30 Kata-Kata Semangat Hidup Untuk Memperbaiki Suasana Hatimu Lengkap

Posted on

Kata-Kata Semangat Hidup Untuk Memperbaiki Suasana Hatimu Lengkap

Kata-Kata Semangat – Setiap orang tentu pernah merasa sedih, kurang bersemangat dan juga kecewa. Jika saat ini anda sedang merasakan hal itu maka cobalah untuk membaca kata-kata berikut ini. Untuk membuat suasana hati anda kembali ceria, dan semangat lagi.

30 Kata-Kata Semangat Hidup Untuk Memperbaiki Suasana Hatimu

Merasa hilang semangat dalam mengejar karir, menjalani hubungan dengan pasangan, atau menempuh pendidikan merupakan hal yang wajar. Pasti banyak faktor yang akan memengaruhi perasaan itu. Atau bisa jadi karena cibiran dari orang di sekitar anda, yang mengalami kegagalan saat mengejar karir atau ketika dikhianati oleh pasangan.

Tapi bukan berarti anda boleh berlarut-larut dalam kekecewaan, karena ada saatnya anda bangkit dan memulai lagi semangat yang baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan menjadikan masalah sebagai alasan untuk mematahkan mimpi dan semangat yang baru. Karena dari masalah itulah anda bisa mengambil hikmah dan pelajarannya.

Jika anda ingin memperoleh kembali semangat anda yang hilang. Maka bacalah kata-kata semangat di bawah ini, yang akan memompa lagi jiwa semangat anda.

Kata-Kata Motivasi Sukses

1. Jangan Takut Gagal

Supaya bisa berhasil, keinginanmu untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutanmu akan kegagalan. (Bill Cosby).

 

Setiap orang tentu ingin sukses dan juga berhasil dalam mencapai karir, pendidikan, atau cita-citanya. Dalam mencapai kesuksesan itu tidak mudah, karena akan banyak rintangan yang dapat menghambat dan menghadang langkah anda.

Terkadang banyak juga orang yang tak dapat mencapai mimpinya hanya karena takut gagal. Anda juga tak perlu takut akan hal itu, karena kegagalan adalah proses pembelajaran. Sukses bukanlah dinilai dari hasil akhirnya saja, tapi juga proses dan perjuangan anda dalam meraih hal itu.

2. Peluang Selalu Ada

Sebenarnya, ada banyak peluang di sekitar kita. Hanya saja terkadang kita tidak melihat mereka. (Lou Holtz).

 

Pernahkah anda merasa putus asa karena tak kunjung memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan passion anda? Mungkin setelah itu anda akan menjadi pesimis dengan kemampuan anda sendiri. Tetaplah semangat dalam mencari kesempatan dalam pekerjaan, yang sesuai dengan keinginan anda. Coba juga melihat hal sekitar dengan seksama, mungkin saja ada peluang yang sedang menanti anda.

3. Lakukan Pekerjaan Sebaik Mungkin

Masa depan itu tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini. (Mahatma Gandi).

 

Kata-kata bijak dari Mahatma Gandi tersebut benar adanya. Masa depan ada di tangan anda sendiri, dan sukses atau tidaknya anda nanti tergantung pada apa yang anda lakukan sekarang. Jika anda terus bermalas-malasan, maka jangan sedih bila masa depan anda akan suram. Karena masa depan yang cerah adalah untuk orang yang melakukan pekerjaannya dengan baik.

4. Meraih Mimpi

Gapailah ambisi Anda setinggi langit! Mimpikan ambisi Anda itu setinggi langit! Karena jika Anda jatuh, Anda akan jatuh di antara bintang-bintang!! (Soekarno).

 

Setiap orang di dunia ini pasti memiliki mimpi dan ambisi. Maka semakin tinggi cita-cita dan keinginan yang ingin diraih, akan semakin besar juga rintangan dan tingkat kesulitan yang akan dihadapi. Tapi jangan takut untuk memiliki mimpi yang tinggi. Walaupun anda akan merasa kesulita ketika meraihnya, percayalah ketika anda jatuh akan ada pelajaran yang indah dan manis yang dapat anda petik.

5. Impian Harus Diperjuangkan

Kamu harus berjuang untuk mencapai impian. Berkorban dan bekerja keraslah untuk itu. (Lionel Messi)

 

Masih berkaitan dengan kata-kata semangat dan motivasi kerja yang sebelumnya, dalam meraih mimpi maka anda harus berjuang. Seperti kata Lionel Messi, dibutuhkan usaha dan juga kerja keras agar berhasil dalam meraih mimpi.

Percuma anda memiliki mimpi yang tinggi tapi tak berusaha meraihnya. Kesuksesan hanya datang bagi orang yang memperjuangkannya. Jadi berjuang jugalah untuk itu.

Baca Juga :   Teks Cerita Sejarah : Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis dan Kaidah Kebahasaan Lengkap

Kata-Kata Semangat Hidup untuk Belajar

1. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Tentukan tujuanmu dan jangan sampai berhenti sebelum kamu tiba di sana. (Bo Jackson).

 

Salah satu hal yang penting di dalam kehidupan adalah menentukan tujuan. Anda harus merencanakan hingga kelak anda akan menjadi seperti apa, siapa dan di mana. Bila sudah menentukan arah dan tujuan, maka jangan berhenti berusaha dan juga berkorban agar anda bisa sampai di sana. Sehingga anda akan memiliki motivasi dalam meraihnya dengan cara terus belajar.

2. Pentingnya Pendidikan

Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis. (Aristoteles).

 

Kata motivasi tersebut cocok bagi anda yang sedang menempuh pendidikan. Ketika menjalani pendidikan yang memang ada pahit getirnya proses, yang akan dialami. Terkadang merasa jenuh, stres dan kesusahan saat memahami pelajaran. Tapi jika anda bersungguh-sungguh menjalaninya, maka percayalah nanti anda akan memetik manisnya dari hasil jerih payah itu.

3. Belajar Tidak Mengenal Usia

Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya. (Mahatma Gandhi).

 

Pernahkah anda berpikir, bahwa selama ini apa yang sebenarnya sudah anda sia-siakan. Sadar atau tidak, waktu adalah hal yang penting yang sering terabaikan. Padahal waktu adalah hadiah yang diberikan Tuhan kepada anda. Sehingga ingatlah untuk selalu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, seolah-olah anda akan menemui ajal besoj. Dan teruslah belajar seolah anda akan hidup selamanya.

4. Mulailah Belajar, Sekarang!

Rahasia untuk maju adalah memulai. (Mark Twain)

 

Memulai sesuatu adalah hal penting yang sering diabaikan padahal mempunyai peranan yang penting. Kadang orang ingin maju, sukses, dan memiliki masa depan cerah, tapi tak mau belajar. Masa depan yang baik tak bisa anda dapatkan dengan mudah, jadi mulailah dengan belajar dari sekarang supaya anda bisa mencicipi manisnya hidup.

5. Pentingnya Belajar

Belajar tanpa berpikir sia-sia, berpikir tanpa belajar berbahaya. (Konfusius)

 

Kata semangat dari Konfusius seorang filsuf dari Tiongkok ini, membuat kita berpikir bahwa kata-katanya memang benar. Belajar seharusnya membuat kita berpikir untuk mendapatkan ilmu dan kepandaian. Karena untuk apa kita belajar tapi tak berpikir, maka sia-sia saja.

Sedangkan berpikir merupakan proses yang terjadi dengan cara otomatis. Proses itu akan lebih baik bila dilandasi dengan informasi yang diperoleh dengan cara belajar. Sehingga ruang berpikir seseorang akan menjadi luas dan besar, dengan membaca dan mendengarkan atau dengan belajar.

Kata-Kata Semangat Hidup untuk yang Patah Hati

1. Percaya dengan Rencana Tuhan

Ketika diputuskan oleh pacar rasanya tentu sangat mengecewakan. Namun percayalah bahwa Tuhan sudah menyiapkan rencana yang paling baik, untuk kisah cinta anda. Mungkin mantan pacar anda itu memang bukan orang yang baik bagi anda. Sehingga putus saat ini merupakan pilihan tepat daripada terus bersama tetapi berujung dengan luka.

2. Jangan Disesali

Hidup itu bukan tentang menyesali apa yang telah pergi tapi tentang menghargai apa yg kamu miliki dan sabar menanti apa yang akan menghampiri. (Anonim).

 

Ditinggal kekasih mungkin akan menimbulkan perasaan luka yang mendalam, tapi bukan berarti anda harus menyesali pernah menjalin hubungan dengannya. Menyesal hanya akan menambah luka di dalam dada.

Lebih baik anda merelakannya dan mulailah membenahi diri, dan jangan terus bersedih karena hal itu akan membuat orang di sekitar anda ikut terluka. Bangkitlah, karena suatu hal yang baik akan segera menghampiri.

3. Tidak Semua Keinginan Bisa Tercapai

Percayalah, Tuhan menciptakan rasa kecewa agar kita bisa menerima tidak semua keinginan bisa tercapai. (Anonim).

 

Kata-kata tersebut di atas cocok untuk anda yang sedang patah hati. Saat anda sedang merasa kecewa karena keinginan untuk bersama seseorang tapi tak bisa dicapai, maka jangan larut dalam kesedihan yang mendalam.

Tuhan menciptakan rasa kecewa supaya anda menyadari bahwa tak semua impian bisa dicapai. Kadang anda harus merasa sedih supaya dapat bersyukur ketika Tuhan memberi anda bahagia.

4. Jodoh Tak Akan Lari

Tidak perlu berusaha membuat orang lain mencintai kita. Jika kalian berjodoh apapun akan terjadi. (Anonim).

Baca Juga :   Poster : Pengertian, Manfaat, Ciri, Syarat, Tujuan dan Sejenisnya Lengkap

 

Banyak perempuan atau laki-laki yang memaksakan diri untuk tampil beda, entah dengan cara mengubah penampilan atau merubah sikap menjadi lebih baik. Di dalam urusan cinta, jadilah diri anda sendiri dalam menarik perhatiannya. Anda tak perlu berusaha menjadi orang lain, untuk membuatnya mencintai anda. Kalau anda berjodoh dengannya, maka cinta akan tumbuh dengan sendirinya.

5. Ada Kebahagiaan Yang Lain

Air mata dan hatimu itu terlalu berharga untuk menangisinya. Masih ada kebahagiaan lain yang menunggumu. (Anonim)

 

Menangis untuk melupakan emosi dan kekecewaan adalah hal yang wajar, sekali dua kali tak apa. Bila anda memang ingin menangis. Tapi jangan terus menangis hanya karena memikirkannya. Hargailah mata dan hatimu dengan mengikhlaskan kepergiannya. Dan percaya, ada kebahagiaan yang lain yang akan datang seiring dengan kepergiannya itu.

Kata-Kata Motivasi Singkat dan Bijak

1. Tidak Ada Kata Terlambat

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi apa yang kamu inginkan. (George Eliot).

 

Ketika anda kecil apakah masih ada impian yang belum terwujud? Jika masih ada, maka wujudkanlah mimpi itu sekarang. Karena tak ada kata terlambat untuk mewujudkannya. Motto hidup yang singkat tapi bermakna ini, sebaikanya dipegang dengan teguh. Agar anda selalu semangat dalam mengejar keinginan anda. Asal anda berjuang dan tak mudah putus asa, cita-cita anda pasti bisa terwujud.

2. Buatlah Hidup dan Matimu Berarti

Hidup yang berarti, dan mati lebih berarti lagi. (Pramoedya Ananta Toer).

 

Kata-kata bijak dari pengarang terkenal yang satu ini, memang singkat namun penuh dengan makna. Ketika anda masih hidup, buatlah hidup ini menjadi lebih bermakna. Baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Sehingga bila nanti anda tiada, akan ada kenangan yang berarti bagi orang-orang yang ditinggalkan.

3. Hidup adalah Keberanian

Hidup adalah keberanian menghadapi tanda tanya, terimalah, hadapilah. (Soe Hok Gie).

 

Dalam menjalani hidup tak dapat dipungkiri bahwa orang lain akan terus memberi pertanyaan. Seperti misalnya, kamu mau menjadi apa? Kapan nikah? Dan lain sebagainya. Entah itu hanya basa basi atau memang peduli, tapi pertanyaan itu akan selalu mengiringi langkah anda.

Kadang ada orang yang terganggu dengan hal itu, tapi jangan sampai pertanyaan tersebut mengaburkan semangat anda. Maka terima dan hadapi, dengan berani dan lapang dada.

4. Jangan Takut Melangkah!

Jangan takut melangkah dengan pelan. Takutlah jika tidak bergerak sama sekali. (Chinese Proverb).

 

Saat anda sedang berjuang untuk meraih mimpi, mungkin anda merasa lelah karena tak dapat meraihnya. Walaupun begitu, tetaplah perjuangkan mimpi anda. Tak masalah bila langkah anda pelan, yang penting tidak berhenti melangkah lagi. Kutipan tersebut sama dengan peribahasan, alon-alon asal kelakon. Yang artinya pelan-pelan yang penting terselesaikan.

5. Langkah Pertama

Perjalanan sejauh apapun dimulai dengan satu langkah pertama. (Lao Tzu).

 

Pernahkah anda ingin melakukan hal yang baik, tapi selalu menundanya? Banyak orang yang memiliki mimpi besar tapi malas untuk memulai, dalam usaha untuk meraihnya. Seseorang bisa sampai ke tempat tujuan pasti akan menempuh langkah yang penuh dengan liku. Sama halnya dengan mimpi anda, jika ingin meraihnya maka jangan takut melangkah.

Kata-Kata Motivasi Cinta

1. Senyum di Wajahmu

Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai. (Kartini).

 

Membahagiakan diri sendiri adalah dengan cara membuat orang lain bahagia. Jika anda ingin merasakan kebahagiaan, maka cobalah untuk membahagiakan pasangan anda. Ungkapkan kata yang romantis untuk pasangan anda, dijamin ia akan semakin mencintai anda. Tunjukkan juga padanya bila wajahnya yang tersenyum memang menyenangkan.

2. Saling Mencintai

Hanya ada satu kebahagiaan dalam hidup, mencintai dan dicintai. (George Sand).

 

Mencintai seseorang itu menimbulkan rasa bahagia dan gejolak di dada. Apalalgi bila rasa itu dibalasa olehnya. Pasti akan lebih membahagiakan lagi. Karena mencintai dan dicintai adalah kesatuan dalam meraih bahagia, dalam kisah asmara. Bila anda hanya mencintai tanpa dicintai maka rasanya mengecewakan. Sama halnya dengan bila anda dicintai tapi tidak mencintai maka akan terasa hampa.

Baca Juga :   Contoh Surat Rekomendasi : Struktur, Langkah Membuat Dan Contohnya Lengkap

3. Cinta Tak Kenal Usia

Umur 18 tahun mungkin terlalu cepat untuk seolah tahu soal cinta, tapi gak ada umur yang terlalu muda untuk jatuh cinta, kan? (Raditya Dika).

 

Kata semangat hidup tentang cinta akan membuat anda sadar bahwa jatuh cinta bisa dialami oleh semua kalangan. Baik yang tua maupun yang muda. Bagi yang masih muda, mungkin belum paham soal kisah cinta karena kurangnya pengalaman. Tapi bukan berarti tak bisa merasakan cinta. Jadi jika anda masih mudah dan merasakan jatuh cinta, nikmatilah.

4. Milik Kita

Masa lalu saya adalah milik saya. Masa lalu kamu adalah milik kamu. Tapi, masa depan adalah milik kita. (B.J. Habibie, Habibie Ainun).

 

Pernahkah anda menonton film romantis Habibie Ainun? Bila belum maka tontonlah, agar anda mengerti arti cinta yang sesungguhnya. Kutipan di atas diambil dari film tersebut. saat anda bertemu dengan pasangan anda, maka terimalah masa lalunya. Begitupun sebaliknya. Agar kalian berdua dapat menjalani masa depan bersama.

