Jangka Sorong : Pengertian, Bagian-Bagiannya, Cara Membaca dan Contoh Soalnya Lengkap

Posted on

Bagian-Bagiannya, Cara Membaca Dan Contoh Soal Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong – Jangka sorong adalah alat ukur yang mampu mengukur jarak, kedalaman atau diameter dalam pada suatu objek dengan tingkat akurasi dan presisi yang sangat baik. Yaitu sekitar ±0,05 mm. hasil pengukuran dari ketiga fungsi dari alat itu sendiri, dapat dibaca dengan cara yang sama.

Alat tersebut dipakai dengan sangat luas di berbagai bidang industri atau engineering, yang dimulai dari proses desain atau perangcangan, manufaktur atau pembuatan, sampai tahap pengecekan di akhir produk. Alat ini juga dipakai luas karena mempunyai tingkat akurasi dan presisi yang terbilang cukup tinggi, yang mudah digunakan, mudah dibawa ke mana saja, serta tidak memerlukan perawatan yang khusus. Itulah sebabnya jangka sorong ini lebih banyak digunakan oleh seorang insinyur teknik, dibandingkan dengan alat ukur lain yang konvensional seperti misalnya penggaris.

Bagian Dari Jangka Sorong

Ada beberapa bagian dari jangka sorong yang terdiri dari skala baca yang tercetak pada badan alat tersebut. sama halnya dengan membaca angka yang ada pada penggaris. Yang bisa diatur dengan letak rahang pada jangka sorong, ada dua pasang rahang, yaitu satu pasang rahang yang di luar atau di bagian rahang bawah. Untuk mengukur jarak atau pengukur utama dan satu pasang rahang di bagian dalam atau bagian rahang atas, untuk mengukur bagian diameter dalam misalnya mengukur diameter yang ada pada cincin. Kedua pasang rahang itu bisa digerakkan dengan cara pengukuran, jarak diantara rahang untuk kedua pasang rahang tersebut bisa dibaca dengan cara yang sama. Terdapat juga tangkai ukur yang kedalaman di bagian pergerakan diatur dengan cara menggerakkan rahang. Karena ketiga bagian dari jangka sorong tersebut, saling bergerak dengan cara yang bersamaan. Sehingga ketiga fungsi tersebut cara pengukurannya dibaca atau dihitung dengan cara yang sama.

Baca Juga :   Polinomial (Nilai Suku Banyak) - Pengertian, Rumus, Substitusi dan Contoh Soalnya Lengkap

Inilah bagian yang terdapat pada jangka sorong :

Cara Membaca Jangka Sorong

Anda bisa memerhatikan hasil pengukuran di gambar atas. Cara membaca jangka sorong untuk melihat hasil pengukurannya, hanya dibutuhkan dua langkah dalam cara membacanya yaitu :

  1. Membaca skala yang utama : lihat pada gambar,  21 mm atau 2,1 cm (garis merah) adalah angka yang jaraknya paling dekat dengan garis nol di skala vernier yang persis di bagian kanan. Sehingga skala utama yang terukur adalah 21 mm atau 2,1 cm.
  2. Membaca skala vernier : lihat gambar di atas dengan lebih seksama, ada satu garis skala utama yang bertemu tepat di satu garis di skala vernier. Di gambar tersebut garis lurusnya adalah angka 3 pada skala vernier. Dengan demikian skala vernier yang terukur adalah 0,3 mm atau 0,03 cm.

Untuk mendapatkan hasil pada pengukuran akhir, maka tambahkan kedua nilai dari pengukuran tersebut. sehingga hasil pengukurannya adalah sebesar 21 mm + 0,3 mm = 21,3 mm atau 2,13 cm.

Contoh Soal

Tentukan hasil pengukuran di gambar tersebut dalam satuan centimeter.

Solusinya :

Pembacaan skala utama= 10 cm (angka 10 persis bersebrangan dengan angka nol pada skala vernier disebelah kanannya).

Pembacaan skala vernier/ skala nonius= 0,02 cm (garis kedua setelah nol pada skala vernier tepat lurus dengan garis diatasnya).

Jadi, hasil pengukuran pada gambar di atas = 10 cm + 0,02 cm = 10,02 cm

Atau 100,2 mm.

Jangka Sorong Analog Dan Digital

Jangka sorong di atas adalah jenis alat pengukuran konvensional yang secara umum disebut dengan jangka sorong manual. Karena hasil pengukurannya harus dihitung sendiri, dengan cara manual. Selain itu ada pula dua jenis jangka sorong lainnya yaitu jangka sorong analog dan digital. Kedua jenis jangka sorong tersebut tidak membutuhkan perhitungan dengan cara manual, karena hasil pembacaan dari jangka sorong tersebut langsung ditampilkan pada pembaca jangka sorong itu. Namun kedua jenis jangka sorong itu membutuhkan perhatian khusus, baik dalam hal penggunaannya maupun perawatannya. Misalnya jangan sampai terjatuh karena mudah rusak.

Baca Juga :   Pengertian dan Perubahan Wujud Zat Cair, Padat, Maupun Gas Terlengkap

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara membaca jangka sorong. Semoga dapat dipahami dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :