Jenis Ikan Hiu Terbaru dan Lengkap

Posted on

Jenis Ikan Hiu Terbaru dan Lengkap

Jenis Ikan Hiu – Ada banyak jenis ikan hiu di laut, mulai dari jinak sampai yang ekspresif. Walaupun tidak terlalu signifikan, perbedaan jenis ikan hiu ini berpengaruh pada bentuk fisik serta tingkah lakunya. Ikan hiu adalah predator di lautan, yang menjaga rantai makanan di laut supaya tetap berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa jenis ikan hiu yang ada di lautan.

Ikan Hiu Gergaji / Sawshark

Adalah hiu yang bentuk fisiknya unik dan berbeda dengan jenis hiu lainnya. Ikan hiu gergaji memiliki mulut lancip serta gerigi. Makanannya yaitu invertebrata. Ia menggunakan bentuk mulutnya yang unik, dalam mencari mangsanya di dasar perairan.

Ikan Hiu raksasa Basking Shark

Adalah ikan hiu terbesar nomor 2 di dunia. Ikan ini panjangnya bisa sampai 10 m lebih saat usianya dewasa. Makanan utamanya adalah plankton. Bentuk fisiknya sama dengan hiu pus tutul, tetapi di bagian ujung mulutnya lebih lancip. Habitat ikan ini yaitu di permukaan, yang dilakukannya untuk mencari makan. Hiu basking memiliki lobang mulut yang besar, bahkan lebih besar dari hiu paus tutul.

Ikan Hiu Blacktip / Sirip Hitam

Hiu ini sering dijumpai di lautan misalnya saat sedang snorkling atau diving. Khususnya di daerah terumbu karang. Ikan yang memiliki nama latin Carcharhinus Limbatus ini memiliki ciri utama yaitu warna hitam pada ujung siripnya. Ikan hiu ini mampu tumbuh hingga 3 meter di usia dewasa, tetapi jarang sekali terjadi diakibatkan over fishing.

Baca Juga :   Pengertian Kompensasi : Tujuan, Jenis dan Kebijakan Dalam Bisnis Lengkap

Ikan hiu blacktip ini senang berada di kawasan terumbu karang karena tempatnya mencari makan. Makanannya yaitu tongkol, sarden, kerapu dan sebagainya.

Ikan Hiu Biru / Blue Shark

Nama latinnya yaitu Prionace glauca. Bentuk tubuhnya hampir sama dengan hiu pada umumnya, tetapi lebih lonjong seperti turped. Hiu ini senang berada di perairan yang kedalamannya sekitar 200 meter ke atas. Sesekali ia berada di laut dangkal dalam mencari makanan. Hiu ini memiliki sensor listrik untuk mengetahui di mana mangsanya. ia senang memangsa ikan kecil, udang, lobster, dan hewan keil lainnya. Sistem reproduksiknya yaitu vivipar. Ikan ini termasuk jenis ikan over fishing yang sering digunakan bagian siripnya.

Blind Shark / Bluegray Shark / Hiu Karpet

Ikan hiu ini disebut hiu karpet karena hidupnya di perairan dengan terumbu karang dan menjadi tempat perlindungan serta mencari makanan. Ikan jenis ini memiliki nama latin Brachaelurus colcloughy, namun banyak sekali sebutan untuk ikan hiu jenis bluegray ini. Jarang dilakukan penelitian pada hiu ini karena sulit ditemukan.

Hampir sama dengan hiu pada umumnya, dan senang memangsa binatang laut seperti kepiting, lomster, ikan kecil, kerapu, dll. Sistem reproduksi hiu karpet adalah ovovivipar. Bila tertangkap manusia, biasanya hiu ini dijadikan hiasan saja di akuarium laut.

Ikan Hiu Jenis Six Gills / Enam Insang

Ikan hiu jenis ini memiliki nama spesies yaitu Hexanchus grisues. Keunikan ikan hiu ini adalah ia memiliki 6 pasang insang. Ikan hiu ini juga sering disebut dengan hiu hidung tumpul atau bluntnose shark. Ukuran badan ikan hiu ini bisa mencapai 4,5 meter dengan berat hingga setengah ton.

Ikan hiu ini tidak bisa bergerak secepat hiu pada umumnya. Sehingga ia cenderung mencari mangsanya di malam hari. Ketika ikan yang lain sedang beristirahat. Hiu ini sering menjadi incaran nelayan untuk diambil bagian tubuhnya.

Baca Juga :   Buaya Terbesar di Dunia Yang Menghebohkan Sepanjang Sejarah Lengkap

Ikan Hiu Bronze Whaler Atau Copper Shark

Ikan hiu jenis ini memiliki nama latin Carcharhinus brachyurus. Gigi yang ada pada ikan hiu ini sangat sempit, sehingga ikan hiu ini juga disebut juga hiu gigi sempit. Makanan dari ikan hiu ini antara lain ikan kecil, cumi, pari, dan lainnya yang berukuran kecil.

Hiu ini lebih sering ditemukan berenang secara bergerombol daripada sendiri. Sistem reproduksinya vivipar. Musim kawinnya yaitu sekitar Bulan Oktober-Desember. Ikan ini dapat hidup sampai 30 tahun lamanya.

Ikan Hiu sevengill broadnose / 7 Insang

Hiu jenis ini memiliki nama latin Notorynchus cepedianus. Memiliki ciri-ciri khusus hidung yang pendek / tumpul dan 1 sirip di punggungnya. Ciri fisiknya yaitu warna ikannya sevengill atau keabu-abuan. Ikan ini sering berada di terumbu karang, dalam mencari mangsa dan bereproduksi. Hiu ini memakan jenis ikan apa saja, yang dianggapnya lebih kecil seperti anjing laut, ikan kecil, bahkan hingga kanibal. Hiu ini mampu melahirkan anak hiu hingga 100 ekor setiap musim perkawinannya.

Megalodon Ikan Hiu Terbesar Sepanjang Sejarah

Meskipun saat ini ikan ini tidak ada, namun nama dan keberadaannya jaman dahulu masih di teliti hingga saat ini. Memiliki bentuk tubuh yang sangat besar melebihi apapun yang ada di lautan. Panjang dari hiu megalodon diperkirakan hingga mencapai 20-30 meter. Hiu jenis ini telah ditemukan fosilnya di beberapa tempat diantaranya afrika, amerika, australia, jepang, eropa.

Demikianlah Jenis Ikan Hiu di dunia lengkap dengan penjelasannya masing-masing. Semoga dapat menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Baca Juga :   Ciri-Ciri Down Syndrome : Pengertian, Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya Lengkap