Komponen Input : Komputer Dan Komponennya Lengkap

Posted on

Komponen Input : Komputer Dan Komponennya Lengkap

Komponen Input – Pengertian komputer itu sendiri adalah suatu alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Awalnya kata komputer ini digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan hitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu. Namun kata ini dipindahkan pada mesin tersebut.

Secara umum komponen yang ada pada komputer terdiri dari lima jenis, diantaranya ada komponen input (input device), komponen proses (processing device), komponen keluaran (output device) dan komponen tambahan, seperti penyimpanan (storage device).

Komponen Komputer

Perangkat Masukan (input Device)

Keyboard 

Adalah perangkat keras yang dipenuhi dengan tombol yang mewakili angka, huruf, karakter dan beberapa fungsi khusus. Fungsinya yaitu sebagai alat untuk menginputkan atau memasukan data yang berupa huruf, angka atau simbol, dan kemudian disampaikan ke CPU (Central Processing Unit) yang selanjutnya diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dipahami oleh Processor.

Secara umum keyboard QWERTY (yang sering digunakan sekarang) memiliki tombol atau papan ketik sebanyak 101 buah dengan susunan yang seperti berikut :

  • Alphanumeric Key. Adalah tombol ketik yang berisikan huruf, angka dan tanda baca, di mana susunan yang dipakai saat ini adalah standar QWERTY.
  • Numeric Keypad. Adalah bagian khusus dalam keyboard yang berisikan angka yang dipaki untuk melakukan operasi perhitungan.
  • Function Key. Adalah tombol ketik ini dipakai untuk menjalankan perintah khusus yang berkaitan dengan sistem operasi ataupun program dalam komputer.
  • Control Key. Adalah tombol yang menyediakan kontrol kepada kursor dan layar, seperti Home, End, Delete, Insert, Page up dan yang lainnya.
Mouse

Adalah perangkat keras yang digenggam untuk mengarahkan kursor yang biasanya berisi dua jenis tombol atau lebih, dan ada juga bola/laser/pemindai di bagian bawah. Fungsinya yaitu Untuk menggerakan kursos atau pointer, untuk melakukan scroll up or down, melakukan klik kiri dan klik kanan (membuka atau menutup aplikasi/program).

Baca Juga :   Wifi : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap
Webcam

Adalah perangkat keras dengn wujud kamera kecil yang biasanya ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsinya yaitu untuk melakukan video call, berfoto atau selfie.

Barcode Scanner

Adalah perangkat keras yang berupa gagang dan berisi laser di bagian ujung yang lebar dengan warna merah untuk memindai barcode tersebut. fungsinya yaitu untuk memindai barcode dalam memudahkan kasir saat menghitung total belanja dan memudahkan karyawan dalam mengecek barang di gudang.

Joystick

Adalah perangkat keras yang wujudnya mirip dengan tuas gigi pada mobil atau seperti stick konsol. Fungsinya yaitu untuk bermain game di komputer.

Scanner

Adalah alat yang digunakan sebagai alat pemindai atau untuk menduplikasi dokumen/objek dengan cara digital lalu disimpan ke komputer. Fungsinya untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data yang berwujud digital.

Pada umumnya scanner ini terdiri dari beberapa bentuk, seperti :

Scanner Drum

Scanner ini mampu menghasilkan resolusi gambar hingga 24000 ppi (pixel per inch). Keunggulannya yaitu dapat melakukan proses scan dokumen atau data kuno, jumlah getaran yang dihasilkan sangat minim, bisa melakukan scanning pada dokumen yang berbentuk kertas yang besar.

Scanner Flatbed

Bentuknya datar seperti tempat tidur yang ukurannya kecil dan kompatibel untuk berbagai ukuran kertas seperti legal, letter hingga A3. Scanner ini biasa kita jumpai dalam dunia scanning, dan dalam pemindaiannya menggunakan teknologi CCD (Charge Coupled Double).

Film Scanner

Fungsinya yaitu untuk menyimpan foto dan juga video dengan memakai teknologi negatif. scanner ini dapat melakukan konversi serta mengubah objek yang disimpan di dalam negatif film menjadi bentuk digital.

Roller Scanner

Fungsinya yaitu untuk memindai dokumen/gambar secara fisik dengan bentuk lembaran dengan memakai dokumen yang digerakkan.

Mikrofon

Adalah perangkat keras untuk mengubah suara analog menjadi digital. Fungsinya yaitu untuk merekam suara.

Pemindai Sidik Jari

Adalah perangkat keras untuk memindai sidik jari serta menampilkannya di komputer. Fungsinya yaitu sebagai pengaman di dalam komputer atau bisa menjadi mesin absensi.

Kinect

Adalah perangkat keras yang berupa sensor gerak yang fungsinya untuk bermain game.

Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External

Adalah perangkat penyimpanan. Fungsinya yaitu sebagai perangkat masukan dalam memasukkan data ke dalam komputer dan datanya tak bisa langsung dipakai tanpa memakai software tertentu.

Perangkat Keluaran (output device)

Monitor

Adalah perangkat keras yang fungsinya untuk menampilkan grafik/gambar yang menjadi informasi yang bisa diterima oleh manusia. monitor terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar, dan casing untuk menampung semua komponen tersebut.

Printer

Adalah perangkat keras untuk menampilkan data yang berbentuk cetakan, baik yang berbentuk kertas, gambar/grafik. Fungsinya yaitu untuk menampilkan cetakan dokumen, menggandakan dokumen, memindai dokumen dan juga berfungsi untuk mengirim data (fax). Ada beberapa macam printer yaitu printer inkjet, printer laserjet, printer dotmatrik, printer daisy wheel, priter chain, printer drum.

Proyektor

Adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan juga display. Yang fungsinya yaitu untuk menampilkan gambar diam (slide) ataupun gambar bergerak (video) pada layar besar bewarna putih atau dinding.

Baca Juga :   Perangkat Lunak : Pengertian, Fungsi, Macam Dan Contohnya Lengkap
Headphone

Adalah perangkat yang mampu menghasilkan suara. Fungsinya adalah untuk menghasilkan suara untuk didengar dan dihubungkan pada speaker. berbeda dengan earphone, headphone memiliki bentuk yang lebih besar dan menutup seluruh telinga, sementara earphone hanya menutupi lubang telinga saja.

Headset

Adalah perangkat yang terhubung dalam komputer/telepon genggam. Fungsinya yaitu untuk mendengar suara sekaligus berbicara dengan lawan bicara tanpa harus memengang perangkat penghubung yang dipakai.

Plotter

Adalah komponen yang keluarannya mirip dengan printer. Fungsinya yaitu untuk mencetak grafik vektor, mencetak gambar yang berukuran cukup besar (mbar mesin dan kontruksi bangunan).

Flat Panel Display atau FDP

Adalah perangkat output berwujud layar tipis dan juga ringan yang memanfaatkan teknologi liquid-crystal display atau LCD. Yang fungsinya untuk menampilkan beragam informasi yang berupa gambar/video. FPD yang terdapat dalam seagal jenis laptop menjadi standar baru untuk komputer desktop.

Speaker

Adalah perangkat yang terhubung ke dalam komputer yang memiliki fungsi sebagai penghasil suara. Bagian-bagian yang ada pada speaker yaitu :

Sekat rongga (conus)

Fungsinya yaitu untuk menghasilkan gelombang tekanan yang dihasilkan gerakan udara serta diolah menjadi suara.

Membran

Fungsinya yaitu untuk menerima proses induksi yang berasal dari magnet untuk menghasilkan bunyi yang berasal dari getaran.

Magnet

Fungsinya yaitu untuk menghasilkan medan magnet dalam melakukan proses induksi yang berasal dari membran.

Kumparan

Fungsinya yaitu untuk menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh perubahan yang terjadi dalam medan magnet menuju conus.

Casing

Fungsinya yaitu untuk melindungi semua komponen vital yang ada di dalam speaker.

Sound Card atau Kartu Suara

Adalah perangkat keras yang berkaitan dengan kebutuhan audio serta suara di dalam komputer. Fungsinya yaitu untuk menghasilkan suara dari dalam komputer, hingga dapat didengar lewat speaker/headphone.

Berikut ini jenis-jenis sound card berdasarkan cara memasangnya :

Sound Card Onboard

Bisa terpasang langsung dan menempel di dalam motherboard yang berupa chipset dengan keinerja yang dipengaruhi oleh processor.

Sound Card Offboard

Terpasang pada slot ISA atau PCI. Keunggulannya yaitu suaranya lebih bagus dari Sound Card Onboard.

Sound Card External

Biasanya sound card ini sudah terpasang pada port USB. lebih cocok digunakan untuk melakukan perekaman suara.

VGA Card (Virtual Graphic Array) (GPU)

Adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengolah sekaligus menerjemahkan output ke dalam monitor. komputer yang tidak mempunyai VGA, biasanya tampilan layar akan menjadi kurang bagus atau tidak menarik. Penggunaan VGA lebih mengarah kepada hal yang berkaitan dengan grafis, seperti desain 3D maupun gaming. Beberapa perusahaan yang mengasilkan VGA: NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Cirrus Logic, Tseng, Trident dan yang lainnya.

Komponen Proses (processing device)

Processor, Central Processing Unit (CPU)

Adalah salah satu jenis perangkat keras komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan, serta sering disebut dengan otak komputer. Fungsinya yaitu untuk menerima instruksi yang diberikan, kemudian mengeksekusi instruksi tersebut.

