Hewan Karnivora – Ciri, Habitat Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Hewan Karnivora – Ciri, Habitat Dan Contohnya Lengkap 

Hewan Karnivora – Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibagi menjadi tiga jenis yaitu hewan karnivora, herbivora dan omnivora. Ada banyak sekali contoh hewan karnivora seperti macan, singa dan lain-lain. Binatang atau hewan karnivora adalah jenis hewan pemakan daging. Sedangkan herbivora adalah jenis hewan pemakan tumbuhan seperti rumput, sayur-sayuran, buah-buahanan dan biji-bijian.

Dan omnivora adalah hewan pemakan segala, yang mencakup jenis daging dan juga tumbuh-tumbuhan. Hewan dari kelompok karnivora biasanya termasuk ke dalam jenis binatang yang cukup buas. Sehingga kita harus berhati-hati bila bertemu dengan hewan karnivora.

Ciri-ciri Hewan Pemakan Daging

Pada setiap hewan pasti mempunyai paling tidak sedikitnya 3 ciri yang berbeda. Yaitu makanan, habitat, dan kebiasaan. Di bawah ini adalah ciri-ciri hewan pemakan daging atau karnivora. Diantaranya yaitu :

  • Mempunyai kecepatan berlari.
  • Mempunyai penglihatan yang sangat tajam di siang hari maupun malam hari.
  • Mempunyai pendengaran yang sangat peka terhadap suatu gerakan.
  • Mempunyai taring yang tajam atau kuat untuk merobek daging dari mangsa.
  • Kebanyakan habitat dari hewan karnivora berada di daratan seperti hutan, alam liar dan juga padang savana.
  • Termasuk kedalam kelompok hewan buas atau yang disebut dengan hewan predator atau pemangsa.
  • Makanan pokok dari hewan karnivora adalah daging segar.
  • Kebanyakan hewan karnivora atau pemakan daging adalah hewan yang menyusui anaknya.
  • Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melumpuhkan mangsanya.
  • Hewan karnivora atau hewan pemakan daging mempunyai tulang belakang

Habitat Hewan Karnivora

Habitat dari hewan karnivora yaitu lebih banyak hidup di daratan dibanding di air dan udara. Karena daratan memiliki banyak mangsa atau makanan yang dapat dijadikan makanan. Hewan pemakan daging ini kebanyakan tinggal di hutan yang lebat, bahkan di luar negeri hewan karnivora dibiarkan berkembang di alam liar.

Contoh Hewan Karnivora

Harimau

Adalah salah satu jenis kucing yang ukurannya sangat besar. Ukuran tubuhnya jika sudah berusia tua bisa lebih dari ukuran singa. Harimau merupakan jenis hewan yang termasuk berdarah panas. Harimau juga termasuk pelari cepat yang dapat mengalahkan kecepatan hewan cheetah.

Baca Juga :   Jaringan Meristem : Ciri, Fungsi, Bentuk Dan Letaknya Lengkap

Hewan ini juga masuk ke dalam kategori hewan bertulang belakang.

Macan

Macan juga merupakan salah satu hewan karnivora. Yang masuk ke dalam golongan kucing dengan ukuran tubuh sedang. Jenis macan ada banyak sekali, seperti misalnya macan rembah, macan tutul dan masih banyak lagi sebagainya. Macan juga memiliki bulu yang kecoklatan, bintik hitam di seluruh tubuhnya, dan memiliki ukuran kaki yang tak terlalu panjang.

Hewan pemakan daging ini banyak ditemukan pada daerah Asia Tenggara, Semenanjung dan juga Tiongkok. Biasanya Macan akan mencari mangsa di malam hari.

Singa

Hewan ini bergelar Raja Hutan, karena sifatnya yang sangat buas dan ditakuti oleh binatang yang lainnya. Singa termasuk ke dalam kategori hewan/binatang mamalia/menyusui. Singa memiliki jenis yang berbeda di berbagai wilayah yang ada di dunia. Namun, Singa juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa memanjat pohon.

Singa hidup dengan cara berkelompok dalam jumlah yang besar. Di dalam kelompok Singa, Singa Betinalah yang berperan aktif dalam mencari mangsa untuk dimakan. Sedangkan Singa jantan akan meminta jatah makanan pada Singa betina.