5. Pacaran Jarak Jauh

Pacaran jarak jauh memang tak semudah air yang jatuh, tetapi pacaran jarak jauh mampu menumbuhkan rindu yang utuh. (Boy Chandra).

 

Menjalani pacaran jarak jauh atau LDR memang tak mudah, kadang ingin bertemu langsung tapi terhalang oleh jarak. Tapi bukan berarti tidak menyenangkan. Dengan menjalin hubungan itu, akan selalu ada rindu yang utuh. Perasaan itu juga akan tertinggal dalam hati, sampai ada pertemuan kembali.

Kata-Kata Semangat Hidup Penuk Makna

1. Hanya Kamu yang Bisa

Hanya aku yang bisa mengubah hidupku. Bukan orang lain. (Carol Burnet).

 

Hidupmu adalah kamu sendiri yang menjalaninya dan bukan orang lain. Tapi ada orang-orang yang merasa dirinya lebih baik, dan selalu menggurui agar hidup anda menjadi lebih baik. Anda mungkin pernah mengalaminya. Jangan patah semangat hanya karena ada orang yang meminta anda berubah. Seolah ia sudah menjadi yang paling sempurna. Ingatlah selalu kutipan tersebut di atas.

2. Hidup Hanya Sekali

Hidup adalah seni menggambar tanpa penghapus. (John W. Gardner).

 

Kata semangat ini singkat tapi luar biasa maknanya. Hidup itu seperti kertas putih dan anda adalah penanya. Anda bebas menggambar kisah anda sendiri, tapi anda tak punya penghapus untuk merevisinya. Itulah hidup, anda bebas menjalani hidup tapi tak bisa mengubah apa yang sudah tertulis atau tergambarkan. Jadi lakukanlah yang terbaik.

3. Hidup adalah Proses

Kehidupan yang baik adalah sebuah proses, bukan suatu keadaan yang ada dengan sendirinya. Kehidupan itu sendiri adalah arah, bukan tujuan. (Carl Rogers).

 

Banyak orang yang memiliki tujuan hidup untuk menjadi orang yang sukses dengan cepat. Padahal keberhasilan tak bisa diperoleh dengan mudah. Ada proses panjang yang harus anda ketahui. Dengan proses itulah anda akan memperoleh pelajaran penting dan bermakna.

4. Bukalah Lembaran Baru

Hidup ini tidak seperti novel, yang kita bisa mengulang halaman pertama kapanpun kita mau. Dalam kehidupan nyata, saat sebuah kisah tidak lagi asyik, mulai menyakitkan, kita tidak bisa mengulanginya dari halaman pertama lagi. Tapi tidak mengapa, karena kita selalu bisa membuat bab baru, halaman baru. Selalu bisa. (Tere Liye).

 

Merasa sakit hati, gagal, dan kesedihan adalah hal yang anda alami sendiri. Anda tak akan merasa kehilangan kebahagiaan, bila tak ada kesedihan. Tapi bukan berarti anda bisa selalu kembali ke masa bahagia. Hidup bukan novel yang bisa anda baca berulang kali, jadi ketika merasakan hal yang tak menyenangkan bukalah lembaran baru dengan semangat yang lebih.

5. Kecewa Itu Boleh

Untuk jadi maju memang banyak tantangan dan hambatan. Kecewa semenit dua menit boleh, tetapi setelah itu harus bangkit lagi. (Jokowi).

 

Merasa kecewa itu tentu tak dilarang, apalagi bila hal yang anda inginkan tak sesuai harapan. Tapi alangkah baiknya bila anda tidak larut dalam kesedihan. Kecewa boleh asal jangan sampai menghambat langkah anda untuk maju.

Sekian persembahan kata-kata semangat yang berasal dari banyak tokoh, yang akan menyemangati hidupmu lagi. Semoga kata-kata tersebut di atas dapat menjadi inspirasi yang tepat, dan membangkitkan semangat anda dalam menjalani hidup.

Baca Juga :