In , On dan At : Pengertian, Perbedaan dan Penggunaan beserta Contoh dalam Bahasa Inggris Terlengkap

Posted on

In , On dan At : Pengertian, Perbedaan dan Penggunaan beserta Contoh dalam Bahasa Inggris Terlengkap

Halo Sahabat Tutorial Bahasa Inggris, kali ini mimin akan membahas tentang In, On dan At, yuk langsung saja kita simak penjelasan selengkapanya.

 

 

Pengertian Preposition ( Kata Depan )

Preposisi ( kata depan ) merupakan kata yang menghubungkan frase kata benda ( Noun ), kata ganti ( Pronoun ),atau ke beberapa bagian lain dalam suatu kalimat. Preposisi dapat menjadi suatu hal yang rumit dalam bahasa inggris. Dalam mimilih sebuah preposisi tidak terdapat formula atau aturan yang pasti.

Tahap awal dalam mempelajari suatu bahasa, kalian harus mencoba untuk mengidentifikasi suatu preposisi ketika membaca atau mendengarkan serta mengenali penggunaanya dalam bahasa inggris. Nah untuk kalian yang lebih ingin mengerti mengenai preposisi alangkah lebih baiknya jika kalian mempelajarinya terus-menerus serta mengulanginya kembali agar lebih dipahami. Berikut ini mimin akan memberikan penjelasan, perbedaan dan penggunaan preposisi dalam bahasa inggris.

 

Perbedaan Pada Penggunaan Preposition ( Kata Depan ) In, On dan At Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan dari kata depan In, On dan At dibagi menjadi 2 hal penting. Yang pertama dalam perbedaan waktu dan yang kedua adalah perbedaan dari lokasi. Nah , berikut ini akan diberikan penjelasan selengkapnya mengenai kedua perbedaan tersebut.

  1. Waktu

Perhatikan ketiga contoh kalimat dibawah ini :

Baca Juga :   Positive Degree : Pengertian, Bentuk Disertai Contoh Kalimat Lengkap Dalam Bahasa Inggris
  • Alisa was born in 2016.
  • Alisa was born on july 15th
  • Alisa was born at 10: 10 AM.

Dari ketiga contoh diatas kalian dapat melihat dan mengerti dimana letak perbedaan dan penggunaanya dengan sangat jelas. Lalu mengapa ketiga kalimat tersebut dapat berbeda, berikut adalah penjelasannya :

 

In

Dalam konteks waktu , in digunakan untuk menjelaskan waktu yang memiliki cakupan yang besar.  Dalam contoh diatas alangkah lebih tepatnya jika kita menggunakan tahun dengan kata depan  in sebagai penunjuk  waktu, daripada on atau at. Kata depan ini juga bisa digunakan dalam mengungkapkan , zaman, abad, bulan , tahun, pagi, siang dan malam.

Contoh :

  • He always breakfast in the morning.
  • In this week, we have two place for holiday.
  • The gallery of art , will start open in December.

On

Dalam konteks waktu, kata depan on digunakan dalam menjelaskan waktu secara lebih spesifik dibandingkan kata in. Dikarenakan hal ini kita diharuskan menggunakan on dalam menjelaskan suatu tanggal. Selain itu juga penggunaan ondan diterapkan pada hari dalam satu minggu.

Contoh :

  • My mother arrived on Sunday.
  • I was born on the 26th day of may in 1996.

 

At

Dalam konteks waktu, kata depan yang satu ini digunakan untuk waktu yang paling khusus. Seperti waktu dari suatu kejadian.

Contoh :

  • We will dinner at 19 : 00 pm.
  • The shop close at 17 : 00 pm.

 

  1. Lokasi ( place )

Perbedaan lokasi atau tempat terdapat pada ruang lingkup letak dari suatu tempat terjadinya.

Perhatikan penjelasan berikut ini :

In

Kata depan In pada konteks tempat atau lokasi memiliki ruang lingkup yang sangat besar. Karena hanya berfokus untuk menjelaskan dimana suatu lokasi atau tempat saja, tanpa adanya penjelasan secara spesifik. Dalam menjelaskan suatu tempat kata depan in juga dapat digunakan pada , wilayah, area, Negara, kota, provinsi dan tempat-tempat lainya.

Baca Juga :   Absolute Phrase : Penjelasan Dan Contoh Lengkap Dalam Bahasa Inggris

Contoh :

  • World Cup in Brazil.
  • I am sleeping in my grandmother’s home.

 

On

Berbeda dari kata depan in, on digunakan untuk hal yang sedikit terperinci, seperti digunakan pada nama jalan, nama pulau, pantai ataupun sungai.

Contoh :

  • My mother cooking breakfast on the kitchen.
  • I take a dress on my cupboard.

 

At

Yang terakhir adalah kata depan at. Kata depan at biasa digunakan ketika kita akan menjelaskan suatu alamat lengkap, dengan nama jalan atau nomor. Hal tersebut dikarenakan at digunakan untuk sesuatu yang lebih terperinci dibandingkan kata depan in dan on.

Contoh :

  • There is a painting exhibition at the museum.
  • There is a new restaurant opened at the Cambodia street.

 

Demikianlah penjelasan serta cara penggunaan dari in, on, dan at. semoga bisa membantu kalian dalam memahami  serta  menggunakannya dalam kehudapan sehari – hari. Nantikan artikel dari Tutorial Bahasa Inggris berikutnya ya, see you and Keep Spirit Of English.

 

Baca Juga :