Macan Tutul

Hewan yang satu ini dapat berkembang biak di berbagai tempat, kucing dengan ukuran tubuh sedang ini memiliki ciri khas, yaitu bulunya yang berbintik hitam. Macan tutul adalah jenis hewan yang termasuk ke dalam spesies yang sudah hampir punah. Bukan hanya terdapat di daerah Jawa saja, tapi ada juga di wilayah Asia Tenggara.

Serigala

Adalah jenis hewan karnivora yang ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding ukuran tubuh jenis hewan karnivora yang lainnya. Ukuran tubuhnya hampir mirip dengan hewan karnivora lainnya yaitu Anjing. Serigala juga merupakan hewan yang sangat ganas, dengan ciri khas auman yang sering terdengar di malam hari. Hewan ini banyak ditemukan di Eropa, tetapi tak ada di Indonesia.

Cheetah

Adalah jenis hewan karnivora yang terkenal dengan kecepatannya dalam berlari. Ukuran tubuhnya terbilang cukup besar dan hampir sama dengan ukuran Harimau. Cara mencari mangsanya adalah dengan individu atau mencari mangsa sendiri.

Cheetah juga berkembangbiak di dalam hutan yang sangat luas dan juga lebat. Karena di hutan ia akan mudah mendapatkan mangsanya, ia sering memakan hewan lain seperti babi, kijang, rusa dan lain sebagainya.

Beruang

Adalah jenis hewan yang paling banyak spesiesnya di belahan dunia. Ukurannya ada yang besar dan ada juga yang sedang. Di Indonesia juga ada Beruang asli yang berasal dari Bengkulu. Ciri khas Beruang adalah memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya. Beruang madu terbilang sebagai pemakan rumput, yang tinggal di Hutan dan di dekat pertanian warga.

Baca Juga :   Respirasi atau Pernapasan : Pengertian, Definisi dan Strukturnya Lengkap

Musang

Adalah hewan pemakan daging atau karnivora, yang keunggulannya yaitu memiliki skill yang cukup baik dalam memanjat. Hewan ini dapat hidup di mana saja. Di Hutan, perkotaan atau pedesaan. Ukuran tubuhnya juga kecil bila dibandingkan dengan jenis hewan pemakan daging lainnya.

Musang juga pandai dalam menipu musuhnya. Ketika posisi Musang dalam keadaan yang tak memungkinkan, ia akan pura-pura mati. Ketika musuhnya lengah, barulah ia berlari dan lolos dari buruan.

Komodo

Adalah jenis hewan langka yang banyak ditemui di Pulau Komodo Indonesia. Komodo dikategorikan sebagai jenis kadal dengan ukurannya yang paling besar di dunia. Komodo berkulit keras dan sangat tebal. Ukurannya mencapai 3 M ketika ia berusia tua.

Kekuatan yang sering digunakan oleh Komodo ada pada ekor dan rahangnya yang kuat serta air liurnya yang beracun.

Ular

Adalah jenis binatang yang memiliki spesies banyak sekali. Jenis ular yang paling terkenal adalah jenis King Cobra. Bisa dari ular tersebut beracun dan mematikan, yang dapat membunuh mangsanya dalam hitungan menit. King Cobra akan membunuh mangsanya dengan menyemprotkan racun ke tubuh mangsanya atau dengan digigit.

Anjing

Anjing juga merupakan jenis hewan karnivora dengan spesiesnya yang sangat beragam. Biasanya binatang ini menjadi binatang peliharaan manusia, baik untuk menjaga rumah atau untuk memburu binatang dengan penciumannya yang tajam.

Binatang pemakan daging ini juga termasuk jenis binatang yang pandai, dibanding jenis binatang lainnya. Ia juga sering digunakan oleh Polisi dalam melacak sesuatu.

Kucing

Kucing adalah hewan pemakan daging, tapi tak semua spesies kucing merupakan karnivora. Karena ada pula kucing yang vegetarian atau memakan tumbuhan atau hewan pemakan rumput. Namun pada dasarnya, kucing tetap dianggap sebagai hewan pemakan daging.

