Hewan Langka Yang Hampir Punah Lengkap

Posted on

Hewan Langka Yang Hampir Punah Lengkap

Hewan Yang Hampir Punah – Pemburuan secara liar tidak hanya terjadi di Indonesia. Di belahan dunia lainnya pun sering terjadi. Pemburuan liar ini akan berakibat pada spesies hewan yang berkurang. Berikut penjelasan lengkapnya.

Daftar Hewan Langka di Dunia

Komodo

Adalah hewan asli dari Indonesia yang berada di Pulau Komodo, dan sangat terkenal di dunia. Kini habitat alam komodo adalah alam bebas yang sudah berkurang, jumlahnya hanya tinggal beberapa ratus ekor saja. Pemerintah Indonesia pun berupaya supaya hewan ini dijaga kelestariannya, dan hanya ada di Pulau Komodo Indonesia. Serta menjadi satu-satunya di dunia.

Macan tutul amur

Hewan ini memiliki bulu yang indah dan juga tebal, berasal dari Rusia, dan sering diburu karena bulunya indah dan biasanya digunakan untuk bahan membuat jaket/pakaian. Bukan bulunya saja yang tebal, tetapi karena coraknya yang indah maka sering dijadikan pakaian. Karena pemburuan liar, maka sisa jumlah macan tutul ini hanya sekitar 30 ekor saja.

Gorilla dataran rendah

Hewan yang satu ini sering diburu untuk diambil dagingnya, lalu dijadikan bahan makanan hingga membuat gorila menjadi langka. Bukan hanya pemburu, tapi virus ebola juga menyerang binatang ini hingga spesiesnya berkurang.

Saola

Hewan yang disebut dengan uniqorn asia ini jumlahnya juga hanya ada beberapa puluh ekor saja yang jika tidak ditangani dengan khusus, maka lama kelamaan akan punah.

Baca Juga :   15 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli Lengkap

Ikan vaquita

Ikan vaquita adalah ikan asal teluk California, ikan ini sangat mirip dengan ikan lumba-lumba, namun di antaranya tetap berbeda. Ikan  Vaquita merupakan satwa laut langka yang terancam punah, saat ini hanya tersisa sekitar 100 ekor saja. Penyebab langkanya juga adalah pemburu liar, yang mengambil bagian insangnya yang harganya sangat mahal.

Harimau Siberia

Harimua ini disebut harimau amur. Harimau siberia merupakan harimau terbesar di dunia. Populasinya hanya ada sekitar 400-500 ekor saja. Populasi yang menurun ini diakibatkan oleh pemburuan liar dan berkurangnya habitat, karena kelangsungan hidup mereka hanya tergantung pada habitatnya.

Badak hitam

Di pasar gelap cula badak hitam berharga mahal, tetapi tidak diketahui dengan pasti apa manfaatnya. Pemburu liar berlomba-lomba memilikinya karena harganya yang mahal tersebut. badak hitam merupakan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Menurut penelitian, jumlah di habitatnya saja sudah sedikit sekali. Yaitu hanya ada sekitar 48 ribu ekor.

Penyu belimbing

Hewan yang paling besar di dunia adalah penyu belimbing, habitat aslinya ada di Papua Barat. Penyebab berkurangnya populasi hewan ini adalah kualitas air laut yang semakin buruk. Setiap tahunnya penyu melakukan migrasi, dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Lemur bambu besar

Populasinya di Madagascar sudah semakin berkurang. Khususnya di Madagaskar bagian Tenggara. Jumlah yang tersisa hanya sekitar 200 ekor saja. Penyebab berkurangnya spesies lemur ini adalah perubahan iklim yang sangat ekstrim.

Gorilla gunung

Hewan ini berada di Negara Demokratik Kongo, yang menjadi hewan yang juga terancam punah. Kelangkaan gorila gunung disebabkan oleh penyakit yang menyerangnya. Walaupun sudah ada di tempat penangkaran hewan, tapi tak setiap orang bisa masuk begitu saja. Tujuannya untuk menjaga keamanan populasi hewan tersebut. jumlahnya hanya sekitar 850 ekor saja sampai saat ini.

Baca Juga :   10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau Saat Ada Masalah Lengkap

Tupai jepang

Sama dengan namanya, hewan ini berasal dari Jepang. Nama latin tuapi ini adalah Sciurus lis, tupai ini merupakan spesies endemik jepang. Penyebaran tupai ini yaitu di pulau Honsu, Kyushu, dan Shikoku. Penyebab berkurangnya spesies ini adalah karena habitat mereka diusik oleh manusia untuk pembangunan.

Demikianlah pembahasan mengenai Hewan Langka yang Hampir Punah berserta penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :