Masyarakat Multikultural Menurut Ahli Lengkap

Posted on

Masyarakat Multikultural Menurut Ahli Lengkap

Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Ahli – Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai jenis budaya dan bangsa. Definisi lainnya yaitu kelompok manusia yang mempunyai tempat tinggal dengan berbagai jenis karakteristik/ciri tersendiri yang membedakan antara masyarakat satu dengan yang lainnya.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang tingkat/level keanekaragamannya sangat kaya dan kompleks. Sehingga masyarakat Indonesia disebut dengan masyarakat multikultural.

Pengertian Masyarakat Multikultural

Multikultural adalah kata/istilah yang dipakai dan menggambarkan pandangan/anggapan seseorang tentang beragam kehidupan di bumi, atau kebijakan yang menekankan penerimaan keragaman budaya, serta beragam budaya, bergam nilai (multikultural) masyarakat, sistem, budaya, adat istiadat, dan juga politik yang mereka anut.

Multikultural yang berkaitan dengan budaya mempunyai kemungkinan untuk dibatasi dengan konsep nilai sarat atau memiliki suatu kepentingan. Pengertian masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari beragam jenis suku bangsa dan budaya.

Definisi lainnya adalah segolongan manusia dengan tempat tinggal yang lengkap dengan berbagai jenis kebudayaan, serta karakteristik/ciri tersendiri dalam membedakan masyarakat satu dengan yang lainnya.

Menurut Para Ahli

Nasikun

Adalah masyarakat yang terdiri dari dua/lebih tatananan sosial, masyarakat, ataupun kelompok yang secara kultural, ekonomi, dan juga politik dipisahkan atau diisolasi. Dan memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Parekh, 1997 yang dikutip dari Azra,( 2007)

Adalah masyarakat yang terdiri dari beberapa jenis komunitas budaya dengan seluruh kelebihan yang ada, dengan sedikit adanya perbedaan konsepsi tentang dunia, sebuah sistem arti, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat serta kebiasaan.

Azyumardi Azra, (2007)

Adalah anggapan/pandangan dunia yang bisa diartikan dalam beragam kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan, pada kenyataan keagamaan, pluralitas, serta multikultural yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Pengertian lainnya yaitu pandangan/anggapan dunia yang kemudian direalisasikan dalam bentuk kesadaran politik.

Baca Juga :   Contoh Konflik Sosial Lengkap

S Furnival

Adalah masyarakat yang terdiri dari dua/lebih kelompok/komunitas yang dengan kultural sekaligus ekonomi yang terfragmentasi dan juga memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain.

Lawrence Blum, dikutip Lubis (2006: 174)

Adalah sesuatu yang di dalamnya terdapat apresiasi, pemahaman, serta penilaian terhadap budaya seseorang, dan penghormatan serta rasa keingintahuan mengenai budaya etnis dari orang lain.

(Suparlan 2002, merangkum Fay 2006, Jari dan Jary 1991, Watson 2000)

Adalah paham ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan pada kesederajatan baik secara individual atau kebudayaan.

Wikipedia

Adalah istilah yang digunakan untuk menerangkan pandangan/anggapan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, atau kebijakan kebudayaan yang menekankan mengenai penerimaan kepada adanya keragaman, serta beragam macam budaya atau multikultural yang terdapat di dalam kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, serta politik yang digunakan oleh mereka.

(A. Rifai Harahap 2007, mengutip M. Atho ‘Muzhar)

Adalah sesuatu yang mencakup cara pandang, gagasan,  penyikapan dan tindakan, kebijakan, yang majemuk dari segi etnis, oleh masyarakat suatu negara, budaya, agama dan yang lain sebagainya, tetapi mempunyai cita-cita dalam mengembangkan semangat kebangsaan yang sama serta memiliki kebanggan guna mempertahankan kemajemukan tersebut.

Clifford Geertz

Adalah masyarakat yang dibagi menjadi beragam subsistem embrio dan terikat dalam ikatan primodial.

KBBI

Multikulturalisme/mul·ti·kul·tu·ral·is·me/ n gejala terhadap seseorang ataupun suatu masyarakat yang ditandai dengan kebiasaan yang mengenakan lebih dari satu kebudayaan.

Pierre L Van den Berghe

Masyarakat plural yang ditandai dengan beberapa hal seperti :

  1. Melewati masa segmentasi ke dalam kelompok subkultur yang berbeda antara satu dengan lainnya.
  2. Mempunyai kerangka struktur sosial yang terbagi menjadi lembaga nonkomplementer.
  3. Kurang menekankan konsensus diantara anggotanya mengenai berbagai nilai dasar.
  4. Relatif sering mengalami perseelisihan atau pertentangan antara satu kelompok dengan kelompok yang lain.
  5. Secara relatif, pertumbuhan integrasi sosial secara paksaan (pemaksaan) serta yang berkaitan akan saling bergantung dalam bidang ekonomi.
  6. Terdapat mayoritas politik oleh satu kelompok atas yang kelompok yang lain.
Baca Juga :   13 Ciri Psikopat Yang Perlu Anda Ketahui Lengkap

Demikianlah Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

 Baca Juga :