Kucing juga berbulu lembut dan halus, sehingga sering dipelihara oleh manusia. Kemampuannya juga lincah bila dilatih berulang kali dan rutin.

Buaya

Buaya adalah jenis hewan karnivora yang tergolong ke dalam jenis reptil yang buas. Habitatnya yaitu di air yang tenang. Misalnya seperti Sungai atau Rawa, tetapi tidak semua Buaya tinggal di tempat yang lembab atau basah. Ia juga memiliki pergerakan yang cepat di dalam air dibanding jenis hewan air lainnya.

Baca Juga :   Perbedaan Senyawa Organik Dan Anorganik Lengkap

Burung Hantu

Burung yang satu ini juga termasuk ke dalam hewan pemakan daging. Yang sangat dilindungi di Indonesia, karena burung ini sering dikaitkan dengan hal berbau mistis. Bentuk wajahnya unik karena mirip dengan manusia, dan memiliki bola mata yang besar seperti manusia.

Rajawali

Hewan ini juga termasuk ke dalam karnivora. Yang habitatnya ada di Hutan yang belum dijelajahi oleh manusia. Burung rajawali adalah hewan pemakan daging yang banyak ditemukan di Benua Eropa, Asia, dan Tiongkok. Burung ini memiliki keunggulan dalam terbang, dan mampu bertahan dalam waktu yang lama ketika terbang.

Burung Pelikan

Hewan karnivora ini memiliki bentuk yang unik. Dengan ciri khasnya yaitu paruhnya yang lebar dan besar, serta berkaki panjang. Ia termasuk ke dalam hewan karnivora karena ia sering memangsa ikan kecil yang ada di pinggir sungai.

Burung pelikan banyak ditemukan di Benua Afrika dan Eropa. Dan pada tempatnya berkembang biak, burung ini akan membentuk kelompok dalam jumlah yang banyak.

Burung Elang

Burung Elang termasuk jenis hewan yang berdarah panas. Dengan kecepatan terbang yang sangat cepat. Burung elang sangat banyak ditemui di hutan-hutan seperti daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Burung ini bisa mencari mangsa di daratan atau di air. Dan lebih sering mencari makanan di daerah perairan, karena salah satu makanan pokoknya adalah ikan.

Pinguin

Hewan Pinguin sering memangsa ikan-ikan kecil yang muncul di bebatuan es yang ada di kutub. Pinguin juga berkembang biak dengan cara berkelompok, tapi dengan jumlah yang sedikit. Ciri khasnya yaitu tinggal di tempat yang dingin seperti kutub utara dan selatan.

Ikan Tuna

Ikan ini memiliki beraneka ragam jenis dan hidup di habitat laut dengan kedalaman yang paling dasar. Ukuran tubuhnya mencapai 4 M dengan berat sekitar 70-80 Kg untuk tuna dewasa. Ikan tuna juga menjadi salah satu hewan predator dalam lautan. Ikan Tuna dapat ditemui di perairan Korean dan Cina, karena habitat aslinnya memang di sana.

Anjing Laut

Anjing Laut memakan ikan yang berukuran sedang, kelebihannya terdapat pada sistem otaknya.

Ikan Hiu

Sebagai ikan yang bertulang belakang, Ikan Hiu merupakan jenis hewan sempurna karena memiliki tulang belakang lengkap dan tubuh yang ramping. Jenisnya sangat beragam, salah satu jenisnya yang terkenal yaitu Hiu Martil karena kepalanya mirip dengan martil.

Ikan Hiu memiliki persebaran di Asia Tenggara dan memiliki gigi yang lancip serta runcing, untuk memangsa mangsanya.

Ikan Piranha

Jenis hewan karnivora yang terakhir yaitu Ikan Piranha. Yang hidupnya di Hutan Amazon Amerika. Cirinya yaitu memiliki lingkaran berwarna merah di bagian tubuh bawahnya, dan gigi yang runcing juga tajam. Ikan ini terkenal dengan kebuasannya, dan berkembang biak dengan cara berkelompok.

Sekian pembahasan tentang hewan karnivora yang meliputi ciri, habitat dan juga contohnya lengkap. Semoga bisa memberi manfaat.

Baca Juga :