Keanekaragaman Hayati : Pengertian, Tingkat, Manfaat Dan Pelestariannya Lengkap

Posted on

Keanekaragaman Hayati : Pengertian, Tingkat, Manfaat Dan Pelestariannya Lengkap

Materi Keanekaragaman Hayati – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan dengan keanekaragaman hayatinya. Baik yang ada di darat maupun di laut. Masyarakat dunia Indonesia juga dikenal sebagai negara megabiodiversity. Sebutan tersebut didukung oleh alam Indonesia yang beriklim tropis dan menjadi habitat yang cocok untuk flora dan fauna.

Pengertian

Keanekaragaman hayati adalah kekayaan makhluk hidup yang berasal dari beragam sumber di dalam ekosistem. Ekosistem merupakan sekumpulan organisme baik tanaman atau hewan yang berinteraksi satu dengan yang lainnya, dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Ekosistem selalu berusaha untuk mempertahankan keseimbangan, bila ekosistemnya terganggu maka ekosistem akan beradaptasi lagi.

Keseimbangan ekosistem bisa terganggu oleh alam/manusia polusi tanah, polusi udara, pembangunan yang berlebihan, dan lain – lain.

Tingkat

Keanekaragaman Gen

Adalah variasi genetik di dalam satu spesies. Tingkat keanekaragamannya muncul karena setiap individu memiliki bentuk gen yang khas. Gen merupakan materi di dalam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat organisme. Contohnya durian memiliki berbagai varietas seperti Durian Montong, Durian Petruk, Durian Mimang, dan masih banyak lagi.

Keanekaragaman Spesies

Spesies berarti kelompok individu yang menunjukkan beberapa karakteristik penting dibanding kelompok lainnya. Karakteristik ini berupa morfologi, fisiologi, maupun biokimia. Sebagai contoh, harimau, macan, dan kucing memiliki morfologi yang berbeda, tetapi sebenernya mereka masih satu kerabat.

Keanekaragaman Ekosistem

Seluruh makhluk hidup tentu berinteraksi dengan lingkungannya. Terdapat dua faktor yang menjadi bagian dari ekosistem. Yang pertama adalah faktor biotik, yaitu makhluk hidup contohnya hewan. Kemudian faktor abiotik yang menjadi bagian ekosistem yang tak hidup, seperti iklim, cahaya, tanah, kandungan mineral, dan lain – lain. Contoh keanekaragaman ekosistem laut, yaitu cumi – cumi, udang, bintang laut, dan lan – lain.

Baca Juga :   Tips Penting Perawatan Burung Murai Batu Untuk Pemula Lengkap

Manfaat

Keanekaragaman hayati mempunyai manfaat untuk makhluk hidup dan untuk lingkungan sekitarnya. Manfaatnya yaitu untuk kebutuhan manusia sehari-hari. Sumber sandang yang berasal dari ulat sutera, domba, dan kapas. Sumber pangan yakni umbi – umbian, buah, sayur, telur, dan lain – lain. Sumber papan seperti pohon jati, mahoni, dan sengon. Dan juga udara bersih yang didapatkan dari tanaman hijau.

Nilai keanekaragaman hayati untuk manusia, yaitu :

  • Nilai estetika (tanaman hias, keindahan bunga, dan lain – lain)
  • Nilai biologi (sandnag, pangan, papan, obat – obatan, dan bahan bangunan)
  • Nilai religius (Mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan)
  • Nilai ekologi (proses ekosistem, yang meliputi daur zat dan aliran energi)
  • Nilai pendidikan (para ilmuan mengembangkan penelitian untuk mengembangkan keanekaragaman hayati yang saat ini mengalami penyusutan)

Pelestarian

Usaha pelestarian dalam keanekaragaman hayati dapat ditempuh dengan metode konservasi. Konservasi yaitu usaha dilakukan manusia dalam melestarikan alam supaya tak menjadi punah/rusak. Metode konservasi sumber daya yang tepat dan strategi pembangunan berkelanjutan menjadi pendekatan integral dalam melestarikan keragaman sumber daya hayati. Maka kita lestarikan alam indah Indonesia ini.

Sekian ulasan mengenai Materi Keanekaragaman Hayati yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :