Jurnal Umum : Pengertian, Tujuan, Prinsip Dasar, Fungsi, Bentuk, Manfaat Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Jurnal Umum : Pengertian, Tujuan, Prinsip Dasar, Fungsi, Bentuk, Manfaat Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Jurnal Umum – Di bidang akuntansi jurnal adalah tempat mencatat transaksi untuk pertama kalinya. Salah satu materi dalam akuntansi yang paling dikenal adalah jurnal umum. Berikut penjelasan lengkapnya.

Jurnal Umum

Kata jurnal umum berasal dari bahasa Perancis yaitu (Jour) yang berarti hari. Jurnal umum adalah buku harian atau formula yang khusus, yang dipakai untuk mencatat seluruh aktivitas transaksi secara kronologis dan sesuai dengan urutan tanggal. Dengan cara mencantumkan nama transaksi, kelompok akun, dan nominal di kolom kredit atau debit.

Penggunaan jenis bukunya disesuaikan dengan kebutuhan pada setiap perusahaan, hingga tak heran saat perusahaan satu dengan yang lainnya melakukan pembukuan jurnal dengan cara yang berbeda. Dasar pemilihan buku jurnalnya mempertimbangkan faktor efisiensi dan efektivitas dari perusahaan.

Tujuan jurnal umum

Adalah untuk melakukan identifikasi, penilaian, dan pencatatan dampak ekonomi dari satu transaksi atau berbagai transaksi dalam perusahaan. Tujuan lainnya yaitu untuk memudahkan proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi dalam sebuah akun yang sesuai dengan transaksi.

Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

  • Melaksanakan identifikasi bukti transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan. Diantara contohnya yaitu kuitansi, memo, nota, faktur dan sebagainya.
  • Memilih akun yang terpengaruh dengan transaksi yang terjadi dan membaginya dalam jenis mode, hutang, atau harta.
  • Memilih penambahan atau pengurangan atas akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan.
  • Memilih debit atau kredit akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan. (kuasai terlebih dahulu cara menentukan debit-kredit di suatu akun).
  • Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum sesuai dengan bukti transaksi.
Baca Juga :   Pengertian Operasional : Makna, Fungsi, Ciri dan Ruang Lingkupnya Lengkap

Fungsi Jurnal Umum

Fungsi Historis

Setiap transaksi dilakukan dengan cara kronologis, dan berurutan sesuai dengan tanggal transaksi. Jurnal ini menggambarkan kegiatan perusahaan secara berurutan dan terus menerus setiap hari.

Fungsi Mencatat

Seluruh transaksi di perusahaan harus dicatat pada jurnal umum setiap harinya. Jangan sampai ada yang terlewat. Setiap perubahan pada modal, biaya, kekayaan, dan pendapatan mesti dicatat terlebih dahulu ke dalam jurnal umum, agar pembuatan keuangan perusahaan menjadi lengkap.

Fungsi Analisis

Menunjukkan bahwa pencatatan jurnal umum adalah hasil analisis yang bentuknya debit dan kredit yang berhubungan serta jumlah/nominalnya. Analisis ini juga terkait dengan pembagian nama akun, pencatatan dalam debit maupun kredit beserta jumlahnya.

Fungsi Instruktif

Fungsi instruktif ini yaitu memberi perintah/petunjuk dalam proses memasukkan data ke dalam buku besar. Perintah debit dan kredit akun yang terkait sesuai dengan catatan yang ada di jurnal. Pencatatan jurnal umum bukan sebatas dokumen transaksi saja, tapi juga bersifat instruktif.

Fungsi Informatif

Jurnal umum juga memberikan informasi yang berhubungan dengan transaksi yang terjadi dengan cepat dan dilakukan pencatatan berdasarkan keterangan.

Bentuk Jurnal Umum


Keterangan nomer :

  1. Berisi tanggal, bulan, dan tahun kejadian transaksi. Untuk bulan dan tahun cukup ditulis satu kali saja setiap halaman judul, kecuali jika ada pergantian bulan/tahun.
  2. Diisi nomor bukti dokumen transaksi.
  3. Diisi oleh akun yang terkait dengan transaksi yang terjadi, yang akan di debet atau kredit.
  4. Diisi kode akun yang angkanya telah dipindahkan/tertera di buku besar.
  5. Diisi nilai nominal akun yang di debet.
  6. Diisi nilai nominal akun yang di kredit.
  7. Keterangan singkat tentang transaksi (optional).

Manfaat Jurnal Umum

  • Mengetahui akan timbul pertambahan atau pengurangan suatu perkiraan.
  • Mengetahui jumlah yang akan dicatat di satu atau lebih perkiraan.
  • Mengetahui jumlah yang di debet atau di kredit bahwa mesti seimbang.
  • Dibuat tanda (referensi) supaya dapat diketahui suatu jumlah telah di posting ke perkiraan yang tepat di buku besar sesuai perkiraannya.
  • Dibuat referensi (tanda) supaya diketahui suatu jumlah telah dilakukan posting ke perkiraan yang tepat di buku besar, sesuai nomor perkiraannya.
Baca Juga :   Sejarah Kerajaan Samudera Pasai dan Raja Kerajaannya Lengkap

Contoh Jurnal Umum Singkat

PT Angin Ribut melakukan transaksi di bulan Desember 2020, antara lain :

  • Tanggal 1: Pembelian peralatan kantor tunai sebesar Rp. 3.500.000
  • Tanggal 3: Pembayaran sewa gedung tunai sebesar Rp. 250.000

Sehingga bentuk jurnalnya seperti di bawah ini :

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Jurnal Umum yang meliputi Tujuan, Prinsip Dasar, Fungsi, Bentuk, Manfaat Dan Contohnya Lengkap. Semoga dapat dipahami dengan baik dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :