Jenis-jenis Penelitian dan Contohnya Lengkap

Posted on

Jenis-jenis Penelitian dan Contohnya Lengkap

Jenis-jenis Penelitian – Penelitian merupakan usaha yang dengan sistematik yang berhubungan dengan kegiatan dalam menggambarkan, dan menemukan suatu pengetahuan yang benar adanya serta contohnya. Kegiatan penelitian di beragam bidang iptek, menurut substansinya ada empat hal yaitu usaha yang sifatnya sistematik, hasil penemuan dengan pemanfaatannya dan tindak lanjut dalam penyebarluasan suatu temuan. Berikut penjelasannya lengkap.

Jenis-Jenis Penelitian

Eksperimen

Adalah jenis penelitian percobaan yang berupaya dalam mengisolasi dan kontrol dalam masing-masing situasi yang sesuai, dengan situasi yang akan diteliti kemudian mengamati pada efek/pengaruh ketika conditional sentence memanipulasi kondisi itu.

Jenis penelitian eksperimen terbagi atas 4 jenis yaitu pre experimental design, true experimental design, quasy experimental dan design faktorial desain.

Deskriptif

Adalah metode penelitian yang maksudnya adalah mendeskripsikan beberapa peristiwa yang ada dan masih terjadi sampai saat ini. Atau waktu yang lalu. Jenis penelitian ini beda dengan eksperimen karena tak melakukan perubahan pada variabel yang bebas dalam mendeskripsikan sesuatu pada situasi ala kadarnya.

Korelasional

Adalah penelitian yang mengikuti pengumpulan data dalam memilih serta menentukan diantara hubungan dengan tingkat hubungan dua variabel atau lebih. Hubungan dan tingkat variabel ini penting karena dengan mengetahui lebih lanjut tingkat hubungannya, maka peneliti dapat memuaskan sesuatu dengan tujuan penelitian.

Penelitian kausal komparatif atau penelitian ex post facto adalah penelitian empiris artis yang dimana mematikan kreativitasnya langsung, karena adanya variabel itu yang sudah terjadi. Kegiatan pendekatan dasar bahasa komparatif adalah beragam aktivitas peneliti, yang dimulai dari meneliti efek variabel yang satu dengan yang lain kemudian ia berupaya untuk mencari kemungkinan penyebab variabelnya.

Baca Juga :   Pengertian Dan Konsep Berkarya Seni Rupa Lengkap

Penelitian ini adalah perbandingan diantara situasi masa lalu dan masa kini atau kondisi paralel yang tak sama, terlebih lagi bila peneliti tak memiliki kendali terkait dengan situasi yang akan diidentifikasi.

Penelitian Evaluasi

Adalah jenis penelitian yang tujuannya untuk mengecek proses berlangsungnya logam dan waktu yang sama dalam menerangkan fakta yang bersifat kompleks menyeluruh, serta termasuk dalam program. Misalnya keefektifitasan dan kemenarikan suatu program dan keefisiensian.

Simulasi

Adalah jenis penelitian yang tujuannya untuk mencari gambaran melalui sistem yang skalanya kecil/sederhana yang dimana sistem itu akan menerapkan manipulasi atau pengendalian dalam memperoleh pengaruhnya. Penelitian ini hampir sama dengan penelitian eksperimental, perbedaannya adalah pada penelitian simulasi membutuhkan lingkungan yang mirip dengan keadaan aslinya.

Survei

Penelitian ini diaplikasikan untuk mengoleksi informasi/data tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil. Populasi juga dapat mengikuti dan berkaitan dengan lembaga/organisasi atau unit kemasyarakatan, tetapi sumber utamanya adalah orang.

Studi Kasus

Adalah penggalian yang mendalam pada sistem berita. Setelah kasus dimaknai dengan jelas maka peneliti akan melakukan penyelidikan yang mendalam. Yang secara umum menggunakan metode pengumpulan data contohnya observasi lapangan wawancara serta dokumentasi.

Teori Dasar

Adalah pendekatan yang memastikan peneliti untuk menemukan dan mengembangkan teori yang relevan dengan studi fenomena. Dengan mengaplikasikan  grounded theory atau teori dasar peneliti secara sengaja mencari peserta yang menghadapi fenomena yang lagi dikaji mengidentifikasi data meliputi dokumen wawancara serta catatan.

Etnografi

Adalah kegiatan analisa yang mendalam dari kelompok sosial yang secara umum melakukan pengumpulan data observasi wawancara. Selain itu dokumen jenis penelitian ini juga dapat membangun karakter tingkah laku dan kepercayaan dari sebuah kelompok, dari masa ke masa venografi yang memungkinkan peneliti ikut serta mengamati atau menjadi peserta aktif dan masa waktunya lebih lama dengan kelompok yang akan dikaji.

Baca Juga :   10 Perilaku Dan Ciri-Ciri Orang Cerdas "Yang Belum Anda Tahu"

Cultural

Adalah penelitian yang diaplikasikan pada objek yang bentuknya unsur/fenomena budaya dengan menggunakan perangkat metodologis yang ada pada ilmu pengetahuan budaya.

Historis

Adalah jenis penelitian yang tujuannya adalah untuk mendeskripsikan fakta dan mengambil kesimpulan pada kejadian atau fenomena di masa lalu. Data yang utama dari penelitian ini adalah sejarah data yang bersifat hidtoris, misalnya di antara kalangan arkeolog yang menggunakan sumber data seperti dokumentasi masa lalu.

Etnologi

Adalah jenis penelitian yang pusatnya ada pada tingkah laku manusia peneliti yang cenderung menggunakan penafsiran secara langsung, pada perilaku subjek yang akan dikasi dibandingkan dengan melakukan tafsiran dari segi teoritisnya.

Itulah Jenis-Jenis Penelitian beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga dapat dipahami, dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda dan bermanfaat.

Baca Juga :