paling atas dengan posisi setimpang, lembah gelombang atau lengkungan yang ada pada bagian bawah posisi setimbang, dan juga amplitudo atau jarak puncak ataupun dasar gelombang pada posisi yang setimbang.

Ada macam-macam gelombang transveral yang dapat anda temukan di kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu gelombang yang ada di air yang terjadi bila ada gangguan, gelombang ombak laut, atau gelombang di dalam danau, dan gelombang pada tali yang sedang dimainkan.

Rumus Gelombang Transveral

Berikut rumus dari gelombang transveral :

Keterangan :

λ (Lamda) ialah panjang gelombang (m)

V ialah cepat rambat gelombang (m/s)

f ialah frekuensi gelombang (sekon/detik)

n ialah jumlah gelombang

t ialah waktu (sekon/detik)

Contoh Soal Gelombang Transveral

Jika ada Tali yg digetarkan akan membentuk gelombang dengan panjang gelombang yg dimiliki sepanjang 40 cm, dan jika besaran periode gelombang adalah 2 sekon, maka berapakah nilai cepat rambat gelombang tersebut. ?

Jawabannya :

λ = 40 cm atau 0.4 m

t = 2 sekon

V = λ / t = 0.4 / 2 = 0.2 m/s

Jika terdapat sebuah Gelombang yg bergetar sebanyak 120 kali selama 1 Menit, dan jika panjang gelombangnya sebesar 2 Meter. maka berapakah nilai dari cepat rambat gelombang tersebut ?

Baca Juga :   Polinomial (Nilai Suku Banyak) - Pengertian, Rumus, Substitusi dan Contoh Soalnya Lengkap

Diketahui :

n = 120 kali

t = 1 Menit : 60 Detik

λ = 2

Jawabannya :

Kita mencari nilai Frekuensi dari Gelombang terlebih dahulu, dg rumus :

f = n/t

f = 120 / 60 = 2 Hz

Maka setelah itu, baru memasukkan Rumus :

v = λ x f

v = 2 x 2

v = 4 m/s

Demikian pembahasan lengkap mengenai gelombang transveral mulai dari rumus hingga contoh soalnya. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :