Hal-hal yang Harus Dilakukan untuk Memotivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Banyak guru atau pengajar bahasa Inggris yang menyerah saat mengajar siswanya belajar bahasa Inggris. Karena ternyata minat belajar dari murid tidak sebanding dengan usaha yang dilakukan pengajar atau guru, yang sudah dicurahkan untuk perkembangan mereka. Minat belajar bahasa Inggris harus digerakkan oleh motivasi anak itu sendiri.

Hal yang Harus Dilakukan Pengajar/Guru dalam Memotivasi Anak Didiknya Belajar Bahasa Inggris

  1. Menetapkan Contoh Personal dengan Perilaku Pengajar Sendiri

Sebaiknya pengajar memberi contoh serta memberi fasilitas pada anak didiknya, untuk berproses saat belajar bahasa Inggris. Hadirkan semangat mengajar sehingga para siswa pun bisa bersemangat, berbicara dengan lantang, percaya diri, dan juga ketika berada di kelas, sehingga siswa pun bisa mengikuti.

  1. Menciptakan Atmosfer yang Menyenangkan dan Rileks di Kelas

Jangan menganggap bahwa Anda adalah raja di kelas. Jangan biarkan mereka takut pada Anda saat Anda masuk ke kelas. Sehingga Anda bisa menciptakan suasana yang rileks dan juga menyenangkan di dalam kelas.

  1. Memberi Tugas pada Siswa Sewajarnya

Berikan tugas untuk para siswa tersebut sesuai dengan kemampuan dan porsinya. Artinya tugas itu cukup menantang dan bisa mendorong, dalam hal cara berpikir kreatif siswa tersebut. Porsinya juga harus pas dan tidak berlebihan.

  1. Mengembangkan Hubungan yang Baik dengan Pembelajar

Kembangkan hubungan yang baik dengan para siswa supaya mereka merasa nyaman belajar dengan Anda.

  1. Menjadi Sahabat yang Baik dan Dipercaya bagi Mereka

Anda juga harus bisa menjadi guru sekaligus sahabat yang baik untuk anak-anak. Sehingga Anda menjadi orang yang mereka percayai dalam belajar atau dalam hal lainnya.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Linguistik pada Siswa

Anda juga harus berusaha untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak ketika mereka sedang belajar bahasa Inggris.

  1. Memberi Pujian Atas Keberhasilan Mereka dalam Belajar Secara Lisan/Tulisan
Baca Juga :   Embedded Questions : Pengertian, Aturan Dan Juga Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Ketika mereka berhasil belajar bahasa Inggris secara lisan atau tulisan, maka berilah mereka pujian agar bisa lebih bersemangat dalam belajar.

  1. Menjadikan Kelas Bahasa yang Menarik

Kembangkan pengetahuan Anda dalam hal tren masa kini, mengenai mengajar dengan cara-cara yang kreatif. Contohnya dengan menggunakan permainan, video, drama, komputer dan internet, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan Otonomi Belajar

Memperkenalkan para siswa dengan beberapa cara mandiri belajar di luar kelas. Supaya mereka tidak bergantung pada guru dalam peningkatkan keberhasilan mereka, saat belajar bahasa Inggris. Mereka juga mampu mengembangkan dirinya sendiri untuk ilmu bahasa Inggris tersebut.

  1. Membuat Proses Belajar Bernilai Personal

Berikan umpan balik pada setiap orang, agar murid merasa diperhatikan serta bisa dilihat bagaimana perkembangannya, mengenai kemampuan mereka. Perkenalkan siswa dengan sumber-sumber pembelajaran dan konteks budaya bahasa seperti misalnya Halloween, potluck party, dan lain sebagainya. Bisa melalui sarana media teknologi informasi seperti internet.

Sekian pembahasan materi tentang hal-hal yang bia menjadi motivasi bagi siswa, ketika belajar bahasa Inggris.