Memilih Obgyn, Ini yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Memilih Obgyn, Ini yang Harus Anda Ketahui

Obgyn Adalah – Dokter obgyn merupakan tenaga medis yang berhubungan dengan ibu hamil. Tahukah anda bahwa bidang kedokteran yang satu ini, tak hanya menangani soal kehamilan saja tapi juga kesehatan reproduksi secara umum. Obgyn adalah akronim dari obstetri dan ginekologi. Predikat SpoG pada seorang dokter adalah spesialis obstetri dan ginekologi.

Dokter obgyn secara keseluruhan adalah tenaga medis yang profesional yang menangani kesehatan reproduksi wanita, kehamilan serta kelahiran. Beberapa dokter obgyn juga bisa bertindak seperti dokter secara umum, tapi ada juga yang mengambil spesialis lagi lebih dalam pada bidang reproduksi wanita.

Apa Itu Obstetri?

Dalam obgyn, obstetri ini adalah dokter dengan kualifikasi khusus yang menangani kehamilan wanita. Ia juga bisa membantu wanita yang akan melakukan program kehamilan, sampai menjalani kehamilan sesudah proses persalinan. Seorang dokter obstetri juga mempunyai kompetensi dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan kehamilan. Ia juga mempunyai kemampuan untuk mendeteksi kehamilan yang berisiko tinggi, dan membantu menjalani persalinan dengan caesar.

Hal-hal yang bisa dilakukan oleh dokter obstetri selama masa kehamilan adalah :

  • Memantau perkembangan Anda dan janin lewat pemeriksaan ultrasonografi (USG) maupun berbagai tes kehamilan.
  • Memantau kondisi kesehatan Anda selama masa kehamilan yang mungkin memengaruhi perkembangan janin, misalnya tekanan darah, gula darah, infeksi, maupun kelainan genetik tertentu.
  • Memberi saran mengenai diet, olahraga, dan obat yang aman dikonsumsi selama masa kehamilan.
  • Membantu meringankan gejala kehamilan yang kurang mengenakkan, seperti morning sickness, kaki bengkak, heartburn, dan lain-lain.
  • Menjawab segala pertanyaan Anda seputar masalah kehamilan dan perkembangan janin.
  • Menjelaskan kepada Anda mengenai proses persalinan dan segala opsi yang menyertainya.
Baca Juga :   Metamorfosis Kecoa : Urutan Proses, Tahapan, Gambar Dan Penjelasannya Lengkap

Intinya, obgyn ini merupakan tempat mencurahkan unek-unek selama masa kehamilan sampai persalinan. Dokter kandungan dapat membantu anda melalui proses persalinan yang aman yang sesuai dengan kondisi anda.

Apa Itu Ginekologi?

Ginekologi merupakan keahlian seorang dokter dalam menangani kesehatan wanita secara keseluruhan, khususnya pada kesehatan reproduksi wanita. Spesialis ginekologi adalah tenaga profesional yang bisa dikunjungi untuk beberapa masalah seperti berikut :

  • Masalah terkait kehamilan, kesuburan, menstruasi, dan menopause.
  • Perencanaan keluarga, seperti memilih alat kontrasepsi dan melakukan sterilisasi.
  • Memiliki masalah pada organ intim kewanitaan, misalnya adanya penyakit menular seksual atau keluhan lainnya.
  • Mendeteksi dan mengobati sindrom polikistik ovarium.
  • Memeriksa ada atau tidaknya infeksi saluran kemih.
  • Mendeteksi masalah yang memengaruhi fungsi sistem reproduksi wanita, seperti ada atau tidaknya kista ovarium, fibroid rahim, endometriosis, penyakit radang panggul, luka pada vulva atau vagina, abnormalitas kongengital, dan masalah lain yang sifatnya nonkanker.
  • Mendiagnosis kondisi prakanker, seperti hiperplasia endometrial dan displasia serviks.
  • Mendeteksi kanker pada organ reproduksi wanita, termasuk pada payudara dan tumor saat hamil.
  • Mendiskusikan kesehatan wanita secara keseluruhan, termasuk hubungan sesama jenis dan kecenderungan sifat biseksual pada wanita.
  • Mencari solusi untuk disfungsi seksual pada wanita.
  • Melakukan tindakan operasi untuk pengangkatan rahim atau tumor yang berada di sekitar organ reproduksi.

Obgyn dengan Keahlian Khusus

Sebagian besar obgyn merupakan dokter kandungan generalis, mereka juga bisa mengerjakan tugas obgyn lainnya. Dan hanya sebagian kecil saja yang mempunyai keahlian lebih dalam di suatu hal yang disebut dengan subspesialis.

Subspesialis pengobatan fetal-maternal

Dokter obgyn yang satu ini bisa merawat pasien dengan kehamilan yang beresiko tinggi. Anda juga bisa mengunjungi obgyn subspesialis fetal-maternal bila memiliki kondisi sebagai berikut :

  • Memiliki risiko mengalami tekanan darah tinggi selama hamil.
  • Menderita diabetes gestasional (diabetes yang hanya terjadi selama hamil).
  • Memiliki kelainan pembekuan darah.
  • Berisiko melahirkan bayi prematur.
Baca Juga :   Fungsi Korteks Serebral : Pengertian dan Bagian Keriput Otak Yang Memiliki Peran Penting

Subspesialis reproduksi endokrin dan infertilitas

Keahlian khusus ini terkait isu infertilitas dan hormon yang memengaruhinya. Anda juga bisa mengunjungi obgyn dengan subspesialis bila ingin menjalani program hamil. Atau anda bisa menjalani program bayi tabung melalui pembuahan in vitro (bayi tabung), transfer embrio, dan lain-lain.

Subspesialis onkologi

Dokter obgyn onkologi mempunyai keahlian khusus dalam mendiagnosis serta melakukan pengobatan pada kanker yang berkaitan dengan sistem reproduksi wanita. Jenis kanker tersebut, misalnya kanker serviks, uterus, ovarium, dan vulva.

Subspesialis bedah reproduksi dan pengobatan area panggul

obgyn dengan subspesialis ini memiliki fokus untuk melakukan operasi pada sistem reproduksi wanita, serta mengobati keluhan seputar area panggul. Wanita yang disarankan mengunjungi obgyn adalah mereka yang memiliki keluhan ketidaknyamanan saat buang air, mengalami infeksi saluran kemih, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan tentang Obgyn secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda. Khususnya wanita yang memiliki keluhan seperti tersebut di atas.

Baca Juga :