Juring – Pengertian, Cara Menghitung busur, Keliling Dan Luas Juring Lingkaran Lengkap

Posted on

Juring : Cara Menghitung busur, Keliling, Dan Luas Juring Lingkaran Lengkap

Juring – Juring lingkaran adalah sebuah bidang yang dibatasi oleh busur lingkaran, dengan dua jaring-jaring lingkaran. Pada dasarnya juring lingkaran adalah fraksi atau pecahan dari lingkaran. Bentuk juring sering kali diumpamakan sebagai bentuk atau potongan kue pie, atau potongan kue pizza.

Juring - Pengertian, Cara Menghitung busur, Keliling Dan Luas Juring Lingkaran Lengkap

Busur Yang Berada Pada Lingkaran

Busur lingkaran adalah sebuah garis lengkung yang mengikuti sebuah persamaan dari lingkaran. Busur lingkaran juga bisa berupa garis lengkung, baik yang terbuka maupun yang tertutup. Bila garis yang lengkung ini membentuk lingkaran penuh, maka panjang busurnya sama dengan keliling lingkaran.

Sudut Yang Ada Pada Juring Lingkaran

Sudut yang ada pada juring lingkaran merupakan fraksi dari sudut 360 derajat. Misalnya suatu juring lingkaran yang terdiri dari seperemepat lingkaran, yang mempunyai sudut juring seperempat dari sudur 360 derajat tersebut. yaitu 90 derajat. Juring pada setengah lingkaran ini mempunyai sudut juring 180 derajat.

Sisi Pada Juring Lingkaran

Juring lingkaran mempunyai dua buah sisi dan sebuah busur lingkaran, yang pada dasarnya beberapa sisi juring lingkaran adalah jari-jari lingkaran. Bila sebuah bidang terdiri dari sebuah busur lingkaran dan dari dua sisi yang membentuk sudut, namun kedua sisi pada bidang itu tidak sama dengan jari-jari lingkaran tersebut. maka bidang itu bukan juring lingkaran.

Baca Juga :   Diferensial Matematika : Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soalnya Lengkap

Cara Menghitung Panjang Busur Pada Juring Lingkaran

Panjang dari busur juring lingkaran pada dasarnya merupakan fraksi dari keliling lingkaran. Karena fraksi yang berasal dari keliling lingkaran, bisa dinyatakan dengan fraksi sudut juring pada suatu sudut lingkaran yang penuh yaitu 360 derajat. Maka panjang dari busur juring lingkaran bisa dinyatakan dalam rumus di bawah ini :

Cara Menghitung Keliling Juring Lingkaran

Keliling juring lingkaran adalah jumlah panjang busur dan dua sisi pada juring lingkaran. Karena pada sisi juring lingkaran ini adalah jari-jari lingkaran, maka luas juring lingkarannya adalah busur lingkaran yang ditambah dengan dua jari-jari lingkaran. Pada sebuah persamaan matematika, rumus untuk menghitung panjang keliling juring lingkaran adalah :

Cara Menghitung Luas Juring Lingkaran

Pada dasarnya luas juring lingkaran adalah fraksi dari luas lingkaran yang ada. Karena fraksi dari luas lingkaran tersebut bisa dinyatakan dengan fraksi sudut juring, pada sudut lingkaran yang penuh yaitu 360 derajat. Maka rumus dari luas juring lingkaran adalah :

Contoh Soal

Selembar kertas berbentuk juring lingkaran memiliki sudut sisi-sisi juring sebesar 60 derajat dengan panjang sisi-sisi masing-masing 14 cm. Hitung panjang busur, keliling juring, dan luas juring permukaan kertas tersebut. (Petunjuk: busur = (sudut/360).K, keliling juring = (sudut/360).K + 2r, luas juring = (sudut/360). L).

Jawab:

Keliling lingkaran K = 2.(22/7).14 =  88 cm.

Luas lingkaran L = (22/7).14.14 = 616 cm2.

Busur = (60/360).88 = 14,67 cm

Keliling juring = (60/360).88 + 2.(14) = 14,67 + 28 = 42,67 cm

Luas juring = (60/360).616 = 102,67 cm2

 

Demikian pembahasan mengenai juring secara lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat memberi manfaat.

Baca Juga :

Baca Juga :   Perkalian Matriks : Rumus, Contoh Soal Dan Pembahasannya Lengkap