Baca Juga :   Sejarah Dan Perkembangan Internet Lengkap
Motherboard atau Mainboard atau Baseboard

Adalah apan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB) yang menampung semua komponen yang mempunyai peran penting dalam sistem, contohnya CPU, slot RAM, VGA Port, USB Port dan yang lain. Fungsinya yaitu untuk menyediakan akses pada setiap komponen dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya, meningkatkan fleksibilitas dari komputer, menghubungkan beberapa perangkat tambahan.

Power Supply

Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mensuplai daya/tegangan ke dalam komponen komputer. Fungsinya yaitu untuk merubah tegangan arus AC menjadi DC.

Power supply AT

Kabel power akan dihubungkan ke motherboard yang terpisah menjadi dua konektor, yakni konektor P8 serta konektor P9. Sehingga ketika pemasangannya, diperlukan ketelitian agar tak terjadi kesalahan ketika memasang.

Power Supply ATX

Jenis ini memiliki kabel yang berjumlah 20 poin yang sudah disusun menjadi satu kesatuan lalu dihubungkan ke motherboard.

Memori Random Access Memory (RAM)

Adalah jenis perangkat keras komputer yang bentuknya chip yang dipakai sebagai media penyimpanan. Sesuai dengan namanya, RAM ini melakukan penyimpanan secara acak, atau hanya bisa diakses ketika komputer dinyalakan dan juga diacak.

Fungsinya yaitu menyimpan data dari instruksi oleh processor dengan catatan komputer masih menyala, artinya konstruksi itu akan hilang saat komputernya mati.

Harddisk (HDD)

Adalah perangkat keras komputer yang bentuknya piringan yang dipakai sebagai media penyimpanan. Fungsinya yaitu untuk menyimpan data permanen, artinya data akan ada walaupun komputer mati kecuali data dihapus atau terkena virus.

Komponen Penyimpanan (storage device)

Optical Drive
  • CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory): sebuah alat yang bisa digunakan hanya sebatas membaca CD.
  • CD-RW (Compact Disk – Rewritable): suatu alat yang bisa melakukan dua fungsi, yakni membaca CD serta menulis CD.
  • DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory): suatu alat yang bisa membaca CD dan DVD.
  • DVD Combo: suatu alat yang selain bisa membaca CD dan DVD namun juga dapat menulis CD, terapi tidak bisa menulis DVD.
  • DVD RW: alat yang mempunyai fungsi yang lengkap, yakni selain bisa membaca keping CD dan DVD juga mampu dalam menyimpan atau menulis keping CD dan DVD.
Flashdisk

Adalah perangkat penyimpanan yang fungsinya untuk memasukkan data ke komputer dan datanya tak bisa langsung dipakai tanpa menggunakan software tertentu.

Solid State Drive atau Solid State Disk (SSD)

Adalah perangkat yang dipakai untuk menyimpan data dengan memakai serangkaian IC, yang perannya yaitu sebagai memori untuk menyimpan data secara persisten.

Komponen Tambahan

LAN Card

Biasanya, LAN Card dipasang pada slot PCI yang ada di motherboard dan sering disebut sebagai NIC (Network Interface Card), Ethernet Card atau kartu jaringan. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan beberapa komputer, dengan menggunakan jaringan khusus di area LAN. Contohnya jaringan komputer di dalam gedung, satu rumah , satu kantor dan lainnya.

WLAN Card

Adalah perangkat komputer yang berkaitan dengan adanya jaringan. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan komputer dengan akses jaringan tanpa menggunakan kabel.

Komponen yang ada di dalam WLAN Card yaitu :

  • Mobile atau Desktop PC, di mana untuk mobile PC bisa terpasang melalui port PCMCIA, sementara untuk desktop PC pada PCI Card ataupun USB.
  • Access Point, perangkat yang bisa mengkonversi sinyal frekuensi radio (RF) mengubahnya menjadi sinyal digital lewat media kabel.
  • WLAN Interface, peralatan yang dipasang pada Mobile atau desktop PC dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), PCI Card ataupun lewat port USB
  • Antena, digunakan untuk memperkuat daya pancar.
Firewire Card

Adalah port data yang dirancang untuk transfer data dengan kecepatan yang tinggi.

Bluetooth

Adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi tanpa kabel yang biasanya mempunyai jangkauan jarak 10 meter. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan dan bisa digunakan untuk tukar menukar informasi di antara beberapa peralatan tanpa memakai kabel melainkan untuk menggunakan hubungan radio jarak dekat atau short-range radio link.

Sekian pembahasan lengkap tentang Komponen Input yang disertai dengan penjelasan masing-masing komponennya. Semoga mudah dipahami dan bisa bermanfaat bagi anda.

Baca Juga :